Cara Mengatasi Bibir Kering dan Hitam Secara Alami

Mencari solusi cara mengatasi bibir kering dan hitam tidak boleh sembarangan. Ada cara tidak alami yang malah bisa berbahaya untuk proses perubahan warna dan kondisi bibir Anda. Sebaiknya gunakan cara alami yang bisa Anda ikuti melalui informasi di bawah ini.

Penyebab Bibir Kering dan Hitam

Masalah bibir kering dan hitam pastinya sangat mengganggu penampilan Anda. Apalagi jika sedang tidak menggunakan make-up sama sekali. Bisa jadi Anda malah tidak percaya diri dengan penampilan sendiri. 

Jika masalah ini muncul, Anda sebaiknya mencari tahu penyebabnya. Bisa saja beberapa penyebab masalah ini salah satunya sedang terjadi pada diri Anda:

  • Merokok: Kebiasaan merokok sangat memicu munculnya masalah bibir kering dan hitam. Bahkan bisa dipastikan bahwa dengan merokok dan tanpa ada perawatan bibir maksimal, sudah pasti kondisinya menjadi kering dan hitam. 
  • Cedera: Tidak ada yang ingin mendapatkan musibah seperti cedera yang membuat bibir Anda luka. Kalau sudah begini, maka bibir bisa menjadi kering dan hitam. Bahkan bisa ditambah bekas luka lainnya.
  • Addison: Addison adalah penyakit yang disebabkan kelenjar adrenal Anda tidak mampu menghasilkan kortisol dan aldosteron yang cukup. Inilah yang membuat bibir mengalami hiperpigmentasi sehingga terlihat menghitam.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Bibir Hitam Menjadi Pink

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Hitam

Jika salah satu penyebab yang telah diberikan memang terjadi pada diri Anda, cobalah mulai menggunakan beberapa cara alami dan mudah ini agar kondisi warna bibir kembali cerah.

1. Menggunakan Scrub Madu

Cara pertama membuat bibir kembali cerah dan tidak kering adalah menggunakan scrub dari madu. Anda harus mencampurkan satu sendok teh madu dan gula untuk mendapatkan scrub madu yang berkualitas. Setelah tercampur dengan baik, oleskan scrub ke bibir Anda dengan pola gerakan memutar. Jika sudah dioleskan dalam beberapa menit, bilas bibir dengan air hangat hingga bersih.

Dengan cara ini, masalah bibir kering dan hitam bisa hilang secara perlahan-lahan. Namun perlu diingat bahwa cara ini hanya bisa dilakukan satu kali seminggu. Mengapa begitu? Alasan utamanya adalah jika terlalu sering maka bibir Anda bisa iritasi.  

2. Menggunakan Minyak Almond

Minyak almond termasuk mudah digunakan dan menjadi bahan alami untuk mengatasi masalah ini Anda. Dengan teknik pijatan memutar dan perlahan maka bibir Anda bisa tetap lembap dan membuat pembuluh darah membantu memberikan warna kemerahan karena alirannya semakin meningkat.

Selain menggunakan minyak almond, Anda bisa juga memanfaatkan minyak kelapa. Lakukan cara ini secara konsisten selama beberapa kali dalam satu hari. Efeknya akan terlihat dalam jangka waktu yang cepat juga. 

Baca juga: Cara Memutihkan Kulit Tangan dan Kaki dengan Beras yang Wajib Diketahui

3. Menggunakan Lemon

Fungsi lemon memang sangat bagus untuk tubuh Anda. termasuk mengatasi bibir kering dan hitam. Anda bisa memulai cara ini dengan menyiapkan beberapa slice lemon lalu letakkan di bibir selama beberapa detik (jangan lebih dari satu menit). Kemudian bilas bibir dengan air hangat.

Acid yang terkandung di dalam lemon dapat membunuh sel kulit mati. Namun jangan gunakan terlalu sering karena bisa membuat kulit bibir iritasi juga.

4. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Cara ini sangat simpel dan sebenarnya Anda lakukan setiap hari. Anda wajib mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Tidak dapat dimungkiri bahwa air putih sangat penting untuk kesehatan kulit. Termasuk kulit bibir Anda. 

Jika ingin mendapatkan minuman yang lebih segar dan baik untuk kulit, Anda bisa memasukkan satu slice timun atau lemon ke dalam air putih. Minuman itu akan semakin segar. Tidak hanya untuk tenggorokan, tetapi juga kulit Anda. 

Dengan mengikuti beberapa cara mengatasi bibir kering dan hitam yang telah diberikan Jakarta Aesthetic Clinic, semoga kesehatan bibir Anda bisa membaik. Warnanya kembali kemerahan dan tidak kering lagi. Yuk, coba cara ini di rumah!

Sumber:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/326104#home-remedies

https://www.healthline.com/health/discolored-lips#treatment

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Agustus 28, 2021
5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

Agustus 28, 2021
10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

Agustus 28, 2021

Comments are closed.