5 Cara Memutihkan Kulit dengan Jeruk Nipis Di Rumah

Mendapatkan cara memutihkan kulit dengan jeruk nipis secara mudah dan bisa dilakukan di rumah menjadi impian banyak orang. Anda bisa memanfaatkan bahan alami ini agar kulit wajah semakin bersinar dan cerah. Kulit juga lebih halus dan lembap sepanjang hari. Penasaran apa saja cara-caranya? Simak informasi selengkapnya bersama Jakarta Aesthetic Clinic di bawah ini.

Cara Memutihkan Kulit dengan Jeruk Nipis

Sifat alami kulit manusia akan terus membuat sel-sel kulit baru setiap 14-21 hari. Proses ini membuat sel-sel kulit mati menjadi menumpuk. Ketika sel-sel kulit mati tersebut tidak mengelupas dengan baik, maka kulit bisa terlihat kusam. Inilah yang akan mengganggu penampilan Anda sehari-hari. Kulit yang harusnya bisa putih bersinar, malah menjadi berkurang.

Untungnya dengan jeruk nipis, Anda bisa memutihkan kulit kembali. Bagian sel-sel kulit mati yang membuat wajah kusam hingga menciptakan flek hitam dapat dihilangkan dengan mudah. Inilah masing-masing caranya.

1. Menggunakan Air Perasan Jeruk Nipis

Pertama, Anda bisa memutihkan wajah dengan jeruk nipis dengan memanfaatkan air perasannya. Gunakan air jeruk nipis untuk menghilangkan flek hitam dengan cara mengoleskannya ke bagian tersebut. Jangan lupa untuk menggunakan kapas agar proses pengolesan berjalan optimal. Jika sudah dioleskan, diamkan terlebih dulu selama 30 menit. Kemudian, bilas dengan air hangat hingga bersih.

Dalam proses pendiaman, hindarkan diri berada di luar rumah dan memaparkan kulit Anda langsung ke sinar matahari karena malah dapat membuatnya sensitif. Jika memang Anda harus pergi ke luar, oleskan tabir surya agar air perasan jeruk nipis yang sedang berproses di kulit bisa tetap terjaga.

Bahkan tidak hanya bisa untuk kulit wajah saja. Air perasan jeruk nipis juga mampu membantu mencerahkan ketiak yang menggelap. Yuk, coba sekarang juga.

Baca juga: Aesthetic Skin Care Jakarta

2. Menggunakan Masker Jeruk Nipis

Tidak hanya air perasan saja yang bermanfaat, irisan buah jeruk nipis juga mampu memutihkan kulit. Alasan utamanya adalah vitamin C yang terkandung dalam buah jeruk nipis berfungsi sebagai antioksidan untuk kulit wajah Anda.

Cara penggunaan irisan jeruk nipis bisa dimulai dengan memotong 1-2 buah yang sudah dicuci bersih. Kemudian langsung oleskan ke wajah Anda yang sebelumnya sudah dibersihkan secara perlahan. Selanjutnya, biarkan mengering selama kurang lebih 30 menit.

Jika sudah 30 menit, bilas wajah dengan air hangat, lalu dilanjutkan dengan air dingin sebagai langkah untuk menutup pori-pori. Jangan lupa oleskan pelembap setelahnya agar mencegah kulit kering. Cara ini bisa Anda lakukan setiap seminggu sekali. Namun ada yang perlu diperhatikan, yakni jika terjadi masalah kulit iritasi, gatal, atau terbakar, hentikan cara ini.

3. Menggunakan Masker Jeruk Nipis dan Pepaya

Kombinasi jeruk nipis dan pepaya bisa membantu memutihkan kulit untuk bagian leher hingga kaki. Mengapa pepaya? Ada kandungan enzim papain dan antioksidan di dalam pepaya sehingga dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan flek hitam.

Bersihkan satu pepaya matang lalu haluskan beberapa potong dengan garpu. Tambahkan air perasan jeruk nipis sesuai dengan yang Anda inginkan. Aduk kedua bahan tersebut hingga tercampur sempurna. Berbentuk seperti masker, oleskan ke bagian tubuh Anda yang diinginkan, lalu biarkan selama 20 menit hingga kering. Jika sudah, bilas dengan air untuk menyelesaikan perawatan dengan jeruk nipis dan pepaya.

4. Menggunakan Masker Jeruk Nipis dan Putih Telur

Bahan alami selanjutnya yang bisa dicampurkan dengan jeruk nipis adalah putih telur. Mengapa? Hal ini dikarenakan putih telur memiliki kandungan protein dan albumin yang cukup tinggi. Bila digabungkan, jeruk nipis dan putih telur sangatlah ampuh dalam memutihkan kulit.

Agar semakin efektif, gunakanlah buah jeruk nipis segar dan telur ayam kampung untuk masker ini. Pertama, potong dan peras air jeruk nipis seperti biasa. Kemudian, pisahkan putih dan kuning telur. Tuangkan air perasan jeruk nipis ke putih telur. Lalu, kocok campuran jeruk nipis dan putih telur hingga berbusa dan tampak mengembang.

Aplikasikan masker yang berbusa tersebut ke seluruh bagian wajah dan tubuh yang hendak dicerahkan. Kemudian, diamkan selama 20 hingga 30 menit atau sampai putih telur mengering. Kemudian, bilas dengan air dingin hingga bersih. Tips ini bisa Anda lakukan 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

5. Menggunakan Lulur Jeruk Nipis dan Madu

Terakhir, Anda bisa memutihkan wajah dengan jeruk nipis dan madu. Selain enak untuk diminum, campuran ini juga mampu melembabkan kulit, meremajakan kulit, mendorong pertumbuhan sel kulit baru, dan tentunya, memutihkan kulit. Bila digabung dengan gula pasir, maka campuran ini juga mampu mengangkat sel kulit mati yang kusam.

Untuk hasil terbaik, gunakanlah jeruk nipis segar dan madu murni. Campurkan jeruk nipis dan madu murni, aduk hinga merata. Kemudian, campurkan juga sedikit gula pasir untuk membuat lulur. Ambil lulur dan gosokkan dengan lembut ke seluruh permukaan kulit selama 10 menit. Diamkan hingga meresap selama 10 menit lagi dan mandilah seperti biasa. Gunakan lulur ini seminggu sekali untuk hasil maksimal. Tetapi bila wajah mulai kemerahan, gatal, atau iritasi, segera hentikan penggunaan.

Selain untuk lulur, Anda juga bisa menggunakan resep ini sebagai masker. Caranya mudah, cukup campurkan madu dan jeruk nipis saja tanpa gula pasir. Aplikasikan ke seluruh wajah hingga merata dan tunggu selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air hangat. MAsker jeruk nipis dan madu ini dapat digunakan 2 -3 kali seminggu.

Seluruh cara memutihkan kulit dengan jeruk nipis yang telah diberikan di atas dapat Anda lakukan dengan mudah di rumah. Jika membutuhkan perawatan dari dokter kecantikan profesional, Peeling & Skincare dari Jakarta Aesthetic Clinic bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda.

Baca juga: Perawatan Wajah Alami di Rumah

Source:

https://www.thehealthsite.com/beauty/lime-juice-beauty-benefits-for-skin-and-hair-k114-115853/

http://liveolive.com/post/view/2333-21-secrets-to-get-fair-skin-naturally

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Agustus 28, 2021
5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

Agustus 28, 2021
10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

Agustus 28, 2021

Comments are closed.