Cara Mengatasi Kulit Kering Dan Pecah

Cara Mengatasi Kulit Kering dengan mudah untuk Anda
 
Musim kemarau menjadi saat paling umum kemunculan masalah kulit kering pada siapapun. Ada banyak prosedur perawatan kulit yang dapat kita lakukan untuk mengatasi kulit kering dan pecah. Beberapa cara mengatasi kulit kering berikut ini dapat menjadi informasi bermanfaat ketika masalah kulit tersebut muncul.
 

Penyebab Umum Kulit Kering

Salah satu hal penting dalam memilih cara terbaik untuk mengatasi kulit kering adalah dengan mengetahui penyebabnya. Salah satu penyebab umum dari kulit yang kering dan pecah – pecah adalah berkurangnya kelembapan kulit yang sebenarnya dimiliki oleh sel kulit secara alami. Faktor jenis kulit dan gaya hidup atau pola makan bisa sangat mempengaruhi kemunculan masalah kulit pecah – pecah.

Kulit yang memang bertipe kering bisa sangat mudah mengalami masalah di musim kemarau. Demikian pula dengan kebiasaan hidup seperti tidur larut atau kurang istirahat serta asupan makanan yang minim buah dan sayuran. Faktor cuaca berupa suhu yang tinggi pada siang hari karena matahari yang terik serta kondisi kering dan dingin pada malam hari juga dapat memicu masalah kulit kering. Lingkungan yang berdebu bisa semakin memperparah kondisi kulit kering.
 

Metode Praktis Mengatasi Masalah Kulit Kering

1. Gunakan Pelembab

Salah satu cara praktis mengatasi kulit kering adalah dengan menggunakan pelembap. Kini ada banyak produk pelembap dengan bahan alami yang minim resiko dan efek samping bagi kulit. Mengoleskan pelembab pada bagian kulit yang kering dapat memberi efek lembap yang instan; namun juga tidak dapat bertahan lama.
 

2. Gunakan Tabir Surya

Menggunakan tabir surya juga dapat menjadi alternatif untuk mencegah kulit yang sensitif terhadap sinar matahari mengalami kekeringan atau dehidrasi. Menghindari paparan sinar matahari langsung serta angin kering juga dapat mengurangi efek cuaca berdampak pada kulit yang kering. Membasuh kulit secara berkala juga dapat mencegah kulit benar – benar mengalami kekeringan.
  

Mengubah Kebiasaan Hidup

1. Perbanyak Minum Air Putih

Memasuki musim kemarau dengan kondisi kulit yang semakin mudah kering dan pecah – pecah; ada baiknya untuk merubah beberapa kebiasaan hidup. Salah satu cara mengatasi kulit keringadalah dengan menambah konsumsi air putih dan memperbanyak makan buah dan sayuran. Air menghidarkan tubuh mengalami dehidrasi; sedangkan buah dan sayur merupakan sumber vitamin, mineral serta zat antioksidan yang dapat menjaga kesehatan kulit dari berbagai masalah.
 

2. Gunakan Sabun Tanpa Sodium Lauryl Sufate

Mengganti sabun dengan sabun tanpa sodium lauryl sufate dan menggantinya dengan sabun berkandungan pelembap juga dapat menjadi langkah praktis menjaga kulit minim resiko kekeringan. Mengeringkan kulit secara benar setelah mandi juga sangat penting dalam menjaga kulit dari kekeringan. Menggunakan handuk halus dan melakupan proses menepuk kulit dengan handuk selama proses mengeringkan kulit dapat menghindarkan kulit dari iritasi dan kekeringan.
  

Melakukan Perawatan Kulit

1. Gunakan Lidah Buaya

Ada beberapa langkah perawatan kulit praktis yang dapat dijadikan pilihan mengatasi mengatasi kulit kering hingga pecah – pecah. Salah satu metode yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan pelembab alami berupa gel lidah buaya atau Aloe vera. Oleskan gel lidah buaya pada bagian kulit yang kering dan biarkan selama 15 hingga 20 menit. Kemudian bersihkan dengan cara dibilas menggunakan air hangat dan keringkan kulit secara sempurna dengan handuk lembut.
 

2. Gunakan Masker Yoghurt

Perawatan kulit lain yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan masker atau pelembab dengan bahan yoghurt yang dicampurkan dengan pisang atau alpukat dan madu. Campurkan secangkir yoghurt dengan tumbukan pisang atau alpukat sebelum menambahkan satu sendok makan madu. Oleskan campuran tersebut ke bagian kulit yang kering dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Bersihkan dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan handuk lembut untuk memastikan kulit benar – benar bersih dan kering.

 

Comments are closed.

WhatsApp Make Appointment Now