Cara Mencegah Rambut Rontok dengan Perawatan Alami

cara mencegah rambut rontok

Perawatan alami disarankan sebagai cara mencegah rambut rontok. Karena masalah kerontokan rambut bisa lebih parah jika sembarangan memakai produk. Cara perawatan rambut yang alami pun sangat mudah dilakukan siapa saja.

Sebelum kita lanjutnya ke metodenya, harus dipahami bahwa setiap manusia pasti mengalami kerontokan rambut. Kondisi itu sangat wajar dan normal dengan tingkat kerontokan sekitar 40 sampai 120 helai setiap hari. Perbandingannya pun sangat kecil dari jumlah rambut normal manusia yang kira-kira mencapai seratus ribu helai.

Tapi rambut rontok dalam hal ini adalah kasus yang khusus karena porsinya sangat berlebihan. Kelihatan sangat mencolok karena lama kelamaan ada bagian dari kepala yang nampak botak. Ya, kerontokan rambut bisa memicu kebotakan dini.

Penyebab Kerontokan Rambut

Banyak sekali faktor yang membuat rambut mengalami kerontokan. Faktor utama penyebab rambut rontok adalah genetik atau keturunan. Kendati rambut tidak terlalu berguguran di usia muda, penyebab ini terjadi saat orang sudah memasuki usia lanjut.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa penyebab kerontokan rambut berlebih, yaitu:

1. Stres

Stres, baik fisik maupun psikis bisa memberikan dampak yang cukup serius terhadap kesehatan dan pertumbuhan rambut Anda. Salah satu yang berdampak fatal akibat stres ini adalah menyebabkan rambut rontok.

2. Perubahan Hormon

Kerontokan rambut bisa saja disebabkan oleh perubahan hormon. Terutama terjadi pada wanita.

Jadi, apabila rambut mengalami kerontokan yang berlebihan, kemungkinan penyebabnya adalah terjadinya perubahan hormonal pada tubuh Anda yang cukup signifikan, misalnya karena kehamilan, mengkonsumsi pil KB, atau karena akan menstruasi.

Baca juga: Mengatasi Rambut Rontok Akibat Pewarnaan

3. Malnutrisi

Kondisi malnutrisi ini bisa terjadi akibat dari menjalani diet rendah protein, bahkan pola makan yang tidak sehat. Misalnya, menghilangkan beberapa unsur zat makanan yang nantinya akan berdampak pada kekurangan zat gizi (protein, vitamin B12, asam folat, dan zat besi) pada tubuh yang menyebabkan kerontokan rambut.

4. Konsumsi Obat

Mengonsumsi obat tertentu juga dapat menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut. Meskipun obat obatan tersebut diresepkan oleh dokter, namun dampak yang diberikan oleh tubuh seseorang yang mengkonsumsi obat itu akan berbeda-beda.

5. Menjalani Prosedur Tertentu

Beberapa kondisi tertentu yang bisa menyebabkan rambut seseorang menjadi rontok adalah kemoterapi dan radioterapi.

6. Menderita Penyakit Tertentu

Terdapat beberapa kondisi gangguan kesehatan yang mana akan berpengaruh terhadap kesehatan rambut Anda, misalnya mengalami infeksi yang sangat berat, gangguan kelenjar tiroid, dan mengidap kanker. Selain itu, penyakit autoimun misalnya hipotiroid juga bisa menjadi penyebab kerontokan rambut.

Baca juga: Bentuk Perawatan Rambut Setelah Smoothing

Cara Mencegah Rambut Rontok

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan sekaligus melakukan perawatan rambut yang rontok. Berikut tips-tips mencegah rambut rontok:

1. Solusi Alami dengan Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya terbukti menjadi bahan favorit dan populer untuk perawatan rambut. Menggunakan cairan yang diambil dari tubuh daun lidah buaya secara rutin akan membantu pertumbuhan rambut yang lebih subur, lebih kuat, dan sehat.

Cara perawatan dengan lidah buaya didahului dengan memotong bagian tubuh daun untuk mengambil cairan di dalamnya. Ambil secukupnya lalu usapkan pada rambut yang sudah dibasahi, biarkan paling lama sekitar setengah jam. Perawatan ini dapat dilakukan rutin setiap minggu tiga kali.

Baca juga: 10 Cara Membuat Rambut Cepat Panjang Secara Alami dan Mudah

2. Perawatan dengan Minyak Kemiri

Minyak kemiri juga sangat dikenal sebagai bahan utama cara mencegah rambut rontok. Cara perawatan ini dengan mengolah kemiri yang sudah disangrai kemudian ditumbuh sampai halus hingga keluar minyaknya. Bahan olahan tersebut kemudian dioleskan ke seluruh permukaan rambut dan dibilas dengan sampo sampai bersih.

Khasiat dari minyak kemiri selain mengatasi kerontokan rambut adalah membuat rambut hitam berkilau alami. Sementara itu akar rambut akan semakin kuat dan tidak menimbulkan masalah efek samping selama pemakaian rutin minyak kemiri.

3. Merawat Rambut dengan Minyak Kelapa

Berdasarkan studi literatur, minyak kelapa dipercaya dapat membantu mencegah kerusakan rambut akibat perawatan dan paparan sinar ultraviolet (UV). Bahkan minyak kelapa telah dipercaya turun-temurun dapat mengurangi rambut rontok.

