Cara Mencerahkan Kulit Kusam

Kulit putih sudah sejak lama menjadi salah satu standar penampilan di Indonesia. Namun, rata-rata orang Indonesia memiliki kulit sawo matang. Beragam produk perawatan di masa kini mengklaim mampu mencerahkan kulit sehingga diburu oleh para wanita maupun pria. Sayangnya, ketika memakai produk yang kurang tepat, hasilnya pun tidak akan maksimal.

Ingin tahu bagaimana cara mencerahkan kulit kusam dengan cara alami dan tanpa perlu perawatan ribet? Yuk, cari tahu jawabannya melalui artikel berikut ini.

Penyebab Kulit Kusam

Sebenarnya kulit yang kusam adalah istilah umum untuk kulit yang tidak terlihat sehat. Untuk mendapatkan kembali tampilan asli kulit Anda, sangat penting untuk memahami mengapa kulit Anda mungkin kehilangan pancaran sehatnya.

Tahu tidak, apa penyebab kulit kusam? Kulit kusam bisa disebabkan oleh tumpukan sel kulit mati, polusi udara, kulit kering, stress, kurang tidur atau bahkan dehidrasi.

1. Sel Kulit Mati

Anda melepaskan jutaan sel kulit mati setiap hari dan dapat menumpuk satu sama lain seperti partikel debu di permukaan. Lapisan kulit mati ini mencegah kulit Anda memantulkan cahaya dan dapat membuat wajah Anda terlihat lebih pucat.

Terlebih seiring bertambahnya usia, kemampuan pembaruan permukaan kulit Anda menurun, menyebabkan peningkatan penumpukan sel-sel kulit mati.

Baca juga: 3 Cara Mengangkat Sel Kulit Mati dengan Air Hangat

2. Radikal Bebas

Kenyataanya, polusi tidak hanya mempengaruhi paru-paru Anda, tetapi juga kulit Anda. polusi di udara menciptakan radikal bebas (molekul tidak stabil yang menyebabkan kerusakan sel-sel di tubuh Anda) pada kulit Anda, merusak kolagen dan merangsang produksi pigmen, menyebabkan kulit Anda terlihat lebih kusam.

3. Stress

Saat Anda stres, aliran darah dari wajah Anda akan teralihkan ke bagian lain dari tubuh Anda. Inilah yang mengakibatkan tampilan yang kurang hidup dan kusam pada kulit wajah Anda.

4. Kurang Tidur

Saat Anda tidur, kulit memiliki kesempatan untuk memperbarui dan memperbaiki dirinya sendiri. Ini terjadi karena peningkatan kadar melatonin tubuh Anda, pelepasan hormon pertumbuhan manusia yang memungkinkan perbaikan jaringan, dan penurunan kortisol, yang merupakan hormon stres tubuh Anda.

Akibatnya, kurang tidur di malam hari akan membuat tanda-tanda kelelahan, termasuk memiliki kulit yang kusam.

5. Dehidrasi

Bila Anda tidak minum cukup air atau jika cuaca sangat kering di luar, jumlah kelembaban di bawah permukaan kulit Anda dapat menurun. Hal ini membuat kulit yang terlihat kempes dan kusam.

Baca juga: Cara Membersihkan Wajah dengan Benar

6. Lupa Membersihkan Wajah dari Make-Up

Dengan lupa menghapus riasan sebelum tidur, sama seperti Anda mencegah kulit Anda memperbarui dirinya sendiri dengan tidak membiarkan pori-pori bernapas.

Hal ini dapat menyebabkan iritasi dan penuaan dini, termasuk membuat kulit terlihat kusam.

7. Mengabaikan Eksfoliasi

Eksfoliasi membantu mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit Anda. Jika Anda melewatkan aktivitas ini, bisa jadi ini merupakan salah satu alasan mengapa wajah Anda terlihat kusam dan lelah.

8. Pola Hidup yang Tidak Sehat

Merokok, kurang olahraga, dan pola makan yang sebagian besar terdiri dari makanan olahan yang tinggi gula, garam, dan lemak, dapat mengakibatkan masalah serius pada kecerahan kulit Anda. Termasuk kulit wajah yang menjadi kusam.

Baca juga: Perawatan Kulit Kusam yang Alami

9 Cara Mencerahkan Kulit Kusam Secara Alami, Tanpa Ribet

Wajah kusam apa solusinya? Berikut ini cara mencerahkan kulit kusam secara alami yang dapat Anda terapkan dengan mudah:

1. Mulailah Hari Anda dengan Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan kaya nutrisi yang dikenal dengan kemampuan mencerahkan kulit. Selain itu vitamin ini berfungsi sebagai anti penuaan yang baik dalam menetralisir radikal bebas dan membatasi kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan.

