Cara Mengecilkan Hidung yang Besar, Lebar, dan Pesek Tanpa Operasi

Hidung kecil nan mancung kini bisa didapatkan tanpa harus menjalani operasi. Cara mengecilkan hidung yang besar, lebar, dan pesek dapat dilakukan dengan langkah alami. Langkah ini lebih praktis bagi Anda yang ingin tampil percaya diri saat mengikuti acara dalam waktu dekat. Selain praktis, cara alami yang diuraikan dalam artikel Jakarta Aesthetic Clinic ini lebih minim risiko, jadi sangat aman dipraktikkan.

5 Cara Mengecilkan Hidung yang Besar, Lebar, dan Pesek dengan Mudah

Operasi hidung (rhinoplasty surgery) dianggap sebagai jalan tunggal menuju bentuk hidung impian. Proporsi, bentuk, dan ukuran hidung diubah sedemikian rupa lewat prosedur ini. Tidak hanya untuk estetika, rhinoplasty surgery bertujuan untuk menunjang kesehatan saluran pernapasan manusia.

Hanya saja, rhinoplasty surgery membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pemulihannya. Belum lagi, ada beberapa pantangan yang harus dilakukan pasca operasi hidung. Bagi beberapa orang yang ingin praktis, mereka pasti akan mencari cara lain mengecilkan hidung tanpa harus melakukan operasi.

Cara Mengecilkan Hidung yang Besar Lebar dan Pesek dengan Mudah

Jika tidak ingin melakukan operasi, masih ada berbagai cara lain untuk mendapatkan hidung kecil. Apapun cara yang dipilih, pastikan bahwa langkah tersebut tidak membahayakan tubuh Anda. Hidung merupakan bagian saluran pernapasan yang penting, jadi Anda harus memilih prosedur yang tepat untuk perawatannya.

Baca juga: Cara Membuat Hidung Mancung Secara Alami

JAC memiliki berbagai rekomendasi langkah untuk mengecilkan hidung besar, lebar, dan pesek yang bisa Anda lakukan. Apa saja?

1. Contouring Hidung

Contouring merupakan teknik makeup untuk menghasilkan wajah lebih tirus dan kecil. Langkah ini lebih mudah dan cepat dilakukan, apalagi saat Anda hendak menghadiri suatu acara dalam waktu dekat. Jika tidak memiliki contour stick, Anda bisa menggunakan eyeshadow warna cokelat atau bronzer sebagai alternatifnya.

Tutorial contouring hidung bisa didapatkan dan dipelajari dengan mudah. Teknik contouring hidung berbeda antara satu tutorial dan tutorial lainnya. Namun, Anda bisa mengikuti langkah dasar contouring di bawah ini:

  • Buatlah garis outline di kedua sisi hidung menggunakan contour stick.
  • Aplikasikan highlighter di bagian atas hidung agar terlihat lebih mancung.
  • Gunakan beauty blender dan ratakan semua garis contouring yang sudah dibuat. Samarkan garis-garisnya dengan mengaplikasikan bedak sesuai shades wajah di area hidung.

2. Prosedur Rhinoplasty tanpa Operasi

Rhinoplasty merupakan cara mengecilkan hidung yang besar lebar dan pesek selanjutnya. Prosedur ini disebut pula dermal filler dan membutuhkan waktu lebih singkat, yakni 15 menit.

Filler yang digunakan mengandung hyaluronic acid atau kalsium hidroksiapatit. Cairan filler berbentuk gel disuntikkan ke area hidung untuk mengubah bentuknya.

Dermal filler membuat hidung terlihat lebih tipis dan mancung. Banyak sekali keuntungan prosedur ini dibandingkan operasi hidung, yakni Anda tidak perlu anestesi sebelumnya. Waktu pemulihannya juga cukup cepat dan tidak ada efek samping seperti hidung bengkak. Kekurangannya, prosedur ini hanya bertahan sampai enam bulan.

