3 Cara Memutihkan Kulit dengan Tepung Beras dan Kopi, Mitos atau Fakta?

3 Cara Memutihkan Kulit dengan Tepung Beras dan Kopi

 

Kulit kusam menjadi salah satu masalah kecantikan yang dialami oleh banyak wanita. Tidak hanya mengganggu penampilan, masalah kulit kusam juga bisa memengaruhi kepercayaan diri Anda. Terkait dengan concern ini, muncul mitos di kalangan wanita bahwa tepung beras dan kopi bisa menjadi cara memutihkan kulit. Namun, apakah benar ada cara memutihkan kulit dengan tepung beras dan kopi? Well, ternyata ini bukan mitos semata. Tepung beras, terutama, dikenal akan khasiatnya di dunia kecantikan.

Mengandung tirosinase, tepung beras bisa mencegah produksi melanin berlebih pada kulit. Tidak ketinggalan asam amino dan vitamin yang membuat tepung beras dapat mencerahkan kulit dengan meningkatkan elastisitas dan kolagen. Sedangkan, kopi bisa membantu membuat wajah Anda jadi lebih glowing. Daripada penasaran, begini cara memutihkan kulit dengan tepung beras dan kopi!

 

Campuran Tepung Beras dan Kopi

Masukkan 2-3 cangkir tepung beras ke mangkuk. Tuangkan kurang lebih 1,5 gelas air dan aduk sampai campuran tersebut sampai teksturnya kalis. Anda bisa menambahkan tepung beras atau air jika dirasa teksturnya belum tepat. Kalau sudah, masukkan 5-6 sendok kopi bubuk. Aduklah sampai rata dan teksturnya berubah menjadi scrub.

Sebelum campuran adonan ini mengering, Anda bisa membentuk adonan tersebut menjadi bulat. Kemudian, jemur di bawah sinar matahari langsung selama beberapa jam. Setelah itu, untuk menggunakannya, Anda bisa mencampurkan adonan bulat tepung beras dan kopi tersebut dengan sedikit air. Oleskan pada kulit badan atau wajah. Diamkan selama sepuluh menit atau sampai kering, baru kemudian bilaslah dengan air bersih.

 

Baca Juga: Cara Memutihkan Kulit Tubuh Secara Alami dengan Mudah dan Tanpa Efek Samping

 

Campuran Tepung Beras, Kopi, dan Madu

Selain campuran di atas, kita juga bisa menambahkan madu. Khasiatnya pun bakal bertambah mengingat madu mengandung antioksidan dan antibakteri alami, yang bisa membantu memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan serta mencegah jerawat. Cara membuatnya pun tidak sulit. Anda hanya perlu membuat adonan tepung beras dan air untuk digiling sampai teksturnya jadi agak kasar.

Setelah itu, campurkan dengan 2 sdm kopi bubuk dan 3 sdm madu. Kalau mau, Anda juga bisa menambahkan 1 sdm minyak kelapa, yang mengandung vitamin E untuk menjaga kulit Anda tetap halus. Kemudian, aduk semua bahan tersebut sampai rata. Lalu, oleskan dan gosokkan pada kulit tubuh sebelum Anda mandi. Jangan lupa membilasnya dengan air bersih, ya.

 

Baca Juga: Cara Memutihkan Kulit Tubuh Secara Alami dalam 1 Hari

 

Campuran Tepung Beras, Kopi, dan Gula

Cara memutihkan kulit dengan tepung beras dan kopi juga bisa dicampur dengan gula, lho. Campuran ini nantinya akan menghasilkan scrub yang bisa pakai untuk memutihkan kulit badan. Pertama-tama, campurkan 2 sdm tepung beras dan 1,5 sdm kopi bubuk sampai rata. Masukkan 1,5 sendok gula dan 1 sdm air mineral, Aduk seluruh bahan tersebut sampai rata.

Kalau sudah, Anda bisa langsung mengoleskan campuran tersebut pada tubuh. Diamkan selama beberapa menit sampai setengah kering. Kemudian, gosok tubuh Anda sampai campuran tepung beras, kopi, dan gula tersebut rontok. Setelahnya, Anda bisa langsung mandi untuk sekalian membilas tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, terapkan cara ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

 

Dengan kulit yang lebih cerah dan glowing, tentunya Anda akan merasa lebih percaya diri. Campuran tepung beras dengan kopi khasiatnya sangat baik untuk kecantikan kulit dan bahan-bahan yang Anda perlukan pun bisa didapatkan dengan mudah.

Kalau mau mendapatkan hasil kulit glowing yang lebih cepat, Anda juga bisa lho melakukan perawatan di Jakarta Aesthetic Clinic. Dengan prosedur kecantikan yang aman dan dilakukan oleh ahli profesional, Anda bisa mendapatkan kulit yang lebih kencang dan glowing dalam waktu relatif singkat!

 

 

Sumber:

  • Zainudin Zidane. 4 Januari 2019. 6 Manfaat Luar Biasa Masker Tepung Beras untuk Wajah. https://lamosea.com/masker-tepung-beras/
  • Herlinael. 1 Desember 2018. Anti Kusam, Begini Cara Memutihkan Badan yang Ampuh Hanya dengan Kopi. https://beautynesia.id/33619/article/skincare/anti-kusam-begini-cara-memutihkan-badan-yang-ampuh-hanya-dengan-kopi
  • Tantri Setyorini. 4 Maret 2017. 8 Masker dari Tepung Beras untuk Kulit Cerah Tanpa Cela. https://www.merdeka.com/gaya/8-masker-dari-tepung-beras-untuk-kulit-cerah-tanpa-cela.html
Dr. Olivia Ong

Dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

4 Jenis Perawatan Wajah Berjerawat

4 Jenis Perawatan Wajah Berjerawat

Juli 3, 2020
Mengenal Jenis Treatment Wajah di Klinik Kecantikan

Mengenal Jenis Treatment Wajah di Klinik Kecantikan

Juli 3, 2020
7 Jenis Treatment di Klinik Perawatan Kulit

7 Jenis Treatment di Klinik Perawatan Kulit

Juli 3, 2020

Comments are closed.