Cara Memutihkan Kulit Tubuh Secara Alami dalam 1 Hari

Cara Memutihkan Kulit Tubuh Secara Alami dalam 1 Hari

 

Memiliki kulit putih, bersih, serta berkilau adalah idaman bagi banyak wanita. Sudah menjadi budaya yang melekat erat bahwa wanita yang memiliki kulit putih dianggap istimewa dan cantik di Indonesia. Membuat kulit senantiasa putih juga tidak semudah itu. Banyak beragam cara yang perlu dilakukan dan hasil kulit putih tidak bisa didapat saat itu juga.

Meskipun demikian, sebenarnya ada beragam cara alami untuk mendapatkan hasil kulit putih secara instan. Oleh karena itu, banyak wanita yang mencoba berbagai cara memutihkan kulit tubuh secara alami dalam 1 hari. Berikut adalah cara-cara tersebut.

 

6 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami

1. Menggunakan Lulur Beras

Lulur beras adalah metode pertama yang bisa Anda coba untuk memutihkan kulit secara alami dengan cepat. Bahan beras yang bisa didapat dengan mudah bisa Anda gunakan sebagai scrub yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati yang ada pada permukaan kulit.

Berikut ini adalah langkah-langkah mengolah beras menjadi lulur yang mampu memutihkan kulit tubuh dalam 1 hari yang bisa kamu coba sendiri dengan mudah di rumah:

  1. Siapkan lima sendok beras putih atau sesuai kebutuhan yang telah dibersihkan. Sediakan juga bahan-bahan lain seperti air yang digunakan untuk mengairi beras atau susu.
  2. Juga sediakan pula wadah, alat giling beras atau batu yang telah dibersihkan, dan juga sendok.
  3. Sesudah beras digiling menjadi halus, letakkan ke dalam wadah yang telah disiapkan lalu campurkan dengan air atau susu murni agar lebih efektif.
  4. Oleskan campuran tersebut pada kulit tubuh sembari digosokkan pelan-pelan agar sel kulit mati terangkat lalu diamkan selama satu jam atau lebih.
  5. Bersihkan kulit dari sisa lulur yang masih menempel dan bandingkan kulit sebelum dan sesudah memakai lulur.

 

Baca Juga: 3 Cara Memutihkan Kulit dengan Tepung Beras dan Kopi, Mitos atau Fakta?

 

2. Masker Susu

Terkenal dengan manfaatnya bagi kesehatan tubuh, susu murni yang memiliki kandungan kolagen di dalamnya mampu memutihkan kulit secara alami dengan cepat. Oleh karena itu, banyak produk kosmetik kecantikan yang menggunakan susu sebagai bahan dasarnya. Hasil dari menggunakan susu dalam produk kecantikan tidak menyebabkan infeksi karena kealamian bahannya.

Tidak hanya itu, mengolah susu menjadi suatu bahan yang bisa mencerahkan kulit dengan alami. Susu juga bisa dikombinasikan dengan bahan alami lainnya, seperti perasan jeruk nipis, perasan lemon, madu, dan yoghurt. Berikut adalah cara memutihkan kulit tubuh secara alami dalam 1 hari dengan menggunakan susu:

  1. Siapkan susu murni, boleh susu kambing ataupun susu sapi. Sediakan juga bahan tambahan lain bila diperlukan.
  2. Siapkan juga perlengkapan seperti wadah dan juga sendok sebagai alat pengaduk.
  3. Tambahkan 200 ml atau lebih susu murni ke dalam wadah yang telah disediakan dan campurkan bahan tambahan bila diinginkan dengan jumlah takaran 1-2 sendok makan.
  4. Aduk dengan rata agar bahan tadi menyatu dengan sempurna. Bila Anda tidak suka aroma susu murni yang cenderung amis, Anda bisa mencampurkannya dengan ekstrak air mawar, aroma teh hijau, atau melati.
  5. Oleskan pada kulit tubuh Anda yang sebelumnya telah dibersihkan. Diamkan selama 30 menit dan lihatlah hasilnya pada kulit Anda yang tampak bening, putih, dan berkilau daripada sebelumnya.

