10 Cara Mengatasi Kulit Keriput di Usia Muda

Kulit keriput merupakan bagian dari proses penuaan yang terjadi seiring bertambahnya usia. Kondisi ini ditandai dengan munculnya garis halus pada wajah. Namun, bagaimana apabila kulit keriput terjadi di usia muda? Bisa jadi karena kulit Anda terlalu sering terkena sinar matahari. Ada banyak cara mengatasi kulit keriput di usia muda, salah satunya yaitu memakai sunscreen. 

Penyebab kulit keriput bisa juga karena pola makan, gaya hidup, hingga kebiasaan sehari-hari yang tampaknya sepele. Misalnya terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dan minuman beralkohol hingga kurang tidur. 

Untuk membantu menghaluskan atau menyamarkan masalah penuaan atau kulit keriput, Anda bisa melakukan beberapa treatment di klinik kecantikan atau memperbaiki gaya hidup. Sebelum itu, ketahui lebih lanjut faktor apa saja yang bisa menjadi penyebab wajah keriput di bawah ini.

Apa Penyebab Kulit Cepat Keriput?

Apa Penyebab Kulit Cepat Keriput

Kerutan pada kulit wajah disebabkan kombinasi faktor, beberapa ada yang bisa dikendalikan dan sebagian lagi tidak. Contoh penyebab yang tidak bisa dikendalikan karena faktor usia. Sementara, penyebab yang bisa dikendalikan yaitu mengubah pola dan gaya hidup jadi lebih sehat. Kalau begitu, mari kenali berbagai penyebab kulit cepat keriput berikut ini.

1. Terlalu Sering Terkena Paparan Sinar Matahari

Kulit yang terlalu sering terkena paparan sinar matahari tanpa perlindungan, bisa jadi lebih cepat mengalami penuaan. Sinar matahari dapat merangsang pembentukan radikal bebas pada kulit. Kondisi ini dapat merusak serat-serat elastin pada kulit wajah Anda. 

Dalam hal ini, kulit tidak akan mampu mempertahankan strukturnya bila serat elastin rusak. Jaringan penyokong kulit akhirnya akan melemah dan menjadi penyebab kulit kendur serta mengalami penuaan. 

2. Kebiasaan Merokok

Selain berbahaya untuk kesehatan paru-paru, bahan kimia yang terkandung dalam rokok dapat menjadi salah satu penyebab kulit cepat keriput. Berbagai kandungan zat kimia pada rokok ini dapat merusak proses alami yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kelenturan kulit Anda. 

Nikotin pada rokok dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, sehingga oksigen tidak bisa mencapai sel kulit. Selain itu, panas dan asap dari rokok yang tidak terhirup juga dapat membuat permukaan kulit menjadi kering dan rusak. 

3. Kontraksi Otot pada Wajah

Otot-otot pada wajah berkontraksi saat Anda menunjukkan ekspresi senyum, menyipitkan mata, murung, dan berbagai ekspresi lainnya. Seiring berjalannya waktu, kontraksi otot dapat menimbulkan garis halus pada wajah Anda, terutama pada bagian ujung mata dan alis. 

Setiap kali Anda menggunakan otot wajah, lekukan terbentuk di bawah permukaan kulit. Seiring bertambahnya usia, kulit Anda akan kehilangan kelenturan dan tidak dapat kembali lagi pada posisi semula dan menimbulkan kerutan di wajah. 

4. Mengonsumsi Gula Berlebih

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi gula berlebih dapat mempercepat proses penuaan kulit. Di dalam tubuh, gula mengalami proses glikasi, yaitu reaksi kimia antara gula bebas dan protein. Gula yang tinggi ini dapat merusak kolagen melalui reaksi glikasi. Jika kolagen rusak, maka kulit akan kehilangan kelenturannya.

Baca juga: Waspada Ciri Wajah Kekurangan Kolagen

5. Kurang Tidur

Kondisi kurang tidur dapat memengaruhi fungsi kekebalan tubuh yang berdampak juga pada produksi kolagen. Tubuh yang mengalami kondisi kurang tidur mengalami kesulitan dalam memperbaiki molekul kolagen yang rusak.

Kolagen yang tidak mencukupi dapat berpengaruh pada integritas kulit yang menyebabkan penuaan dini. Selain itu, kurang tidur juga dapat meningkatkan hormon kortisol penyebab stres yang dapat menjadi salah satu penyebab kulit mudah keriput di usia muda.

6. Terkena Paparan Polusi

Polutan dapat menyebabkan stres oksidatif dan menimbulkan tanda-tanda penuaan kulit, seperti kerutan dini. Dalam hal ini, polutan dapat merusak elastin dan kolagen di dalam kulit yang dapat meningkatkan risiko keriput. Beberapa partikel dari polutan dapat menembus kulit melalui folikel rambut, kemudian dapat meningkatkan kerusakan dini pada kulit.

Baca juga: 9 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Usia 40, Jadi Awet Muda!

7. Mengonsumsi Alkohol Berlebihan

Alkohol yang bersifat diuretik dapat menyebabkan kulit dehidrasi dan mengganggu aliran darah pada area kulit. Hilangnya kelembapan pada kulit akibat mengonsumsi alkohol berlebih dapat memperjelas kerutan pada permukaan kulit Anda, bahkan kulit akan tampak kendur. Jadi, hindari mengonsumsi alkohol secara berlebihan untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit Anda.

Cara Mengatasi Kulit Keriput di Usia Muda

Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Keriput di Usia Muda

Paparan sinar matahari menjadi penyebab utama kulit keriput di usia muda. Beberapa hal lain seperti kebiasaan kurang tidur juga dapat membuat kulit menua lebih cepat dari biasanya. Cara mengatasi kulit keriput di usia muda bisa dengan melakukan beberapa tips berikut ini.

1. Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Ketika beraktivitas di luar ruangan, melindungi kulit dari paparan sinar matahari sangat penting. Gunakan sunscreen SPF 30 atau lebih setiap hari pada semua kulit yang tidak tertutup dengan pakaian. Untuk perlindungan yang lebih efektif, Anda bisa mencari pakaian dengan label UPF (Ultraviolet Protection Factor).

Baca juga: Cara Reapply Sunscreen Agar Wajah Tetap Terlindungi Sepanjang Hari

2. Mengatasi Kulit Keriput di Usia Muda dengan Berhenti Merokok

Apabila Anda merokok, maka sebaiknya segera berhenti. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa beberapa kandungan bahan kimia pada rokok dapat menyebabkan kulit Anda menjadi kusam, pucat, dan memunculkan kerutan.

3. Hindari Ekspresi Wajah Berulang

Saat Anda membuat ekspresi wajah, Anda mengontraksikan otot-otot di bawah permukaan kulit. Jika kontraksi pada wajah dilakukan berulang kali selama bertahun-tahun, garis-garis halus yang muncul menjadi permanen. Jadi, sebaiknya hindari ekspresi wajah berulang untuk meminimalisir terjadinya kulit keriput di usia muda.

4. Gunakan Kacamata Hitam

Mengenakan kacamata hitam dapat membantu mengurangi garis yang disebabkan oleh gerakan menyipitkan mata akibat silau. Kerutan pada ujung mata dan alis pun bisa dicegah dan dikurangi dengan penggunaan kacamata hitam ini, terutama saat Anda beraktivitas di area pantai.

5. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Seimbang

Temuan dari beberapa peneliti menunjukkan bahwa mengonsumsi banyak buah dan sayur segar dapat membantu mencegah kerusakan yang menyebabkan penuaan kulit dini. Penelitian ini menemukan juga bahwa diet dari makanan yang banyak mengandung gula atau karbohidrat olahan dapat mengatasi penuaan di usia muda.

Baca juga: Apa Saja Pantangan Makanan untuk Wajah Berjerawat?

6. Mengonsumsi Alkohol Lebih Sedikit

Alkohol dapat membuat kulit mengalami dehidrasi apabila Anda mengonsumsinya secara berlebihan. Untuk mencegah terjadinya penuaan dini, maka sebaiknya kurangi kadar alkohol yang hendak Anda minum. Bahkan akan lebih baik jika Anda tidak mengonsumsinya sama sekali. 

7. Olahraga Rutin

Dari sebuah penelitian yang dilakukan, menemukan bahwa melakukan olahraga rutin dapat meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tubuh yang sehat dapat memproduksi kolagen dengan baik yang membuat kulit Anda tampak sehat dan lebih muda.

Baca juga: 7 Manfaat Yoga untuk Kecantikan

8. Mencuci Wajah Sebelum Tidur

Setelah beraktivitas seharian, cuci wajah Anda dengan bersih untuk menghilangkan polutan, make up, hingga zat lain yang menempel pada kulit wajah Anda. Setelah itu, keringkan wajah menggunakan handuk dengan cara ditepuk-tepuk. Hindari penggunaan handuk dengan cara digosok, karena bisa menyebabkan iritasi kulit.

9. Gunakan Pelembap

Salah satu penyebab kulit cepat keriput yaitu kondisi kulit yang kering. Kondisi ini dapat menimbulkan garis-garis halus penyebab kerutan dini pada wajah. Dalam hal ini, pelembap dapat menjaga kandungan air pada kulit yang membantu menutupi garis-garis halus tersebut. Gunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda. 

10. Memperbaiki Kebiasaan Tidur

Tidur yang cukup dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam meningkatkan sintetis kolagen dan mengurangi munculnya kerutan pada kulit. Kadar kortisol pun akan berkurang apabila Anda memperbaiki kebiasaan tidur dengan benar. Direkomendasikan memiliki waktu tidur sembilan hingga sepuluh jam untuk menjaga tubuh tetap dalam keadaan sehat.

Selain menerapkan pola hidup sehat dan menghindari berbagai kebiasaan buruk, cara mengatasi kulit keriput di usia muda bisa dilakukan dengan melakukan treatment anti wrinkle di Jakarta Aesthetic Clinic (JAC). Treatment ini akan membantu mengurangi kinerja otot yang berlebihan ketika Anda berekspresi, sehingga wajah jadi tampak lebih muda dan segar. 

Prosedur anti wrinkle di JAC dilakukan dengan cepat, aman, dan nyaman oleh dokter yang sudah tersertifikasi. Bahkan Anda dapat melakukan prosedur ini di sela-sela jam istirahat dan bisa kembali beraktivitas seperti biasanya dengan nyaman. 

Tertarik meremajakan kulit dengan prosedur anti wrinkle di JAC? Hubungi kami sekarang juga untuk mulai berkonsultasi. Rasakan kulit tampak lebih muda dengan hasil yang cepat, aman, dan nyaman!

Sumber:

  • https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/anti-aging/reduce-premature-aging-skin
  • https://www.momjunction.com/articles/teenage-wrinkles-at-young-age-causes-prevention_00709200/
  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/wrinkles/symptoms-causes/syc-20354927#:~:text=Ultraviolet%20radiation%2C%20which%20speeds%20the,layer%20of%20skin%20(dermis).
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Desember 5, 2022
Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Desember 5, 2022
Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Desember 5, 2022

Comments are closed.