Cara Memutihkan Wajah dengan Jeruk Nipis

Apakah Anda pernah mencoba cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis? Meski terlihat mungil, jeruk nipis punya banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Tingginya kandungan vitamin C dan flavonoid di dalam buah jeruk nipis dipercaya bisa meningkatkan kecerahan kulit. Di samping itu, senyawa antibakteri yang terdapat pada buah ini juga akan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Warna kemerahan di wajah pun bisa diatasi dengan jeruk nipis. Penasaran? Yuk, simak panduan menggunakan jeruk nipis untuk mendapatkan kulit wajah lebih putih dan bersih!

4 Tips Memutihkan Wajah dengan Jeruk Nipis

Anda tidak perlu produk-produk yang mahal untuk memutihkan wajah Anda. Cukup dengan menggunakan jeruk nipis dan bahan-bahan alami lainnya, Anda sudah bisa memutihkan wajah secara alami.

Berikut ini adalah empat tips mengunakan air perasan jeruk nipis untuk mencerahkan kulit wajah Anda.

1. Gunakan Jeruk Nipis Sebagai Eksfoliator Alami

Cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis yang pertama adalah dengan menggunakannya sebagai eksfoliator alami. Selain double cleansing untuk memastikan kulit wajah bersih sempurna, Anda juga perlu melakukan eksfoliasi secara rutin. Nah, jeruk nipis ini bisa dimanfaatkan sebagai eksfoliator alami karena mengandung enzim buah dan asam yang dapat mengikis tumpukan sel kulit mati.

Anda bisa memotong jeruk nipis menjadi dua bagian, hilangkan bijinya, lalu aplikasikan ke seluruh permukaan wajah. Lakukan gerakan memutar dengan sedikit tekanan, agar air jeruk nipis keluar. Air perasan jeruk nipis ini kaya akan vitamin dan nutrisi. Jadi pastikan air jeruk nipis meresap sempurna ke dalam lapisan kulit. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Baca juga: Kulit Tangan Belang? Coba 4 Cara Memutihkan Kulit Tangan Ini!

Lakukan perawatan eksfoliasi ini sebanyak 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Namun, apabila Anda memiliki tipe kulit sensitif, sebaiknya eksfoliasi hanya dilakukan satu kali dalam satu minggu untuk mencegah reaksi iritasi. Hal ini penting diperhatikan agar cara yang Anda lakukan berhasil.

2. Manfaatkan Air Perasan Jeruk Nipis Sebagai Pengganti Toner

Selanjutnya, Anda juga bisa memanfaatkan air perasan jeruk nipis sebagai pengganti toner. Hal ini dikarenakan kandungan AHA (Alpha Hydroxy Acids) pada jeruk nipis berguna untuk mencegah munculnya noda hitam di wajah, serta menghilangkan kemerahan serta ampuh meratakan warna kulit Anda. Cara memanfaatkan air perasan jeruk nipis sebagai pengganti toner ini pun sangat mudah. Cukup potong jeruk nipis dan peras airnya. Lalu, Anda hanya perlu mengusapkan air perasan jeruk nipis secara merata pada kulit wajah. Biarkan selama 30 menit dan lanjutkan dengan rangkaian produk skin care Anda berikutnya.

3. Gunakan Masker Jeruk Nipis dan Putih Telur

Cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis akan lebih maksimal dengan menambahkan putih telur. Parlu diketahui, putih telur merupakan sumber protein dan mikronutrien yang dibutuhkan kulit selama proses regenerasi. Artinya, menggabungkan manfaat jeruk nipis dan putih telur akan memberikan hasil yang maksimal untuk kulit wajah yang lebih cerah, sehat, dan terawat. Anda hanya perlu mencampurkan kedua bahan ini lalu oleskan secara merata di wajah. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Baca juga: Cara Memutihkan Kulit Tubuh Secara Alami dalam 1 Hari

Masker yang dibuat dengan menggunakan bahan alami seperti jeruk nipis dan putih telur ini juga akan mengencangkan kulit. Anda terhindar dari risiko munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis halus. Flek dan noda hitam di wajah pun bisa dihilangkan secara maksimal.

4. Gunakan Masker Jeruk Nipis dan Tomat

Cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis selanjutnya adalah dengan menggabungkannya dengan tomat. Kandungan nutrisi jeruk nipis dan tomat bisa dibilang hampir mirip. tomat juga kaya akan kandungan vitamin C dan juga antioksidan yang mampu memutihkan kulit wajah yang kusam. Jadi, menggabungkan jeruk nipis dan tomat akan memperkuat efek mencerahkan wajah yang dimiliki oleh kedua bahan tersebut.

Cara membuat masker ini pun tidak sulit. Ambillah satu buah tomat dan tumbuk atau blender hingga halus. Kemudian, campurkan tomat dengan perasan air jeruk nipis sebanyak 2 sendok makan. Aduk hingga rata dan aplikasikan masker pada wajah. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air bersih dan gunakan produk skin care seperti biasa.

Baca juga: 5 Cara Membuat Masker Oatmeal untuk Memutihkan Wajah

Apabila cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis belum dirasa memberi hasil yang diinginkan, Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan perawatan di klinik perawatan kulit Jakarta Aesthetic Clinic. Melalui treatment Anti-Oxidant Infusion, Anda akan dibantu untuk mewujudkan kulit wajah yang putih, bersih, dan bebas noda hitam. Prosedur perawatan kecantikan ini juga bisa mengurangi noda bekas jerawat serta melindungi flek hitam akibat paparan sinar matahari.

Sumber:

  • Elizabeth Tumbarello. The Benefits of Lime for the Face. https://www.livestrong.com/article/528332-the-benefits-of-lime-for-the-face/
  • Tyas Titi Kinapti. 16 Maret 2019. 5 Cara Memutihkan Wajah dengan Jeruk Nipis. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3918432/5-cara-memutihkan-wajah-dengan-jeruk-nipis-cocok-untuk-laki-laki?utm_expid=.9Z4i5ypGQeGiS7w9arwTvQ.0&utm_referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com%2F
  • Alysha. 4 Cara Membersihkan Wajah Dengan Jeruk Nipis Dan Bahan Alami Lainnya. https://beautynesia.id/6264/article/skincare/4-cara-membersihkan-wajah-dengan-jeruk-nipis-dan-bahan-alami-lainnya
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

Mei 31, 2022
Macam-Macam Bentuk Hidung di Dunia, termasuk Bentuk Hidung Orang Indonesia

Macam-Macam Bentuk Hidung di Dunia, termasuk Bentuk Hidung Orang Indonesia

Mei 31, 2022
Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

Mei 30, 2022

Comments are closed.