 

Baca Juga: Cara Memutihkan Kulit Tubuh Secara Alami dengan Mudah dan Tanpa Efek Samping

 

3. Masker Bengkuang

Nutrisi yang terdapat pada daging bengkuang telah terbukti ampuh dalam memutihkan kulit secara alami. Selain enak untuk dimakan, bengkuang juga bisa digunakan sebagai masker atau lulur pemutih kulit. Itulah kenapa ada banyak produk kosmetik kecantikan yang dibuat dari sari bengkuang.

Cara memutihkan kulit tubuh secara alami dalam 1 hari menggunakan olahan bengkuang:

  1. Pertama-tama, sediakan bahan utamanya, yaitu bengkuang alami yang masih segar agar zat dan nutrisi yang terkandung di dalamnya bisa memutihkan kulit dengan lebih efektif.
  2. Sediakan perlengkapan lain seperti parutan dan juga wadah yang digunakan untuk menampung hasil parutan.
  3. Setelah bahan selesai dihaluskan, diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih satu jam agar ekstrak bengkuang mengendap.
  4. Endapan dari sari bengkuang tadi sudah bisa digunakan pada tubuh sebagai scrub atau masker dengan adanya tambahan material lain seperti gula atau pasir laut bersih.
  5. Setelah dioleskan pada kulit, diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih tiga puluh menit agar ekstrak tadi meresap melalui pori-pori kulit.
  6. Disarankan untuk menggunakan masker bengkuang pada malam hari agar kulit terlihat lebih putih keesokan harinya.

 

4. Masker Lidah Buaya

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan masker lidah buaya untuk memutihkan kulit secara alami. Lidah buaya mengandung aloesin, yakni zat yang berfungsi untuk menghambat pembentukan melanin pada kulit, sehingga kulit pun tidak akan menjadi gelap. Karena itulah lidah buaya sudah sering dimasukkan ke dalam komposisi komsetik pencerah kulit.

Ikutilah langkah-langkah di bawah ini untuk memutihkan kulit dengan lidah buaya:

  1. Pertama-tama, bersihkan daun lidah buaya dan potong kulitnya hingga gel isinya terbuka.
  2. Ambil gel lidah buaya, lalu hancurkan dengan garpu agar lebih mudah diaplikasikan.
  3. Oleskan gel lidah buaya secara merata ke seluruh permukaan kulit.
  4. Setelah dioleskan pada kulit, diamkan selama 15 menit agar meresap ke dalam kulit.
  5. Bilas dengan air hangat hingga bersih. Anda akan merasakan bahwa kulit Anda lebih lembab daripada sebelumnya. Tidak hanya demikian, kulit Anda pun akan tampak lebih cerah dan berkilau.
  6. Disarankan untuk menggunakan masker ini di malam hari agar proses pencerahan kulit berjalan maksimal.

 

5. Masker Jeruk Nipis

Selain segar untuk diminum, ternyata air jeruk nipis pun baik untuk memtuhikan kulit secara alami dengan cepat. Hal ini dikarenakan jeruk nipis kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat mencerahkan dan meremajakan kulit. Tidak hanya demikian, kandungan asam di dalam jeruk nipis juga mampu mengangkat sel kulit mati yang terlihat kusam dan gelap.

