Cara Mengatasi Rambut Kering Yang Susah Diatur

mengatasi rambut kering

Apa cara mengatasi rambut kering yang benar? Rambut kering selalu menurunkan kepercayaan diri karena cepat mengembang, kusam, dan sangat susah dirapikan. Harus dicarikan solusi yang tepat dengan mulai mencari penyebabnya. Pertumbuhan rambut setiap bulan bisa menyebabkan masalah yang lebih kompleks pada tipe yang kering.

Pasalnya, rata-rata rambut setiap bulan cuma tumbuh tak lebih dari 4 centimeter. Sementara kondisi rambut yang kering malah menimbulkan gangguan kepercayaan diri karena mudah mengembang dan berantakan.

Apa sih yang menyebabkan rambut kering?

Penyebab Rambut Kering

Rambut yang normal dan sehat seharusnya punya tingkat kelembaban tertentu. Disebabkan oleh produksi kelenjar yang menjaga kelembaban sehingga tak cepat kering. Faktor usia biasanya berpengaruh pada kelembaban rambut karena produksi kelenjar minyak menurun drastis.

Terus bagaimana dengan mereka yang masih tergolong usia muda namun punya rambut kering? Ada beberapa alasan lain yang bisa memicu berkurangnya produksi kelenjar minyak. Kebiasaan mencuci rambut atau keramas berlebihan dapat menyebabkan rambut kering. Pemakaian jenis shampo yang berbahan kimia atau terlalu keras juga bisa memicu kekeringan rambut.

Kebiasaan beraktivitas di luar ruangan dan tersengat panas matahari langsung juga merupakan salah satu penyebabnya. Tanpa sadar, selain menjadi kering, rambut lama kelamaan rontok. Beberapa kebiasaan lain yang salah dalam merawat rambut juga jadi penyebab persoalan seperti mewarnai rambut, meluruskan, mengeriting, dan sebagainya.

Cara Mengatasi Rambut Kering

Nah, cara mengatasi rambut kering dan mengembang bisa ditempuh melalui beberapa metode. Anda bisa memilih pemakaian bahan-bahan tertentu seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak jojoba, serta beberapa metode perawatan alami yang benar.

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rambut kering:

1. Perawatan dengan Minyak Zaitun

Gunakan minyak zaitun sebagai bahan utama untuk perawatan rambut kering. Caranya, cukup mengoleskan secara teratur setiap habis mandi atau keramas. Minyak zaitun punya khasiat melembutkan sekaligus memperkuat akar dan batang rambut . Bahkan efek alami dari pemakaian minyak ini bisa membuat rambut berkilau alami nampak segar.

2. Perawatan dengan Minyak Kelapa dan Chamomile

Minyak kelapa dan minyak chamomile punya khasiat melembutkan dan menyehatkan rambut. Anda bisa mencampurkan kedua jenis minyak ini sebagai bahan untuk dioleskan dari pangkal hingga ujung rambut sebelum keramas. Metode perawatan ini dilakukan sekitar setengah jam sama.

3. Perawatan dengan Minyak Jojoba

Penggunaan minyak ini diterapkan dengan mencampurkan bersama kondisioner yang sering dipakai. Olesekan beberapa tetesan saja setelah itu keringkan. Minyak ini berkhasiat memperbaiki rambut kusam dan kering sehingga jadi lebih berkilau.

4. Sari Apel

Tak hanya bermanfaat untuk perawatan wajah, ternyata cuka apel ini juga memiliki fungsi untuk melembutkan dan membuat rambut Anda semakin halus. Anda hanya memerlukan sekitar setengah cangkir  cuka apel yang dapat ditambah minyak gandum serta 2 cangkir air putih biasa. Kemudian olesilah rambut Anda dengan campuran cuka apel tersebut dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu, gunakanlah kondisioner kembali untuk menghindari bau cuka apel yang menyengat.

 

5. Menggunakan Air Hasil Perasan Jeruk Nipis

Selain mudah didapatkan. Penggunaan jeruk nipis juga cukup mudah untuk perawatan rambut kering. Anda hanya cukup memeras jeruk nipis tersebut hingga menghasilkan air perasan kemudian Anda hanya tinggal mengoleskan air perasan tersebut ke sepanjang rambut Anda. untuk hasil yang maksimal, diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air hangat.

