Cara Mengatasi Rambut Bercabang dengan Mudah

Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Rambut bercabang adalah sebuah kondisi di mana pada ujung rambut, terbentuk percabangan dari helai rambut yang seharusnya karena perbedaan usia rambut. Rambut bercabang ini perlu segera diperbaiki karena jika didiamkan terus menerus akan membuat jumlahnya semakin banyak.

Anda tidak perlu pusing dan khawatir karena kali ini Jakarta Aesthetic Clinic akan membahas artikel mengenai cara mengatasi rambut bercabang.

Namun, sebelum itu katahui terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan rambut menjadi bercabang.

Apa Penyebab Rambut Bercabang?

Sangat mudah untuk menghilangkan ujung bercabang pada rambut dengan memotongnya, tetapi penting juga untuk mengetahui apa yang menyebabkannya.

Beberapa faktor ini dapat berkontribusi sebagai penyebab rambut bercabang, yaitu:

  • Pemrosesan kimia, seperti mewarnai rambut
  • Menggunakan alat penata rambut, seperti pengering rambut dan pelurus rambut
  • Dengan paksa menyisir atau menyisir rambut secara berlebihan
  • Paparan sinar matahari atau kondisi cuaca ekstrim
  • Salah memilih produk perawatan rambut

Rambut bercabang merupakan keluhan rambut yang umum, tetapi ada beberapa cara untuk menjaga rambut Anda tetap sehat dan mencegah terjadinya rambut bercabang. Mari kita lihat bagaimana Anda bisa melakukan ini.

7 Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rambut bercabang secara alami, yaitu:

1. Rutin Memotong Ujung Rambut

Ya, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya cara termudah untuk menghilangkan rambut bercabang adalah dengan memotognya.

Pastikanlah untuk menggunakan gunting rambut yang tajam, karena gunting tumpul hanya akan merusak dan memperparah masalah rambut Anda.

Cara mengguntingnya adalah hanya dengan memotong ujung rambut Anda yang mengalami percabangan saja. Tidak perlu memotong terlalu panjang. Sekitar 0,5 cm sampai dengan 1 cm saja. Apabila percabangan rambut Anda cukup parah dan terus berlanjut, alangkah lebih baiknya Anda untuk memotongnya secara rutin setiap 2 bulan sekali.

Apabila memilih untuk datang ke klinik perawatan rambut untuk memastikan kesehatan rambut, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu agar mereka dapat membantu Anda memberikan treatment yang tepat.

Baca juga: 10 Cara Membuat Rambut Cepat Panjang Secara Alami dan Mudah

2. Menggunakan Masker Rambut Pepaya Alami

Nah,  bagi Anda yang ingin mengatasi masalah rambut bercabang, Anda dapat menggunakan pepaya. Pepaya ini memiliki kandungan vitamin serta nutrisi yang berfungsi untuk mengurangi rambut bercabang.

Bagi Anda yang penasaran bagaimana cara pengaplikasian masker papaya untuk rambut bercabang. Yuk simak langkah – langkah di bawah ini:

  • Ambil pepaya yang telah berbentuk masker dan dapat pula Anda tambahkan yogurt. Namun, hal ini opsional sesuai dengan selera Anda saja. Kemudian aduklah dengan rata hingga keduanya menyampur.
  • Mulailah untuk mengoleskan masker tersebut pada seluruh rambut Anda dan diamkan dengan rentang waktu kira–kira selama 30 menit.
  • Gunakanlah air hangat untuk membilas masker Anda sehingga dapat dipastikan tidak ada sisa–sisa masker yang tersisa.

3. Menggunakan Minyak Kemiri

Minyak kemiri adalah minyak yang muncul dari sari – sari kemiri hasil dari penyangraian  kemiri. Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan minyak kemiri:

  • Siapkan kemiri yang telah di sangrai dan tumbuk hingga menjadi bubuk dan mengeluarkan minyak kemiri.
  • Kemudian, gunakan minyak tersebut untu mengolesi rambut Anda terutama pada bagian ujung rambut yang bercabang.
  • Gunakan selama sekitar 60 menit (1jam) dan bilas dengan air bersih hingga bersih.
  • Lakukan hal ini secara teratur untuk hasil yang maksimal.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut?