Baca juga: Cara Mengencangkan Kulit Hidung Dengan Alami dan Aman

3. Latihan Pernapasan

Langkah ketiga ini tidak hanya berguna untuk relaksasi, tapi membentuk hidung lebih mancung pula. Lakukan dengan posisi duduk sehingga proses pernapasan lebih dalam. Tutup satu sisi lubang hidung dan bernapaslah lewat lubang hidung yang lain selama delapan detik, kemudian ganti posisi pernapasannya.

Letakkan jari telunjuk dan tengah di antara kedua mata Anda agar bagian tengah hidung ikut berkontraksi. Ulangi gerakan ini selama 5 menit agar hidung semakin kuat dan terbentuk.

4. Lebih Banyak Tersenyum

Bagaimana tersenyum bisa membuat hidung lebih kecil? Cobalah tersenyum dan angkat hidung Anda ke atas. Otot di sekitar hidung akan berkontraksi dan meregang saat Anda tersenyum.

Gerakan ini akan mendorong otot ke bawah sehingga tampilan hidung semakin lurus. Setelah tersenyum, lakukan proses pernapasan sedalam mungkin. Batang hidung Anda lebih terbentuk dan bagian cuping hidung mulai meregang. Setelah muncul perasaan regang, pijat bagian hidung dengan jari agar ototnya tidak terlalu besar.

5. Pijat Hidung

Cara mengecilkan hidung yang besar, lebar, dan pesek terakhir adalah dengan memijat hidung. Metode pijat yang berbeda akan menghasilkan bentuk hidung yang berbeda pula.

Untuk hidung lebih kecil, Anda bisa menggunakan dua jari di setiap tangan. Mulailah dari ujung hidung paling atas, kemudian menurun hingga mencapai bagian cuping. Lakukan dengan gerakan searah jarum jam di satu jari dan jari lainnya bergerak berlawanan arah jarum jam.

Jika ingin hidung lebih mancung, mulailah gerakan dari cuping hidung hingga ke ujung atasnya. Anda tidak perlu menggerakkan jari untuk metode ini, cukup berikan tekanan saat memijatnya. Hidung pun akan terbentuk dengan pijatan ini. Metode pijat hidung tidak akan memberikan hasil instan, jadi Anda harus melakukannya setiap saat.

Cara mengecilkan hidung di atas memang tidak memberikan hasil yang signifikan. Lakukan secara berulang-ulang hingga Anda mencapai bentuk hidung yang didambakan. Untuk contouring wajah, langkah ini hanya bisa dilakukan jika Anda ingin menghadiri acara yang membutuhkan riasan, mengingat pemakaian kosmetik yang terlalu sering bisa berdampak buruk.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung secara Alami dan Permanen

Sempurnakan Perawatan Hidung Anda dengan Peeling & Skincare

Selain cara mengecilkan hidung yang besar, lebar, dan pesek di atas, Anda harus merawat hidung agar tetap bersih. Hidung sering menjadi sarang komedo yang mengganggu dan harus segera dihilangkan. Lakukan prosedur Peeling & Skincare di Jakarta Aesthetic Clinic untuk menumpaskan semua komedo di wajah Anda. Hubungi JAC segera untuk melakukan konsultasi mengenai perawatan wajah.

Sumber:

  • https://www.healthline.com/health/exercise-for-nose
  • https://www.newson6.com/story/5e6fca33f86011d4820c3e42/how-to-get-the-perfect-nose-without-surgery
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Mitos Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih yang Perlu Dihindari

Mitos Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih yang Perlu Dihindari

September 14, 2022
Apakah Minyak Zaitun Bisa Menghilangkan Jerawat

Apakah Minyak Zaitun Bisa Menghilangkan Jerawat

September 14, 2022
Apakah Minyak Kayu Putih Bisa Menghilangkan Jerawat?

Apakah Minyak Kayu Putih Bisa Menghilangkan Jerawat?

September 14, 2022

Comments are closed.