Ingin Wajah Terlihat Tirus? 9 Tips Mengecilkan Pipi Tembem Ini Bisa Dicoba!

Cara Mengecilkan Pipi Tembem

 

Pipi tembem memang terlihat menggemaskan, tapi di sisi lain juga bisa merepotkan. Saat selfie, misalnya, kita harus pintar-pintar mengatur angle sedemikian rupa agar di kamera wajah tampak tirus. Nah, daripada buang-buang waktu mengedit dan pakai filter ini itu, yuk simak beberapa cara mengecilkan pipi tembem berikut.

 

9 Cara Mengecilkan Pipi Tembem Secara Alami

1. Turunkan Berat Badan

Sebetulnya pipi tembem juga sangat dipengaruhi oleh lemak di tubuh. Jadi jika ingin wajah terlihat lebih tirus, usahakan dulu untuk menurunkan berat badan Anda. Jadi, dengan mengurangi lemak di badan, maka Anda juga bisa mengecilkan pipi tembem, lho.

Bagaimana agar berat badan turun? Perhatikan kebutuhan asupan kalori harian Anda dan juga pola makan Anda. Jangan lupa olahraga rutin dan jaga pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat, seperti sayur dan buah-buahan. Ketika berat badan Anda turun dengan stabil, lemak di pipi juga akan ikut berkurang. Hasilnya, Anda bisa memiliki pipi tirus yang terlihat elegan.

 

2. Perbanyak Air Putih

Yup, ternyata salah satu efek samping dari dehidrasi dapat menyebabkan pipi tampak tembem, lho. Saat dehidrasi, tubuh akan menyimpan cairan ekstra di beberapa bagian tubuh, tak terkecuali pipi dan wajah, agar tetap berfungsi optimal. Seringkali, orang memiliki pipi tembem disebabkan karena simpanan cairan ekstra tadi, padahal seharusnya pipi mereka tidak setembem itu.

Nah, penumpukan cairan inilah yang akan membuat pipi terlihat tembem. Jadi, pastikan Anda minum air putih cukup sekurang-kurangnya 2 liter per hari agar tubuh terhidrasi dengan baik. Selain mengurangi cairan ekstra yang membuat pipi tembem, meminum air putih yang cukup juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan, lho.

 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Pipi

 

3. Senam Wajah

Cara mengecilkan pipi tembem secara alami selanjutnya adalah melakukan senam wajah. Ya, tidak hanya tubuh saja yang butuh olahraga, otot wajah pun perlu senam agar terlihat lebih indah.

Ada beberapa latihan ringan yang bisa dicoba di rumah untuk mengecilkan pipi. Letakkan masing-masing lima jari Anda di atas tulang pipi, kemudian tarik kulit dengan lembut.

Buka mulut Anda hingga membentuk huruf O panjang dan muncul sedikit sensasi tegang pada area pipi. Tahan selama lima detik dan ulangi gerakan ini 10-15 kali. Bila dilakukan rutin dan dibarengi dengan pola hidup sehat, dijamin hasilnya pasti maksimal.

 

4. Kurangi Gula dan Garam

Mengonsumsi gula dan garam (sodium) berlebih akan menyebabkan terjadinya retensi air dalam tubuh. Akibatnya beberapa bagian akan mengalami pembengkakan, termasuk di area pipi. Tidak hanya demikian, kebanyakan mengonsumsi gula dan makanan manis juga dapat meningkatkan berat badan Anda. Hasilnya, pipi menjadi semakin tembem dan susah mengecil.

Jadi, mulai sekarang kurangi asupan gula dan garam harian Anda, ya. Disarankan untuk mengurangi kudapan atau snack. Bila Anda merasa lapar di tengah hari, disarankan mengonsumsi buah saja agar asupan gula dan garam Anda lebih terkontrol ketimbang apabila Anda mengonsumsi snack siap santap. Selain mendapatkan pipi tirus, mengontrol asupan gula dan garam juga dapat membuat kulit Anda tampak awet muda, lho.

