5 Cara Mengatasi Rambut Kusut Menggumpal untuk Wanita Berhijab

Cara Mengatasi Rambut Kusut Menggumpal

Rambut sering kusut dan menggumpal? Penyebab dari hal ini adalah karena rambut Anda yang mulai kehilangan kelembapannya. Kelembapan rambut bisa menghilang karena kutikula sebagai lapisan terluar batang rambut mengalami kerusakan. Kutikula yang rusak diakibatkan oleh banyak faktor, seperti produk perawatan rambut yang tidak tepat, terlalu sering menggunakan alat pengering atau alat penata rambut yang panas, dan lain sebagainya. Hal ini tidak dapat dibiarkan begitu saja, Anda perlu mengetahui cara mengatasi rambut kusut menggumpal, termasuk untuk wanita berhijab. 

Cara Mengatasi Rambut Kusut Menggumpal

Rambut yang kering sangat mudah untuk kusut. Apalagi jika Anda malas melakukan perawatan untuk rambut. Kemungkinan besar kutikula pada rambut sudah dalam keadaan yang terbuka dan rusak. Pada dasarnya kutikula tidak hanya berguna untuk menjaga kelembapan, tetapi juga mencegah debu atau kotoran masuk ke dalam rambut. 

Tentu Anda tahu akibatnya jika ada kotoran yang masuk ke dalam rambut, bukan? Kalau hal ini sudah terjadi, Anda belum terlambat untuk memberikan perawatan yang seharusnya dilakukan. Beberapa cara di bawah ini bisa membantu Anda mengatasi rambut kusut yang menggumpal.

Baca juga: Begini Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang

1. Membilas Rambut dengan Air Dingin

Menggunakan suhu air yang hangat tentu saja baik untuk melindungi rambut dan kulit kepala. Suhu air hangat sejatinya dapat mencegah rambut menjadi kering dan kusut. Namun Anda perlu membilasnya dengan air dingin sebagai penutup dari keseluruhan proses keramas. Membilas rambut dengan air dingin berguna untuk mengunci kutikula rambut yang terbuka karena air hangat. 

Perlu diingat bahwa rambut yang terkena air panas justru bisa menjadi rusak. Jadi, pastikan bahwa suhu air yang digunakan untuk keramas tidak terlalu panas. Selain itu, untuk menjaga kelembapan rambut, keramas 2-3 kali seminggu adalah interval yang tepat. Keramas terlalu sering atau setiap hari justru dapat membuat rambut Anda kering.

2. Menggunakan Produk Rambut yang Tepat

Sebelum Anda membeli shampoo, pastikan Anda telah melihat kegunaannya. Ini karena ada jenis shampoo yang bisa membuat rambut semakin kering. Perhatikan beberapa kata kunci pada produk shampoo yang akan membantu melembapkan rambut, seperti:

  • Melembapkan atau Moisturizing
  • Moisture control 
  • Frizz Control 
  • Conditioner shampoo

Menggunakan shampoo dengan kata kunci di atas akan membantu menjaga kelembapan dan melepaskan rambut yang menggumpal. Selain itu melepaskan rambut yang kusut dan menggumpal akan jauh lebih mudah saat rambut dalam keadaan basah ketimbang rambut dalam keadaan kering. Oleh karena itu menggunakan produk rambut yang tepat adalah langkah pertama untuk membuat rambut Anda tidak lagi kusut. 

Baca juga: 9 Perawatan Rambut Alami Agar Sehat

3. Menggunakan Masker Rambut 

Perawatan tubuh kita tidak hanya pada wajah dan area permukaan kulit lain. Perawatan untuk rambut juga penting dilakukan. Anda bisa melakukan perawatan dan memberikan nutrisi pada rambut dengan menggunakan masker rambut atau hair mask. Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menutrisi rambut.

a. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mengandung asam alfa hidroksi yang sedikit asam. Mengoleskan campuran cuka sari apel bisa membantu mengembalikan keseimbangan pH rambut supaya kutikula tertutup. Untuk menggunakannya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini. 

  • Campur ⅓ cangkir atau 236 ml cuka sari apel organik dengan 1 liter air hangat. 
  • Bilas seluruh rambut Anda dengan campuran ini.
  • Diamkan campuran di rambut Anda selama 1-3 menit. 
  • Bilas kembali rambut dengan air dingin.
  • Keringkan rambut dengan baik, hingga seluruh rambut kering dengan sempurna. 

