10 Cara Membuat Rambut Cepat Panjang Secara Alami dan Mudah

5 Cara Membuat Rambut Cepat Panjang

Memiliki rambut panjang, sehat, dan berkilau tentu menjadi idaman setiap wanita. Rambut adalah mahkota yang akan menyempurnakan penampilan. Tak heran bila banyak wanita yang rela melakukan perawatan apa saja untuk membuat rambut tetap sehat. Di samping melakukan cara untuk membuat rambut tetap sehat, wanita juga melakukan cara membuat rambut cepat panjang. Pasalnya, rambut panjang ini akan mempercantik penampilan wanita.

Berapa Lama Rambut Bisa Panjang?

Pada umumnya, rambut akan tumbuh di kepala antara 0,3 – 0,4 mm perhari atau sekitar 15 cm per tahun. Akan tetapi, ada yang memiliki pertumbuhan rambut lebih lambat dari yang lainnya. Oleh sebab itu, jika Anda saat ini sedang mencari cara memanjangkan rambut cepat panjang dengan cepat, berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba.

Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat Secara Alami

Tips memanjangkan rambut dengan cepat ini alami dan aman untuk dipraktikkan.

1. Menggunakan Putih Telur sebagai Masker Rambut

Cara membuat rambut cepat panjang secara alami adalah dengan menggunakan masker putih telur yang dioleskan pada helai rambut dan kulit kepala. Caranya, Anda bisa mengambil satu butir telur dan memisahkan antara putih dan kuningnya. Pada putih telur, tambahkan beberapa tetes minyak zaitun murni, lalu aduk hingga tercampur rata.

Saat putih telur dan minyak zaitun sudah tercampur rata, Anda bisa mengambil kuas masker dan mengambil sedikit demi sedikit masker putih telur ini. Oleskan masker ini ke setiap helai rambut Anda, termasuk bagian kulit kepala. Kemudian, pijat lembut kulit kepala Anda agar nutrisi dalam putih telur masuk ke dalam. Tunggu beberapa menit dan bilas dengan bersih.

Baca Juga: Cara Mengatasi Rambut Kering yang Susah Diatur

2. Menggunting Ujung Rambut agar Cepat Panjang

Ujung rambut Anda adalah bagian yang sudah lama dan tua. Ujung rambut ini biasanya sering kering dan bercabang. Supaya tidak merusak helai rambut yang lainnya, Anda bisa memotong bagian ujung rambut yang rusak ini.

Selain untuk menyempurnakan penampilan, memotong ujung rambut ini juga dipercaya dapat merangsang pertumbuhan rambut yang lebih cepat. Jadi, kalau Anda mau rambut cepat panjang, potong sedikit bagian ujungnya supaya pangkal rambut yang baru segera tumbuh.

Baca Juga: Cara Mencegah Rambut Rontok dengan Perawatan Alami

3. Rajin Mengoleskan Minyak Kemiri dan Minyak Zaitun

Khasiat minyak kemiri dan minyak zaitun untuk perawatan rambut dan kulit kepala sudah banyak diketahui. Dua minyak ini bermanfaat untuk memanjangkan rambut, sekaligus juga melebatkan dan melembapkan.

Minyak zaitun memiliki kandungan asam lemak dan antioksidan yang bisa memperkuat folikel dan akar rambut. Sari minyak alami ini dimanfaatkan untuk mengolah minyak zaitun atau olive oil yang berguna untuk kesehatan rambut. Minyak zaitun juga bisa membantu pertumbuhan rambut dan memanjangkannya. Sedangkan minyak kemiri memiliki kandungan seperti asam lemak, beberapa mineral, vitamin dan antioksidan alami yang sangat baik untuk kesehatan rambut.

Caranya, Anda bisa menggunakan minyak kemiri atau minyak zaitun sebagai masker rambut di malam hari.

Ambil beberapa tetes minyak kemiri atau minyak zaitun, dan oleskan ke kulit kepala. Pijat perlahan dan biarkan meresap semalaman. Saat bangun di pagi hari, Anda bisa mengguyur rambut dengan air untuk membersihkan. Dengan perawatan alami minyak zaitun dan kemiri, rambut akan cepat panjang, sehat, dan berkilau.

Baca Juga: Begini Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang

4. Menggunakan Green Tea (Teh Hijau)

Teh hijau dapat menjadi salah satu cara memanjangkan rambut dengan cepat. Teh Hijau dikenal kaya akan antioksidan. Sebagian besar antioksidan dalam teh hijau berasal dari senyawa yang dikenal sebagai flavonol, terutama jenis katekin.

Katekin yang paling melimpah di dalam teh hijau adalah epigallocatechin gallate (EGCG) dan telah hubungkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan jenis kanker tertentu

Menariknya, karena kandungan antioksidannya yang kaya, teh hijau dan ekstraknya dapat digunakan untuk manfaat lain, seperti mencegah kerontokan, meningkatkan distribusi nutrisi untuk kesehatan rambut.

Caranya sangat mudah, Anda tinggal menyeduh teh hijau seperti biasa, kemudian siramkan ke seluruh bagian rambut, kombinasikan dengan pemijatan kulit rambut secara perlahan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Rambut Bercabang dengan Mudah

5. Hindari Mewarnai Rambut

Apabila Anda ingin cepat memanjangkan rambut sebaiknya hindarilah aktivitas ini. Kenapa begitu?