 

Baca Juga: Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam di Pipi

 

5. Peregangan Otot Wajah

Cara mengecilkan pipi tembem berikutnya adalah dengan melakukan latihan peregangan otot-otot wajah. Caranya mudah, kok, yakni dengan menurunkan dagu hingga menempel bagian atas dada. Lalu, tarik kulit wajah ke arah luar. 

Lakukan dengan perlahan selama beberapa detik dan ulangi sampai 10 kali. Anda disarankan untuk melakukan peregangan tiga kali sehari.

 

6. Mengunyah Permen Karet

Malas melakukan senam dan peregangan otot wajah? Tidak usah khawatir. Ternyata mengunyah permen karet juga bisa memberikan efek samping serupa, lho. Mengunyah permen karet dapat membantu mengencangkan otot-otot wajah sehingga bentuk wajah dan pipi pun akan tampak lebih tirus secara alami nantinya.

Untuk hasil maksimal, cobalah mengunyah permen karet selama 10-20 menit setiap harinya. Jangan lupa untuk memilih permen karet bebas gula agar asupan gula dan kalori Anda tetap terjaga.

 

7. Tidur Cukup

Tahukah Anda bahwa tidur cukup berpengaruh besar terhadap berat badan Anda? Kurang tidur dapat meningkatkan nafsu makan. Akibatnya, Anda akan menjadi lebih sering makan sehinnga berat badan pun meningkat dan pipi tampak lebih tembem.

Sebaliknya, tidur yang cukup dapat membantu mengingkatkan metabolisme tubuh untuk mebakar lemak berlebih. Sehingga pipi pun nanti akan mengecil dengan sendirinya. Jadi, sebisa mungkin pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup setiap harinya, yakni 7-9 jam per hari.

 

8. Hindari Stres

Sebagian orang justru akan mengalami kenaikan berat badan saat sedang stres. Hal ini diakibatkan oleh asupan makanan yang tidak terkontrol akibat kondisi emosional yang kurang stabil. Akibatnya, berat badan naik dan wajah pun tampak tembem.

Sebisa mungkin hindari stres dan singkirkan pikiran-pikiran yang membuat Anda tertekan. Istirahat cukup dan kurangi kebiasaan begadang juga akan sangat membantu meniruskan pipi yang tembem.

 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

 

9. Face Lift

Selain cara-cara sederhana di atas, mengecilkan pipi juga bisa dilakukan dengan prosedur face lift di klinik estetika. Tindakan medis ini dikerjakan dengan membuang jaringan lemak di area leher dan rahang.

Dengan cara ini, garis rahang akan terlihat lebih tegas dan berdimensi, dan pipi pun tampak tirus. Prosedur ini memang menjanjikan hasil instan, tapi juga butuh proses pemulihan yang lebih lama. Jadi pastikan Anda melakukannya hanya di klinik/dokter profesional, ya.

 

Selain ketujuh tips di atas, cara mengecilkan pipi tembem lainnya bisa dengan metode liposuction maupun ultrasound. Nah, dari semuanya, mana sih yang kira-kira paling efektif dan cocok untuk Anda?

 

Sumber:

https://www.alodokter.com/cara-mengecilkan-pipi-tembem-secara-alami

https://www.sehatq.com/artikel/cara-mengecilkan-pipi-tembem-baik-alami-hingga-prosedur-medis/amp

https://www.99.co/blog/indonesia/cara-mengecilkan-pipi/

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Cara Mengencangkan Perut yang Efektif

Cara Mengencangkan Perut yang Efektif

Oktober 21, 2021
Rekomendasi Terbaik untuk Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Rekomendasi Terbaik untuk Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Oktober 21, 2021
5 Cara Menghilangkan Dark Circle di Bawah Mata

5 Cara Menghilangkan Dark Circle di Bawah Mata

Oktober 21, 2021

Comments are closed.