Cara Mencegah Rambut Rontok dengan Perawatan Alami

cara mencegah rambut rontokPerawatan alami disarankan sebagai cara mencegah rambut rontok. Karena masalah kerontokan rambut bisa lebih parah jika sembarangan memakai produk. Cara perawatan rambut yang alami pun sangat mudah dilakukan siapa saja.

Sebelum kita lanjutnya ke metodenya, harus dipahami bahwa setiap manusia pasti mengalami kerontokan rambut. Kondisi itu sangat wajar dan normal dengan tingkat kerontokan sekitar 40 sampai 120 helai setiap hari. Perbandingannya pun sangat kecil dari jumlah rambut normal manusia yang kira-kira mencapai seratus ribu helai.

Tapi rambut rontok dalam hal ini adalah kasus yang khusus karena porsinya sangat berlebihan. Kelihatan sangat mencolok karena lama kelamaan ada bagian dari kepala yang nampak botak. Ya, kerontokan rambut bisa memicu kebotakan dini.
 

Cara Mencegah Rambut Rontok

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan sekaligus melakukan perawatan rambut yang rontok. Berikut tips-tips mencegah rambut rontok:
 

1. Solusi Alami dengan Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya terbukti menjadi bahan favorit dan populer untuk perawatan rambut. Menggunakan cairan yang diambil dari tubuh daun lidah buaya secara rutin akan membantu pertumbuhan rambut yang lebih subur, lebih kuat, dan sehat.

Cara perawatan dengan lidah buaya didahului dengan memotong bagian tubuh daun untuk mengambil cairan di dalamnya. Ambil secukupnya lalu usapkan pada rambut yang sudah dibasahi, biarkan paling lama sekitar setengah jam. Perawatan ini dapat dilakukan rutin setiap minggu tiga kali.
 

2. Perawatan dengan Minyak Kemiri

Minyak kemiri juga sangat dikenal sebagai bahan utama cara mencegah rambut rontok. Cara perawatan ini dengan mengolah kemiri yang sudah disangrai kemudian ditumbuh sampai halus hingga keluar minyaknya. Bahan olahan tersebut kemudian dioleskan ke seluruh permukaan rambut dan dibilas dengan sampo sampai bersih.

Khasiat dari minyak kemiri selain mengatasi kerontokan rambut adalah membuat rambut hitam berkilau alami. Sementara itu akar rambut akan semakin kuat dan tidak menimbulkan masalah efek samping selama pemakaian rutin minyak kemiri.
 

3. Masker Alpukat

Buah alpukat juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan rambut rontok. Bukan untuk dikonsumsi namun dijadikan sebagai masker rambut. Kandungan protein dalam buah ini akan memberikan nutrisi yang sangat mencukupi bagi rambut dan mengatasi kerontokan. Pertumbuhan rambut juga menjadi lebih subur dan kuat.

Cara membuat masker rambut dari alpukat sangat gampang. Anda bisa menghaluskan buah ini sampai lembut dengan blender atau menumbuknya lagi. Kemudian oleskan ke seluruh permukaan rambut. Setelah itu diamkan selama kira-kira 20 menit. Jangan lupa setelah itu membilasnya dengan shampo.
 

4. Masker Yogurt

Masker rambut juga bisa diolah dari yogurt. Meski terbilang kurang umum, tapi khasiatnya sudah teruji dan cara menerapkannya pun mudah. Anda tinggal mengoleskannya pada bagian rambut sampai merata dan didiamkan paling lama sekitar 15 menit. Dalam jangka waktu seminggu bisa dilakukan dua atau tiga kali dan buktikan hasinya.
 

5. Pemakaian Hair Tonic

Mungkin karena males merepotkan diri dengan mengumpukan dan mengolah bahan-bahan tertentu, anda bisa memilih menggunakan hair tonic. Namun gunakanlah produk hair tonic yang aman alias dari bahan-bahan alami. Pemakaian secara teratur bisa membantu mengatasi masalah kerontokan rambut sekaligus memperkuatnya.
 

6. Ubah Kebiasaan Anda

Semua metode yang tidak dibarengi dengan kebiasaan positif bisa jadi tak akan menghasilkan apapun. Oleh sebab itu, mesti ditingkatkan lagi perhatian pada perawatan rambut termasuk kebiasaan yang akan meningkatkan kualitas rambut itu sendiri. Misalnya dengan tidak membiarkan rambut dalam kondisi kepanasan terlalu lama, membiarkan kering, atau berlebihan selama menata model rambut. Itulah yang akan memaksimalkan hasil cara mencegah rambut rontok.

 

Comments are closed.

WhatsApp Make Appointment Now