Begini Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang

cara mengatasi rambut kering dan mengembang

 

Apakah Anda memiliki rambut yang kering dan mengembang? Jenis rambut seperti ini akan cenderung terasa kasar saat disentuh dan susah untuk diatur karena mengembang. Hal ini tentu akan sangat menyulitkan Anda. Terlebih bagi Anda para wanita yang diharuskan untuk selalu memiliki penampilan prima. Tentu tidak mungkin jika terus bergantung pada hairspray.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Anda bisa menjalani beberapa perawatan, baik itu yang alami maupun dengan produk kimia. Berikut ini beberapa cara mengatasi kering dan mengembang yang bisa Anda coba:

 

1. Gunakan minyak esensial

Cara mengatasi rambut kering dan mengembang yang pertama adalah dengan menggunakan minyak esensial. Ada beberapa jenis minyak esensial yang memang cocok untuk dipakai di rambut, seperti minyak zaitun, minyak chamomile, minyak kelapa, dan minyak jojoba, Dengan pemakaian yang tepat, minyak tersebut bisa membuat rambut Anda terasa lebih lembut.

Minyak zaitun misalnya, bisa digunakan sebagai masker rambut. Oleskan minyak zaitun hingga pangkal rambut, diamkan selama kurang lebih 30 menit kemudian bilas hingga bersih. Minyak zaitun memiliki kandungan yang mampu menghaluskan folikel luar rambut sehingga rambut pun tampak lebih halus dan tidak lagi mengembang.

 

2. Selalu pilih shampo yang sesuai

Dalam merawat rambut, Anda tentu tidak bisa lepas dari keramas atau mencuci rambut. Keramas akan menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala Anda. Namun sayangnya keramas juga bisa menyebabkan rambut terasa lebih kering karena minyak alami yang dihasilkan oleh kulit kepala ikut terangkat bersama busa shampo.

Agar terhindar dari rambut yang semakin kering dan mengembang, pilihlah shampo yang memang sesuai untuk jenis rambut Anda. Pilih shampo yang memiliki kandungan pembersih (deterjen) rendah. Anda juga sebaiknya menghindari kandungan alkohol pada shampo. Ini karena alkohol dapat membuat kulit kepala menjadi semakin kering.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan kondisioner setelah mencuci rambut. Produk kondisioner mampu membantu menjaga kelembapan folikel rambut Anda.

 

3. Hindari terlalu sering mencuci rambut

Anda juga sebaiknya tidak terlalu sering mencuci rambut. Anda cukup mencuci rambut sebanyak 2 hari sekali. Jika rambut tidak terlalu lepek atau gatal, tidak perlu berkeramas. Ini karena kandungan kimia dalam sampo dan air bisa mengangkat minyak alami yang diproduksi kulit kepala Anda. Terlalu sering berkeramas hanya akan membuat rambut Anda terasa semakin kering dan mengembang.

 

4. Nutrisi rambut dari dalam

Cara mengatasi rambut kering dan mengembang juga bisa dilakukan dengan menutrisi rambut dari dalam. Apabila rambut mendapatkan nutrisi yang cukup maka akar rambut menjadi kuat dan folikel rambut pun terjaga kelembapannya. Kulit kepala pun bisa memproduksi minyak alami sehingga rambut tidak lagi kering dan mengembang,

Ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk merawat rambut. Salah satunya adalah ikan salmon. Daging ikan salmon kaya akan omega 3 sehingga mampu membuat rambut terlihat lebih bercahaya. Anda juga bisa rutin mengonsumsi sayur bayam yang memiliki kandungan untuk memperbaiki rambut rapuh.

Apabila Anda juga mengalami kerontokan rambut akibat rambut kering dan mengembang, Growth Factors dar Jakarta Aesthetic Clinic (JAC) mampu memberikan solusi. Dengan metode peremajaan kulit kepala, siklus pertumbuhan rambut menjadi normal dan folikel rambut pun lebih sehat. Semuanya bisa didapat dengan pemberian nutrisi rambut melalui perawatan inovatif dan praktis dari JAC.

Comments are closed.

WhatsApp Make Appointment Now