Asam laurat ditemukan dalam minyak kelapa membantu mengikat protein di rambut, zat tersebut juga berkhasiat untuk melindungi rambut dan kulit kepala dari kerusakan.

Memijat kulit kepala menggunakan minyak kelapa dapat meningkatkan aliran darah dan membantu merangsang pertumbuhan rambut.

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat digunakan untuk mengkondisikan rambut, melindunginya dari kekeringan dan kerusakan terkait. Minyak zaitun juga merupakan bahan utama yang digunakan untuk diet Mediterania, yang dapat membantu memperlambat dan mencegah kerontokan rambut genetik.

Pertimbangkan untuk mengoleskan beberapa sendok makan minyak zaitun langsung ke rambut dan diamkan selama 30 menit sebelum dicuci.

Baca juga: Cara Memanjangkan Rambut dengan Minyak Zaitun

5. Masker Alpukat

Buah alpukat juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan rambut rontok. Bukan untuk dikonsumsi namun dijadikan sebagai masker rambut. Kandungan protein dalam buah ini akan memberikan nutrisi yang sangat mencukupi bagi rambut dan mengatasi kerontokan. Pertumbuhan rambut juga menjadi lebih subur dan kuat.

Cara membuat masker rambut dari alpukat sangat gampang. Anda bisa menghaluskan buah ini sampai lembut dengan blender atau menumbuknya lagi. Kemudian oleskan ke seluruh permukaan rambut. Setelah itu diamkan selama kira-kira 20 menit. Jangan lupa setelah itu membilasnya dengan sampo.

6. Masker Yogurt

Masker rambut juga bisa diolah dari yogurt. Meski terbilang kurang umum, tapi khasiatnya sudah teruji dan cara menerapkannya pun mudah.

Anda tinggal mengoleskannya pada bagian rambut sampai merata dan didiamkan paling lama sekitar 15 menit. Dalam jangka waktu seminggu bisa dilakukan dua atau tiga kali dan buktikan hasinya.

Baca juga: Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang yang Susah Diatur

7. Merawat Rambut dengan Ginseng

Unsur bioaktif ginsenosides yang terkandung di dalam ginseng sangat efektif meningkatkan pertumbuhan rambut.

Menggunakan ginseng sebagai perawatan rambut rutin akan mengurangi rambut rontok, menjadikan rambut tebal, dan berkilau.

Cara menerapkannya cukup mudah, yaitu siapkan dua batang ginseng segar dan parut sampai halus. Kemudian campurkan air secukupnya dan aduk hingga mengental. Oleskan ke kulit kepala dan diamkan sekitar 30 menit supaya kandungan nutrisi yang terdapat pada ginseng meresap sempurna ke kulit kepala. Bilas bersih menggunakan air mengalir dan lakukan minimal 2 kali seminggu untuk hasil maksimal.

8. Pemakaian Hair Tonic

Mungkin karena malas merepotkan diri dengan mengumpukan dan mengolah bahan-bahan tertentu, anda bisa memilih menggunakan hair tonic.

Namun gunakanlah produk hair tonic yang aman alias dari bahan-bahan alami. Pemakaian secara teratur bisa membantu mengatasi masalah kerontokan rambut sekaligus memperkuatnya.

9. Ubah Kebiasaan Anda

Semua metode yang tidak dibarengi dengan kebiasaan positif bisa jadi tak akan menghasilkan apapun.

Oleh sebab itu, mesti ditingkatkan lagi perhatian pada perawatan rambut termasuk kebiasaan yang akan meningkatkan kualitas rambut itu sendiri. Misalnya dengan tidak membiarkan rambut dalam kondisi kepanasan terlalu lama, membiarkan kering, atau berlebihan selama menata model rambut. Itulah yang akan memaksimalkan hasil cara mencegah rambut rontok.

Baca Juga: Cara Mengatasi Rambut Bercabang dengan Mudah

Bagaimana Cara Mengetahui Jika Anda Mengalami Kerontokan Rambut?

Kerontokan rambut dapat terlihat berbeda tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Anda mungkin melihat bagian yang melebar, kulit kepala lebih terlihat, atau rambut rontok berlebih saat Anda menyisir atau mencuci rambut. Anda mungkin juga melihat bagian kulit kepala Anda karena rambut yang semakin menipis.

Apabila Anda ingin mengatasi rambut rontok ataupun permasalahan rambut lainnya, Anda bisa mencoba di klinik perawatan rambut dari Jakarta Aesthetic Clinic. Anda dapat berkonsultasi kepada kami terlebih dahulu mengenai masalah rambut yang Anda miliki agar kami dapat memerikan solusi terbaik bagi Anda. Gratis!

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang sedang memiliki masalah rambut rontok. Selamat mencoba!

Sumber:

  • https://www.healthline.com/health/how-to-prevent-hair-loss
  • https://www.healthline.com/health/hair-loss-prevention
  • https://www.allthingshair.com/id-id/perawatan-rambut/cara-mendapatkan-rambut-sehat/manfaat-ginseng-untuk-rambut
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

Mei 31, 2022
Macam-Macam Bentuk Hidung di Dunia, termasuk Bentuk Hidung Orang Indonesia

Macam-Macam Bentuk Hidung di Dunia, termasuk Bentuk Hidung Orang Indonesia

Mei 31, 2022
Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

Mei 30, 2022

Comments are closed.