4. Menggunakan Masker Madu

Nah, yang selanjutnya adalah menggunakan masker madu. Mengapa? Karena masker madu mengandung banyak mineral yang sangat baik untuk mengatasi rambut bercabang.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa madu yang dapat digunakan merupakan madu murni tanpa campuran bahan lain. namun, Anda juga dapat menambahkan dengan bahan lain seperti yoghurt, jeruk nipis, dan lain–lain.

Setelah Anda campurkan bahan–bahan tersebut, oleskanlah pada sekitar rambut Anda terutama rambut yang memiliki masalah bercabang  secara merata. Diamkan selama kira – kira 15 menit dan bilaslah sampai bersih dengan air hangat.

5. Menggunakan Teh Chanomile

Mungkin terdengar asing, namun teh yang berasal dari eropa ini merupakan teh herbal yang terbuat dari kelopak bunga chamomile. Memiliki aroma yang menenangkan membuat teh ini sering dikonsumsi banyak orang untuk mengatasi kecemasan, relaksasi, bahkan menenangkan pencernaan.

Selain itu, teh yang kaya manfaat ini sangat efektif yang memberikan keajaiban pada rambut lho. Kandungan antiseptiknya dapat membantu menjaga kelembapan rambut, sehingga mengatasi keriting dan mencegah ujung bercabang.

Menariknya, teh ini juga membantu menjaga rambut dan kulit kepala bersih dari kotoran yang mungkin menumpuk dan menyebabkan masalah.

Cara mengaplikasikan chamomile untuk mengatasi rambut bercabang pun terbilang mudah.

  • Seduh dua kantong teh chamomile dengan air panas
  • Biarkan dingin dan gunakan airnya untuk membilas rambut

Cara lain untuk menggunakan adalah dengan memijat rambut Anda dengan minyak chamomile.

Baca juga: Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang yang Susah Diatur

6. Menggunakan Kuning Telur

Nah, ternyata kuning telur juga memiliki andil dalam mengatasi masalah rambut bercabang. Hal tersebut dikarenakan kuning telur memiliki kandungan protein yang mampu menghilangkan percabangan pada rambut Anda.

Untuk hasil lebih baik, Anda dapat menambahkan minyak zaitun sebanyak 2 sendok makan. Oleskan campuran masker kuning telur dan minyak zaitun tersebut ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala Anda. utamakan untuk mengolesi lebih banyak masker pada bagian yang bercabang. Diamkan selama beberapa menit hingga mengering. Kemudian bilaslah dengan air hangat sampai bersih.

7. Menggunakan Lidah Buaya

Perawatan rambut yang terakhir untuk mengatasi rambut bercabang adalah dengan menggunakan lidah buaya.

Lidah buaya memang sangat kaya manfaat karena dapat digunakan pada kulit, bibir, untuk peradangan, kulit terbakar, dan rambut yang pada dasarnya untuk setiap masalah kecantikan.

Dalam hal kecantikan dan kesehatan rambut, lidah buaya merupakan obat yang sangat baik untuk ujung rambut bercabang. Hal ini karena adanya enzim proteolitik yang membantu membersihkan sel-sel mati dari kulit kepala. Sehingga membantu rambut terhidrasi dan tumbuh lebih baik. Selain itu, bahan alami ini juga bersifat antibakteri dan anti-inflamasi, yang membuat kulit kepala tetap tenang.

Berikut ini cara yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan lidah buaya:

  • Siapkan 3 daun lidah buaya untuk mendapatkan ekstrak gelnya
  • Oleskan pada rambut dan kulit kepala Anda
  • Diamkan selama 40 menit
  • Bilas hingga bersih menggunakan air mengalir

Baca Juga: Cara Mengatasi Rambut Rontok Hampir Botak dengan Cara Alami & Cepat

Kesimpulan

Nah, itu dia beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rambut bercabang dengan mudah. Namun apabila Anda ingin mengatasi rambut bercabang ataupun permasalahan rambut lainnya, Anda bisa mencoba perawatan rambut dari Jakarta Aesthetic Clinic yang juga merupakan klinik perawatan rambut. Anda dapat berkonsultasi kepada kami terlebih dahulu mengenai masalah rambut yang Anda miliki agar kami dapat memerikan solusi terbaik bagi Anda. Gratis!

Semoga artikel dapat bermanfaat untuk Anda semua yang sedang memiliki masalah rambut bercabang. Selamat mencoba!

Sumber:

  • https://www.bebeautiful.in/all-things-hair/hair-treatments/split-ends-remedies
  • https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-split-ends
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Desember 5, 2022
Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Desember 5, 2022
Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Desember 5, 2022

Comments are closed.