Cara Mengatasi Bibir Kering Menggunakan Bahan Alami

Cara Mengatasi Bibir Kering

 

Bibir yang kering memang sangat menyebalkan karena tentunya bibir Anda terasa tidak nyaman. Bibir bisa menjadi kering karena bagian tubuh ini tidak memiliki kelenjar minyak sehingga bibir menjadi lebih mudah kering dan bahkan pecah-pecah. Namun, Anda tidak perlu khawatir akan bibir kering yang Anda alami. Ada banyak cara mengatasi bibir kering dengan menggunakan bahan alami yang bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi bibir kering yang bisa Anda terapkan.

 

1. Menggunakan Vaselin dan Madu

Madu mempunyai sifat antibakteri yang mampu menjadikannya salah satu agen penyembuh terbaik. Sementara itu, vaselin atau petroleum jelly memiliki kandungan yang mampu melembutkan, menyehatkan, hingga melindungi kulit dari kekeringan. Jika Anda menggabungkan dua bahan tersebut, Anda bisa mendapatkan sebuah ramuan yang mampu mengatasi bibir pecah-pecah dan bibir kering.

Untuk membuatnya, Anda hanya perlu mengoleskan madu murni di seluruh permukaan bibir Anda yang kering maupun pecah-pecah. Kemudian, lapisi bibir Anda dengan vaselin dan tunggulah selama 10 hingga 15 menit agar bibir menyerap madu tersebut. Madu mampu melunakkan bibir dan vaselin memberikan cairan tambah sehingga mencegah pengeringan pada bibir. Setelah 15 menit menunggu, usaplah madu dan vaselin di bibir Anda dengan menggunakan kain katun basah.

 

2. Menggunakan Krim Lemon

Cara mengatasi bibir kering selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan krim lemon. Kombinasi antara gula dan lemon dapat menjadi pengobatan yang dinilai efektif dalam mengatasi bibir yang gelap dan pecah-pecah. Lemon memiliki fungsi sebagai pemutih alami sedangkan madu memiliki fungsi untuk melindungi bibir Anda dari efek radikal bebas.

Untuk membuat krim lemon, Anda hanya perlu mencampurkan satu sendok teh jus lemon dan lemon serta menambahkan setengah sendok teh minyak jarak. Aduklah hingga bahan-bahan tersebut tercampur rata dan oleskan pada bibir Anda sebelum tidur setiap harinya. Ulangilah cara tersebut selama sepuluh hari untuk mendapatkan hasil terbaik.

 

Baca Juga: Cara Menipiskan Bibir

 

3. Menggunakan Mentimun

Mentimun juga bisa Anda gunakan sebagai bahan alami dalam mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Sayuran berair ini memiliki khasiat untuk mengurangi bercak-bercak hitam yang ada di bibir Anda sehingga bibir Anda bisa jadi lebih cerah. Tidak hanya itu, mentimun juga bisa membuat bibir Anda menjadi lebih lembab dan cantik alami.

Untuk cara mengatasi bibir kering menggunakan mentimun sangat mudah. Anda hanya perlu mengiris mentimun dengan tipis dan menggosoknya secara lembut pada bibir Anda. Diamkanlah selama 15 menit dan cuci bibir Anda dengan menggunakan air biasa.

 

4. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga memiliki khasiat dalam melembabkan bibir yang kering dan pecah-pecah. Minyak zaitun menjadi pelumas terbaik karena memiliki asam lemak yang mampu mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah. Jika Anda menggunakan minyak zaitun pada bibir Anda, Anda bibir Anda bisa menjadi lebih lembut serta kenyal.

Untuk menggunakan minyak zaitun pada bibir kering dan pecah-pecah yang Anda miliki, Anda hanya perlu mengoleskan minyak zaitun tersebut secara secukupnya pada bibir Anda setiap dua kali sehari. Anda harus melakukannya secara teratur hingga Anda merasakan bahwa bibir Anda menjadi lebih lembab dan tidak kering lagi.

 

Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Kering

 

5. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya juga merupakan bahan alami lainnya yang bisa Anda gunakan dalam mengatasi bibir kering yang Anda miliki. Cara pemakaiannya sendiri juga sangat mudah untuk dilakukan. Pertama-tama, Anda harus mencuci lidah buaya yang Anda sediakan hingga bersih. Kemudian, potong lidah buaya tersebut dan oleskan cairan atau gel lidah buaya tersebut pada bibir Anda yang kering dan pecah-pecah secara teratur.

Menggunakan lidah buaya secara teratur pada bibir Anda yang kering dan pecah-pecah bisa membuat bibir Anda jauh lebih segar. Anda bisa merasakan sensasi dingin dari gel lidah buaya di bibir Anda. Hasilnya bisa Anda lihat sendiri setelah Anda telah mempraktikkannya di rumah.

 

Bibir kering dan pecah-pecah bukan petaka. Anda bisa menggunakan beragam cara untuk mengatasi bibir kering menggunakan bahan alami buatan sendiri di rumah. Beberapa bahan tersebut bisa Anda temukan dengan mudah di dapur dan halaman Anda. jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mengatasi bibir Anda yang kering dan pecah-pecah. Selamat mencoba!

 

 

Sumber:

  • Honestdocs. 22 Februari 2019. 14 Cara Alami Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah. https://www.honestdocs.id/mengatasi-bibir-kering-dan-pecah-pecah
  • Alexis, Jennifer. 5 September 2019. Begini Lho Cara Mengatasi Bibir Pecah Pecah yang Ampuh. https://www.popbela.com/beauty/health/jennifer-a-tanjung/cara-mengatasi-bibir-pecah-pecah
  • Reinis, Dian. 22 Januari 2020. 5 Cara Mencegah dan Mengatasi Bibir Pecah-Pecah. https://lifestyle.kompas.com/read/2020/01/22/071500520/5-cara-mencegah-dan-mengatasi-bibir-pecah-pecah?page=all
Dr. Olivia Ong

Dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Apa Itu Ultherapy yang Menjadi Salah Satu Perawatan Kulit Paling Populer?

Apa Itu Ultherapy yang Menjadi Salah Satu Perawatan Kulit Paling Populer?

Maret 17, 2020
Rekomendasi Gaya Rambut Pria Pendek Samping Buat Tampilan Lebih Keren

Rekomendasi Gaya Rambut Pria Pendek Samping Buat Tampilan Lebih Keren

Maret 17, 2020
Hindari 8 Makanan yang Bikin Gemuk Ini Agar Bisa Langsing

Hindari 8 Makanan yang Bikin Gemuk Ini Agar Bisa Langsing

Maret 17, 2020

Comments are closed.