Pasalnya, saat Anda mewarnai rambut (bleaching dan coloring) dan mengubah teksturnya dengan bahan kimia, proses ini bisa membuat rambut stres dan membuatnya patah dan pada akhirnya menghambat pertumbuhan rambut Anda.

Baca juga: Mengatasi Rambut Rontok Akibat Pewarnaan

6. Memijat Kulit Kepala dengan Rutin

Cara membuat rambut tetap panjang yang terakhir adalah dengan rutin memijat kulit kepala. Pemijatan ini bisa dilakukan saat sedang keramas, selama 3-5 menit. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pemijatan saat sedang memakai masker rambut.

Caranya, pijat lembut kulit kepala Anda dengan tangan. Pemijatan dilakukan untuk merangsang pertumbuhan sehingga rambut tumbuh lebih cepat dan panjang.

Baca juga: Ketahui 4 Manfaat Argan Oil untuk Rambut Lebih Sehat

7. Jangan Menyisir Rambut Saat Masih Basah

Jika ingin memanjangkan rambut dengan cepat sebaiknya jangan pernah menyisir rambut yang masih basah. Hal ini dapat membuat rambut Anda rontok.

Nah, untuk mencegah kerontokan, jangan menata rambut saat masih basah, minyisir dan mengikatnya terlalu kencang.

Anda dapat membiarkan rambut Anda mengering secara alami atau dengan mengangin-anginkan kemudian menyisirnya.

8. Jangan Membungkus Rambut Basah dengan Handuk

Sama seperti poin cara sebelumnya, membungkus atau menggulung rambut saat masih basah dengan handuk sangat tidak dianjurkan karena akan berdampak pada pertumbuhan rambut.

Ini memang menjadi kebiasaan wanita pada umumnya. Namun, rambut yang dibungkus akan mendapatkan gesekan keras dan membuat lapisan terluar rambut terkikis. Hal inilah yang dapat membuat rambut basah mudah rontok, patah dan kusut dibandingkan rambut kering.

Baca juga: Cara Mengatasi Rambut Rontok Hampir Botak dengan Cara Alami & Cepat

9. Gunakan Kondisioner

Jika Anda menggunakan kondisioner setelah keramas maka dapat menjadi cara untuk memanjangkan rambut dengan cepat.

Kondisioner bukan hanya bisa membuat rambut Anda tumbuh dengan cepat, namun juga bisa digunakan untuk menjaga kelembaban dan merawat rambut Anda. Kondisioner dapat menjaga rambut Anda agar tidak kering, kusam, dan juga rapuh. Anda bisa menggunakan kondisioner sesuai dengan jenis rambut Anda agar bisa memberikan nutrisi untuk pertumbuhan rambut Anda.

10. Menambah Asupan Protein

Di samping perawatan yang dilakukan dari luar, Anda juga bisa melakukan perawatan dari dalam untuk memanjangkan rambut dengan cepat.

Caranya adalah dengan memperbanyak konsumsi protein. Protein adalah nutrsi yang membantu memanjangkan rambut. Oleh sebab itu, Anda harus perbanyak konsumsi makanan kaya protein untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Sebagai rekomendasi, Anda bisa makan makanan seperti kacang-kacangan, susu, dan daging. Bahan-bahan makanan ini akan membantumu merawat kesehatan rambut dari dalam. Sesuaikan bahan makanan ini dengan menu yang dikonsumsi. Supaya tidak bosan, kombinasikan makanan kaya protein ini dengan bahan makanan lainnya.

Cara membuat rambut cepat panjang secara alami ini semuanya mudah, aman dan bisa dilakukan di rumah. Tapi, kalau Anda mau sekaligus perawatan tubuh, bisa ke Jakarta Aesthetic Clinic. Di sini Anda bisa mendapatkan perawatan untuk rambut, tubuh, hingga wajah. Dapatkan pengalaman perawatan yang menenangkan, hanya di Jakarta Aesthetic Clinic.

Sumber:

  • Ninda Fitria. 3 Oktober 2019. 5 Cara Alami agar Rambut Tetap Sehat dan Cepat Panjang. https://tirto.id/5-cara-alami-agar-rambut-tetap-sehat-dan-cepat-panjang-ei6e
  • Alexis, Jennifer. 27 Oktober 2019. 5 Cara Memanjangkan Rambut secara Alami dengan Cepat. https://www.popbela.com/beauty/hair/jennifer-a-tanjung/bahan-alami-memanjangkan-rambut
  • Fimela Editor. 2 November 2019. Cara Agar Rambut Cepat Panjang dengan Bahan Alami dalam Waktu Singkat. https://www.fimela.com/beauty-health/read/4100525/cara-agar-rambut-cepat-panjang-dengan-bahan-alami-dalam-waktu-singkat
  • Healthline. 23 Maret 2022. 10 Best Ways to Boost Hair Growth. https://www.healthline.com/health/what-makes-hair-grow
  • Healthline. 23 Maret 2022. Green Tea for Hair: A Complete Guide. https://www.healthline.com/nutrition/green-tea-for-hair
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

Mei 31, 2022
Macam-Macam Bentuk Hidung di Dunia, termasuk Bentuk Hidung Orang Indonesia

Macam-Macam Bentuk Hidung di Dunia, termasuk Bentuk Hidung Orang Indonesia

Mei 31, 2022
Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

Mei 30, 2022

Comments are closed.