Cara Mengatasi Rambut Kering

mengatasi rambut kering
 
Apa cara mengatasi rambut kering yang benar? Rambut kering selalu menurunkan kepercayaan diri karena cepat mengembang, kusam, dan sangat susah dirapikan. Harus dicarikan solusi yang tepat dengan mulai mencari penyebabnya. Pertumbuhan rambut setiap bulan bisa menyebabkan masalah yang lebih kompleks pada tipe yang kering.

Pasalnya, rata-rata rambut setiap bulan cuma tumbuh tak lebih dari 4 centimeter. Sementara kondisi rambut yang kering malah menimbulkan gangguan kepercayaan diri karena mudah mengembang dan berantakan.

Apa sih yang menyebabkan rambut kering?
 

Penyebab Rambut Kering

Rambut yang normal dan sehat seharusnya punya tingkat kelembaban tertentu. Disebabkan oleh produksi kelenjar yang menjaga kelembaban sehingga tak cepat kering. Faktor usia biasanya berpengaruh pada kelembaban rambut karena produksi kelenjar minyak menurun drastis.

Terus bagaimana dengan mereka yang masih tergolong usia muda namun punya rambut kering? Ada beberapa alasan lain yang bisa memicu berkurangnya produksi kelenjar minyak. Kebiasaan mencuci rambut atau keramas berlebihan dapat menyebabkan rambut kering. Pemakaian jenis shampo yang berbahan kimia atau terlalu keras juga bisa memicu kekeringan rambut.

Kebiasaan beraktivitas di luar ruangan dan tersengat panas matahari langsung juga merupakan salah satu penyebabnya. Tanpa sadar, selain menjadi kering, rambut lama kelamaan rontok. Beberapa kebiasaan lain yang salah dalam merawat rambut juga jadi penyebab persoalan seperti mewarnai rambut, meluruskan, mengeriting, dan sebagainya.
 

Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang

Nah, cara mengatasi rambut kering dan mengembang bisa ditempuh melalui beberapa metode. Anda bisa memilih pemakaian bahan-bahan tertentu seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak jojoba, serta beberapa metode perawatan alami yang benar.
 

1. Perawatan dengan Minyak Zaitun

Gunakan minyak zaitun sebagai bahan utama untuk perawatan rambut kering. Caranya, cukup mengoleskan secara teratur setiap habis mandi atau keramas. Minyak zaitun punya khasiat melembutkan sekaligus memperkuat akar dan batang rambut . Bahkan efek alami dari pemakaian minyak ini bisa membuat rambut berkilau alami nampak segar.
 

2. Perawatan dengan Minyak Kelapa dan Chamomile

Minyak kelapa dan minyak chamomile punya khasiat melembutkan dan menyehatkan rambut. Anda bisa mencampurkan kedua jenis minyak ini sebagai bahan untuk dioleskan dari pangkal hingga ujung rambut sebelum keramas. Metode perawatan ini dilakukan sekitar setengah jam sama.
 

3. Perawatan dengan Minyak Jojoba

Penggunaan minyak ini diterapkan dengan mencampurkan bersama kondisioner yang sering dipakai. Olesekan beberapa tetesan saja setelah itu keringkan. Minyak ini berkhasiat memperbaiki rambut kusam dan kering sehingga jadi lebih berkilau.
 

4. Kenali Tipe Rambut Anda

Rambut yang kering merupakan tipe yang agak kompleks perawatannya. Jika tidak hati-hati dan cermat malah dapat menimbulkan kerusakan. Oleh karena itu, pakai produk shampo yang tepat. Jangan asal tergiur penawaran iklan shampo namun tak mencermati untuk tipe rambut apa produk itu ditawarkan.

Disarankan pula untuk selalu menggunakan kondisioner selama keramas. Kondisioner bermanfaat besar bagi produksi kelenjar minyak secara alami. Kebiasaan keramas pun jangan terlalu sering dilakukan. Idealnya adalah keramas seminggu dua kali.

Jika sering beraktivitas di luar ruangan, biasakan menggunakan pelindung kepala.Tapi jangan terlalu lama karena bisa dapat menyebabkan rambut gerah dan merangsang pertumbuhan ketombe. Solusinya adalah menggunakan penutup kepala yang adem serta biasakan untuk melepaskan saat tidak tersengat sinar terik matahari.

Terakhir, perhatikan jenis dan pola makanan yang dikonsumsi serta rajinlah melakukan perawatan rambutAnda. Jenis-jenis makanan yang dianjurkan adalah sayur bayam, jambu biji, dan ikan salmon. Demikianlah beberapa cara mengatasi rambut kering.

 

 

Comments are closed.

WhatsApp chat