Nah, jus jeruk dengan kandungan vitamin C sangat baik mencegah masuk angin, akan tetapi, vitamin C juga merupakan antioksidan kaya nutrisi yang melawan tanda-tanda penuaan, dan juga dikenal sebagai agen pencerah kulit.

Jadi, mulailah hari Anda dengan minum jus jeruk untuk mencerahkan kulit wajah Anda.

2. Diet Seimbang

Kualitas makanan yang Anda konsumsi sangat mempengaruhi kesehatan dan penampilan kulit Anda. Ini menjadi sesuai dengan istilah “Anda adalah apa yang Anda makan”.

Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang tinggi asam lemak seperti ikan dan kacang-kacangan. Asam lemak sangat penting untuk kesehatan kulit karena meningkatkan produksi sel di bawah permukaan kulit dan mengurangi peradangan. Pada intinya menutrisi kulit Anda dari dalam.

Selain itu, makan makanan yang kaya antioksidan dapat membantu melawan peradangan kulit dan kerusakan akibat radikal bebas. Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kenari dan biji labu serta tomat dapat melindungi kulit Anda.

Pasastikan menu diet Anda juga kaya probiotik. Karena semakin sehat usus Anda, semakin sehat juga kulit Anda.

Baca juga: Rekomendasi Menu Diet Buah dan Sayur yang Nikmat

3. Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Paparan matahari dapat membuat kulit menjadi kusam. Inilah sebabnya jika Anda melakukan cukup banyak pekerjaan di luar kantor, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya (sunblock).

Meski terdengar terlalu berlebihan, tetapi mengingat suhu udara di Indonesia yang bisa mencapai lebih dari 30 derajat celcius, maka menggunakan sunscreen saja tidak cukup, maka dari itu Anda perlu menggunakan sunblock.

4. Lakukan Eksfoliasi Secara Teratur

Lakukan eksfoliasi kulit Anda 3-4 kali dalam seminggu, atau, jika Anda memiliki kulit sensitif, mulailah dengan seminggu sekali dan lihat bagaimana hasilnya.

Eksfoliasi merupakan salah satu perawatan yang penting dilakukan untuk menjaga kondisi kulit wajah tetap bersih dan bersinar.

Hal ini berarti jika Anda melakukan eksfoliasi secara teratur, Anda secara konsisten mengelupas kulit mati dan membiarkan sel-sel kulit baru yang montok muncul ke permukaan kulit Anda, yang merupakan langkah penting untuk mencapai kulit yang lebih cerah dan bebas kusam.

Baca juga: 7 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

5. Kurangi Konsumsi Alkohol

Alkohol dapat membuat kulit Anda dehidrasi dan kusam. Hal ini juga bisa meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit, sehingga dapat membuat kulit wajah memerah yang dapat menjadi permanen dari waktu ke waktu bagi sebagian orang.

Jadi, cobalah untuk mengurangi atau bahkan berhenti mengonsumsi alkohol sebagai cara mencerahkan kulit wajah kusam secara alami.

6. Tidur yang Cukup

Tidak hanya penting bagi tubuh Anda istirahat yang cukup juga penting untuk kulit Anda. Selama tidur, proses regenerasi sel terjadi dan kurang tidur secara langsung berperan dalam regenerasi kulit yang buruk. Hal ini dapat mengakibatkan kulit Anda kusam.

Oleh karena itu, tidurlah minimal 8 jam setiap harinya dan kulit akan lebih terpancar sinarnya.

Baca juga: Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Mengelupas dengan Bahan Alami

7. Gunakan Pelembab

Tidak menggunakan pelembab, terutama jika kulit Anda cenderung kering, dapat memengaruhi kesehatan kulit Anda. Menggunakan pelembab 2 kali sehari dapat membantu menghidrasi kulit Anda.

Pastikan Anda menggunakan pelembap yang memiliki kemampuan untuk mencerahkan wajah sehingga wajah tidak tampak kusam.

8. Virgin Coconut Oil

Virgin coconut oil (VCO) atau minyak kelapa dara mengandung berbagai zat yang dapat berperan sebagai anti-inflamasi dan antibakteri. Virgin coconut oil menyerap lebih dalam ke sel kulit sehingga membantu mencerahkan wajah.

Gunakan minyak ini dengan pijatan melingkar selama 5-10 menit. Kemudian biarkan semalaman. Setelah itu bilas dengan air hangat dan Anda akan merasakan kulit lebih segar dan cerah.

Baca juga: 5 Manfaat Skin Care untuk Kesehatan Kulit Wajah Anda

9. Hapus Riasan Anda

Cara mencerahkan kulit wajah yang terakhir adalah menghapus riasan. Kotoran, minyak, dan riasan yang tidak dibersihkan dapat menyumbat pori-pori, membebani kulit Anda, dan menyebabkan kulit kusam.

