Cara Mengatasi Kerutan di Wajah dengan Anti-Wrinkle Injection

cara mengatasi kerutan di wajah

Kerutan dan garis-garis halus di wajah yang muncul membuat kepercayaan diri semakin meredup. Banyak sekali orang yang ingin tahu cara mengatasi kerutan di wajah yang bisa dilakukan. Tidak sulit sebenarnya untuk menghilangkan kerutan di wajah, terutama dengan melakukan beberapa kebiasaan yang bisa memperlambatnya.

Kerutan atau keriput di wajah merupakan proses penuaan alami yang pasti dilalui setiap orang. Ada juga orang yang usianya masih muda tapi sudah muncul keriput di wajahnya. Paparan sinar matahari menjadi faktor penyebab munculnya kerutan di wajah. Selain itu, ada pula beberapa kebiasaan tidak baik yang bisa menyebabkan wajah mudah mengalami penuaan.

Munculnya Kerutan di Wajah

Ada dua kategori kerutan yang muncul di wajah, yaitu garis-garis halus dan kerutan yang dalam atau keriput. Namun, apa yang menyebabkan kerutan bisa muncul di wajah selain masalah penuaan?

Munculnya keriput akibat penuaan disebabkan oleh pergerakan sel kulit yang semakin melambat. Lapisan kulit yang disebut dermis juga semakin tipis, membuat kulit mulai kendur dan muncul keriput di permukaannya. Proses penuaan juga membuat kulit menjadi kering akibat berkurangnya minyak, yang juga mengakibatkan timbulnya kerutan.

Kerutan di wajah juga bisa muncul di usia muda karena beberapa faktor lainnya, termasuk kebiasaan buruk. Merokok bisa menjadi penyebab utama munculnya kerutan. Pasalnya, merokok bisa mengurangi produksi kolagen pada kulit sehingga kehilangan kekencangannya.

Yang kedua adalah paparan sinar matahari. Ada warna kulit yang mudah rentan terhadap bahaya sinar UV, yaitu kulit putih atau cerah dengan mata biru. Tak jarang lebih cepat muncul kerutan di wajah mereka. Faktor keturunan atau gen juga berpengaruh, buktinya ada orang yang mendapatkan lebih banyak keriput dan berpotensi mewariskan kepada keturunannya.

Cara Mengatasi Kerutan di Wajah

Ada penyebab munculnya kerutan wajah di atas yang memang tidak bisa kita hindari, seperti penuaan, faktor genetik dan ras. Namun, ada pula beberapa penyebab yang masih bisa kita kurangi saat ini, terutama menghentikan kebiasaan merokok. Cobalah ikuti cara mengatasi kerutan di wajah ini agar terlihat awet muda dan wajah pun semakin kencang.

1. Gunakan Tabir Surya

Penggunaan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan bisa mengatasi munculnya keriput di wajah. Zaman sekarang, bumi semakin panas, membuat paparan sinar matahari pun mengenai orang yang ada di dalam ruangan.

Disarankan menggunakan tabir surya dengan kandungan sun protection factor (SPF) 30 atau lebih. Jenis sunscreen yang digunakan sebaiknya juga mengandung pelembab sehingga wajah tetap sehat dan tidak mudah kering saat beraktivitas.

Baca juga: Waspada Ciri Wajah Kekurangan Kolagen

2. Kurangi Kebiasaan Merokok

Merokok tidak hanya berbahaya untuk kesehatan tubuh, tapi juga membuat kerutan semakin cepat muncul. Seperti yang disebutkan sebelumnya, merokok bisa mengurangi kolagen di wajah, sehingga wajah mulai kendur dan muncul keriput di permukaannya. 

Kalau perlu, hentikan kebiasaan merokok sekarang juga sehingga tidak berpengaruh kesehatan tubuh nantinya.

3. Kurangi Konsumsi Antioksidan

Kulit membutuhkan kandungan oksidatif lebih banyak dibandingkan organ tubuh lainnya. Mengkonsumsi antioksidan seperti teh bisa membahayakan kandungan oksidatif dalam tubuh. Alhasil, kulit pun lebih rentan mengalami penuaan.

Sebagai gantinya, cobalah mengkonsumsi beberapa makanan yang tidak mengandung antioksidan, seperti buah beri, sayuran, kacang-kacangan, dan lain-lain. Konsumsi makanan tersebut juga bisa membantu mengatasi munculnya kerutan di wajah.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Menghilangkan Garis Senyum dengan Cepat

4. Gunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan pelunak di dalamnya. Saat digunakan di kulit, minyak kelapa akan mengurangi jarak pada sel epidermis. Alhasil, kulit pun kembali lebih lembut dan tetap terjaga kelembabannya, dan kerutan pun perlahan menghilang di wajah.

Penggunaan minyak kelapa untuk kulit kering juga sangat efektif karena kandungan tersebut. Wajah pun terlihat lebih kenyal apabila digunakan dengan rutin dan sebagai bagian dari rangkaian skincare andalan.

5. Ganti Posisi Tidur

Posisi tidur juga bisa menyebabkan munculnya kerutan di wajah. Bila tidak mengganti posisi tidur, sisi wajah yang sama selalu menekan bantal setiap malamnya, membuat kulit pada sisi tersebut semakin lemah. Selalu ingat, kulit yang lemah bisa menyebabkan kerutan di wajah.

Cobalah ganti posisi tidur setiap malam sehingga kerutan di wajah mulai berkurang. Bisa juga dengan melakukan posisi tidur yang menghadap ke atas sehingga wajah tidak selalu menekan bantal dan mengakibatkan kerutan.

6. Hindari Paparan Sinar UV Matahari

Jika harus beraktivitas di luar ruangan, pakailah pakaian yang panjang dan bisa menutupi kulit. Gunakan topi dan kacamata hitam saat berjalan di luar ruangan sehingga sinar matahari tidak langsung mengenai wajah. Dengan pakaian yang tepat, kita bisa merasakan sinar matahari tanpa harus khawatir dengan munculnya keriput di wajah.

Baca juga: 13 Cara Perawatan Wajah Secara Alami Di Rumah

7. Lakukan Perawatan Anti-Wrinkle Injection

Apabila sudah muncul keriput dan ingin segera menghilangkannya, lakukan saja perawatan Anti-Wrinkle Injection di Jakarta Aesthetic Clinic. Dokter kulit yang menangani masalah ini sudah memiliki sertifikasi yang bisa dipercaya di bidangnya. Prosedur Anti-Wrinkle Injection ini sudah populer di dunia anti-aging dan tidak menimbulkan efek samping.

Agar wajah bebas dari masalah penuaan, lakukan cara mengatasi kerutan di wajah tadi secara rutin. Buang kebiasaan lama dan mulailah menyambut kebiasaan baru yang membuat wajah tetap awet muda.

Sumber:

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-wrinkles#increase-antioxidants

https://www.webmd.com/beauty/wrinkles#1

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Cara Memanjangkan Rambut Dengan Minyak Zaitun

Cara Memanjangkan Rambut Dengan Minyak Zaitun

November 23, 2021
7 Cara Merawat Wajah Pria agar Putih dan Bersih

7 Cara Merawat Wajah Pria agar Putih dan Bersih

November 23, 2021
6 Cara Menghilangkan Fungal Acne Di Wajah

6 Cara Menghilangkan Fungal Acne Di Wajah

November 23, 2021

Comments are closed.