Anda bisa menggunakan masker rambut ini 1-2 kali dalam seminggu. 

b. Alpukat

Alpukat sudah dikenal dengan banyaknya nutrisi baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Namun tidak hanya untuk tubuh, Alpukat juga berguna untuk memperkuat rambut dan mengatasi rambut kusut menggumpal dengan kandungan vitamin A dan E. Langkah-langkah menggunakannya adalah sebagai berikut. 

  • Hancurkan alpukat dengan sendok. 
  • Tambahkan kira-kira 2-4 sdm minyak kelapa (coconut oil) ke dalam alpukat yang sudah dihancurkan. Penambahan minyak kelapa sudah cukup, apabila Anda melihat bahwa campuran alpukat dengan minyak kelapa menjadi halus seperti produk masker lainnya. Pastikan bahwa campuran minyak kelapa tidak membuat masker terlalu cair.
  • Oleskan campuran ke seluruh kulit kepala dan rambut. 
  • Tutup rambut menggunakan shower hair cap atau handuk dan biarkan selama 20-30 menit.
  • Bersihkan seluruh rambut dan kulit kepala dari campuran alpukat dengan sampo.

Anda bisa menggunakan masker rambut ini 1-2 kali dalam seminggu.

Baca juga: Cara Mengatasi Rambut Bercabang dengan Mudah

4. Menyisir dengan Sisir Bergigi Lebar

Untuk melepaskan gumpalan rambut yang kering, hindari penggunaan sisir rambut yang rapat. Menggunakan sisir yang rapat justru akan membuat rambut semakin kusut bahkan menggumpal dari sebelumnya. 

Sisir rambut yang lebar memiliki banyak ruang agar rambut dapat melewati setiap gerigi sisir dan dapat mencegah kerusakan rambut. Selain itu penting untuk mencuci sisir yang digunakan setidaknya satu kali setiap beberapa minggu untuk membersihkan kotoran yang bisa masuk ke rambut.

5. Mengeringkan Rambut dengan Benar

Menghindari mengeringkan rambut dengan handuk biasa dan alat pengering yang terlalu panas. Anda bisa menggunakan handuk rambut dengan bahan microfiber yang memiliki serat lebih halus agar gesekan dan sangkutan pada rambut berkurang. Dalam memilih pengering rambut, ada baiknya untuk membeli pengering dengan teknologi ionik (ionic technology). Teknologi ionik menggunakan magnet yang akan menarik air untuk keluar dari rambut dan berfungsi menutup kutikula.

Rawatlah Rambut dan Kulit Kepala Anda bersama JAC

Semoga cara-cara mengatasi rambut kusut menggumpal di atas bisa membantu Anda merawat rambut dan kulit kepala, sehingga bisa kembali dalam keadaan yang sehat. Tidak hanya untuk Anda yang menggunakan hijab, cara-cara di atas bisa digunakan untuk semua kalangan. Cara tersebut juga bisa dilakukan sebagai langkah mencegah rambut yang kering. Merawat rambut tidak perlu menunggu hingga rambut dalam keadaan rusak terlebih dahulu, bukan? 

Oleh karena itu Anda perlu memperhatikan dan merawat rambut serta kulit kepala dengan baik. Apabila tertarik merawat rambut Anda lebih lagi, Jakarta Aesthetic Clinic menyediakan solusi yang tepat. Terdapat prosedur Hair Rejuvenation yang dapat membantu pertumbuhan rambut Anda menjadi lebih sehat dan tebal, serta untuk menghindari kebotakan dan penipisan rambut. Klik di sini untuk membuat appointment dengan tim kami. 

Sumber:

  • https://www.johnfrieda.com/en-us/blog/frizzy-hair/how-to-get-rid-of-frizzy-hair/
  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/frizzy-hair-home-remedies#apple-cider-vinegar
  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-repair-damaged-hair
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

Mei 31, 2022
Macam-Macam Bentuk Hidung di Dunia, termasuk Bentuk Hidung Orang Indonesia

Macam-Macam Bentuk Hidung di Dunia, termasuk Bentuk Hidung Orang Indonesia

Mei 31, 2022
Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

Mei 30, 2022

Comments are closed.