 

6. Menggunakan Mayonnaise

Tak hanya digunakan dalam bidang kuliner, mayonnaise nyatanya dapat digunakan untuk perawatan rambut Anda yang kering. Hal itu dikarenakan mayonnaise mengandung asam lemak yang berfungsi untuk membuat rambut menjadi lebih lembut. Anda dapat mengoleskan sekitar 1 sendok makan mayonnaise ke rambut Anda setelah keramas. Namun, jangan lupa untuk mengeringkan rambut Anda terlebih dahulu agar asam lemak tersebut dapat meresap lebih baik pada rambut Anda. tutuplah rambut Anda dengan shower cup selama kurang lebih 20 menit kemudian keramaslah kembali dengan shampoo. Disarankan untuk menggunakan shampoo berbahan herbal atau shampoo produk untuk bayi.

 

7. Menggunakan Gel Lidah Buaya ( Aloe vera )

Nah, seperti yang kita ketahui, aloevera memiliki berbagai macam khasiat untuk tubuh kita. Salah satunya adalah untuk merawat rambut kering. Cara penggunaannya sama dengan beberapa bahan sebelumnya, yaitu dengan cara mengolesnya sepanjang rambut Anda dan membilasnya dengan bersih. Disarankan untuk teratur dalam melakukan perawatan menggunakan gel lidah buaya ini, karena dengan penggunaan secara teratur, proses perbaikan rambut kering Anda akan semakin cepat.

 

8. Tidak Menggunakan Hair Dryer Untuk Mengeringkan Rambut

Memang tampak merepotkan apabila Anda tidak mengeringkan rambut dengan hair dryer. Namun, perlu disadari, penggunaan hair dryer cukup mengakibatkan rambut Anda kering dan akan semakin kering apabila Anda sering menggunakan hair dryer. Agar tetap aman, Anda dapat mengeringkan rambut Anda dengan mendiamkannya saja atau mengarahkan kipas angin ke arah rambut Anda. gunakan vitamin rambut yang cocok dengan Anda setiap kali Anda selesai mengeringkan rambut.

 

9. Tidak Menggosok – Gosokan Rambut Anda

Nah, meskipun terlihat sepele, nyatanya menggosok – gosokkan rambut juga menyebabkan rambut Anda semakin rusak. Rambut akan mengalami gesekan seccara terus menerus sehingga tidak menutupi kemungkinan rambut Anda akan semakin kering.

 

10. Mengonsumsi Makanan dengan Kandungan Vitamin B

Nah, untuk dapat merawat rambut kering dari dalam tubuh, Anda dapat mengonsumsi segala macam makanan yang mengandung vitamin B. Sebab, dengan mengonsumsi vitamin B, rambut Anda akan semakin kuat dan juga menghindarkan rambut Anda dari masalah rambut kering. Beberapa contoh makanan yang mengandung vitamin B antara lain telur, pisang, dan berbagai macam kacang – kacangan.

 

11. Memotong Rambut

Biasanya wanita akan enggan jika harus memotong rambut. Maksudnya bukan memotong rambut dengan membabatnya. Memotong rambut berarti menggunting bagian-bagian ujung rambut yang bercabang, sudah kering, dan rusak serta sekaligus menerapkan cara merawat rambut kering.

Kapan waktu yang disarankan untuk memotong rambut ini? Disarankan memotongnya setiap enam atau delapan bulan sekali. Nah, waktu yang cukup lama bukan? Toh, dalam jangka waktu itu rambut tentu sudah cukup panjang.

12. Kenali Tipe Rambut Anda

Rambut yang kering merupakan tipe yang agak kompleks perawatannya. Jika tidak hati-hati dan cermat malah dapat menimbulkan kerusakan. Oleh karena itu, pakai produk shampo yang tepat. Jangan asal tergiur penawaran iklan shampo namun tak mencermati untuk tipe rambut apa produk itu ditawarkan.

Disarankan pula untuk selalu menggunakan kondisioner selama keramas. Kondisioner bermanfaat besar bagi produksi kelenjar minyak secara alami. Kebiasaan keramas pun jangan terlalu sering dilakukan. Idealnya adalah keramas seminggu dua kali.

Jika sering beraktivitas di luar ruangan, biasakan menggunakan pelindung kepala.Tapi jangan terlalu lama karena bisa dapat menyebabkan rambut gerah dan merangsang pertumbuhan ketombe. Solusinya adalah menggunakan penutup kepala yang adem serta biasakan untuk melepaskan saat tidak tersengat sinar terik matahari.

Terakhir, perhatikan jenis dan pola makanan yang dikonsumsi serta rajinlah melakukan perawatan rambut Anda. Jenis-jenis makanan yang dianjurkan adalah sayur bayam, jambu biji, dan ikan salmon. Demikianlah beberapa cara mengatasi rambut kering.

Comments are closed.

WhatsApp Make Appointment Now