Berikut ini adalah cara mudah memutihkan kulit tubuh dengan air jeruk nipis:

  1. Pertama-tama, sediakan bahan utamanya, yaitu 4 buah jeruk nipis segar agar nutrisi yang terkandung di dalamnya bisa memutihkan kulit dengan lebih efektif.
  2. Lalu, sediakan juga perlengkapan lain seperti pisau dan juga wadah untuk air perasan jeruk nipis.
  3. Belah jeruk nipis menjadi dua bagian dan peras airnya. Campurkan air perasan jeruk nipis dengan air bersih agar tidak terlalu asam dan mengiritasi kulit.
  4. Ambil kapas dan celupkan pada air perasan tadi. Oleskan pada tubuh secara merata.
  5. Diamkan selama 15 menit agar air perasan jeruk nipis bekerja secara maksimal.
  6. Bilas dengan air bersih, kemudian mandi seperti biasa, dan gunakan pelembab agar kulit tidak kering atau iritasi. Sekarang Anda bisa melihat kulit Anda tampak lebih bersih dan putih cemerlang.
  7. Direkomendasikan untuk menggunakan masker ini di malam hari karena berpotensi membuat kulit rentan iritasi apabila terkena paparan sinar matahari.

 

6. Masker Pisang dan Madu

Selain lezat, ternyata pisang dan madu merupakan bahan alami yang ampuh digunakan untuk memutihkan kulit tubuh. Buah pisang sendiri mengandung banyak vitamin A dan C yang mampu mencerahkan, menutrisi, serta meremajakan kulit.

Di sisi lain, madu kaya akan antioksidan yang dapat meremajakan kulit dan mempercepat proses pembentukan kolagen serta sel kulit baru. Tidak hanya demikian, madu juga efektif dalam mengangkat sel kulit mati yang menumpuk dan membuat kulit tampak kusam.

Pisang dan madu sangat efektif dalam memutihkan kulit secara alami bila digabungkan. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat maker pisang dan madu:

  1. Sediakan bahan-bahan utamanya, yakni 2 buah pisang yang sudah matang, 8 sendok makan madu, dan 3 sendok makan minyak zaitun.
  2. Sediakan alat-alat yang diperlukan seperti mangkuk, garpu untuk menghancurkan pisang, dan kuas masker.
  3. Dalam mangkuk, potong-potong dan haluskan kedua buah pisang dengan garpu. Lalu, tuangkan madu dan minyak zaitun, kemudian aduk hingga merata dan membentuk pasta.
  4. Ambil kuas masker dan gunakan untuk meratakan campuran masker ke seluruh bagian tubuh.
  5. Kemudian, diamkan selama 20 menit hingga masker mengering.
  6. Lalu, bilas dengan air hangat hingga bersih, mandi seperti biasa, dan gunakan pelembab kulit agar hasil maksimal. Masker ini akan membuat kulit terasa lebih halus dan tampak lebih putih bercahaya.

 

Itulah beberapa cara memutihkan kulit tubuh secara alami dalam 1 hari yang bisa Anda coba sendiri di rumah dengan mudah. Bahan-bahan alami yang terkandung di dalamnya sangat baik bagi kesehatan kulit dan pastinya bisa memberikan hasil instan untuk memutihkan kulit. Selamat mencoba!

 

Sumber:

  • Yoga Tri Priyanto. 9 September 2019. Cara Memutihkan Kulit Tangan dan Kaki Belang dalam 1 Hari Secara Alami. https://www.merdeka.com/gaya/cara-memutihkan-kulit-tangan-dan-kaki-belang-dalam-1-hari-secara-alami-kln.html
  • Ahmad Muhlisin. 14 Desember 2019. Cara Memutihkan Kulit Badan Secara Alami Tanpa Efek Samping. https://www.honestdocs.id/cara-memutihkan-kulit-badan-secara-alami
  • Fimela Editor. 6 April 2018. 20 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dan Cepat. https://www.fimela.com/beauty-health/read/3852565/20-cara-memutihkan-kulit-secara-alami-dan-cepat

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Cara Mengencangkan Perut yang Efektif

Cara Mengencangkan Perut yang Efektif

Oktober 21, 2021
Rekomendasi Terbaik untuk Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Rekomendasi Terbaik untuk Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Oktober 21, 2021
5 Cara Menghilangkan Dark Circle di Bawah Mata

5 Cara Menghilangkan Dark Circle di Bawah Mata

Oktober 21, 2021

Comments are closed.