Untuk menghilangkan kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori Anda, cucilah muka dua kali sehari (pagi dan malam). Pada malam hari Anda perlu ekstra hati-hati untuk menghapus make-up dan kotoran. Dengan mengangkat kotoran dan riasan yang menempel, membuat kulit Anda bersih, segar dan tampak bercahaya.

Cara Mencerahkan Wajah Kusam Tanpa Ribet ala Jakarta Aesthetic Clinic

1. Baby Skin Treatment

Seiring berjalannya waktu, aktivitas sel-sel dalam tubuh akan melambat. Hal ini pun menjadi penyebab timbulnya masalah pada kulit seperti kulit kering dan kusam. Terlebih, paparan sinar mentari serta cuaca ekstrem sering kali menjadi faktor yang tak terhindarkan. Lalu, bagaimana cara untuk membuatnya segar kembali? Anda dapat mencoba perawatan bernama Baby Skin Treatment.

Metode ini akan membantu mengembalikan keremajaan kulit. Kerusakan dan kelemahan sel akan diperbaiki dengan cepat. Selain itu, jika memiliki flek, garis-garis halus, ataupun jerawat yang tidak kunjung hilang setelah bertahun-tahun, Baby Skin Treatment akan membantu memudarkannya.

Terdapat pula prosedur Baby Gloss dan Pore Treatment yang baik dalam meredakan iritasi atau inflamasi, memperbaiki luka, serta mengecilkan pori-pori. Hasilnya, kulit Anda bisa lebih cepat putih dan harus repot-repot memakai rangkaian produk perawatan.

2. Peeling & Skincare

Cara agar kulit cerah tahan lama yang kedua adalah Peeling & Skincare. Prosedur ini terdiri dari Peeling Komedo, Flawless Peel Treatment, dan Skincare. Perawatan Flawles Peel Treatment sangat membantu dalam mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit tampak lebih bersinar. Sementara itu, Anda akan diberikan produk perawatan kulit yang ampuh, aman, serta cocok untuk hampir semua usia. Tak perlu cemas karena produk yang tersedia tidak akan membuat ketergantungan.

Berikutnya, hadir metode Peeling Komedo yang juga efektif dalam mencerahkan kulit. Cairan peeling akan melunakkan komedo sehingga wajah tampak bersih hanya dengan pijatan-pijatan lembut. Kemudian, kulit akan diberi masker gel dari bahan-bahan alami yang mampu memberi efek bercahaya, segar, dan ringan.

Baca Juga: Cara Mencerahkan Wajah

3. Soft Tissue Filler

Soft Tissue Filler merupakan solusi tepat untuk Anda yang ingin kulit bersinar dan awet muda tanpa perlu melewati proses pembedahan. Metode ini aman untuk segala usia dan akan mengisi kekosongan kulit. Bagian-bagian tubuh seperti leher, wajah, garis senyum, punggung tangan, pipi, pelipis, hingga cekungan bawah mata akan terhindar dari kekusaman.

Baca Juga: Cara Membuat Wajah Cerah Sepanjang Hari

4. Anti-Oxidant Infusion

Ingin tetap nyaman beraktivitas di luar ruangan tanpa khawatir kulit menjadi rusak? Cobalah perawatan bernama Anti-Oxidant Infusion. Prosedur ini paling digandrungi di wilayah beriklim tropis. Noda-noda bekas jerawat, keriput, dan bercak hitam dapat dibasmi dengan Anti-Oxidant Infusion. Tak hanya itu, kulit akan terhindar dari timbulnya jerawat baru.

Cukup lakukan perawatan selama 5 menit dengan injeksi. Namun, jika ingin memperoleh hasil yang lebih maksimal, cobalah prosedur langsung dengan infus selama 30 menit. Bagian-bagian kulit yang gelap akan menjadi cerah dan lebih lembut.

Kesimpulan

Sekian pembahasan mengenai bagaimana cara mencerahkan kulit kusam. Dengan adanya perawatan-perawatan di atas, kulit cerah sudah bukan lagi menjadi impian semata. Tak hanya meningkatkan kepercayaan diri, tetapi juga mampu membuat kulit Anda tetap sehat dan awet muda.

Segera kunjungi Jakarta Aesthetic Clinic untuk mendapatkan perawatan terbaik sesuai keinginan. Apabila masih bingung terkait treatment apa yang cocok untuk Anda, bisa langsung berkonsultasi dengan tim dokter ahli Jakarta Aesthetic Clinic.

Sumber:

  • https://www.byrdie.com/how-to-brighten-your-complexion-3013535
  • https://www.popbela.com/beauty/skin/sabrina-amyra-aziz/tips-mencerahkan-kulit-kusam
  • https://olay.co.uk/skin-care-tips/dull-skin/how-to-brighten-tired-and-dull-skin-complexion
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Desember 5, 2022
Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Desember 5, 2022
Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Desember 5, 2022

Comments are closed.