9 Cara Mengecilkan Pori-Pori di Kulit Wajah Pria

cara mengecilkan pori-pori wajah pria

Sebagian orang menganggap kulit wajah pria sama dengan kulit wajah wanita. Namun, kenyataannya tidaklah demikian. Kulit wajah pria biasanya memiliki pori-pori yang lebih besar dan berminyak daripada wanita. Bagi pria, pori-pori yang membesar dapat terlihat pada hidung dan dahi. Terdapat banyak faktor yang dapat menyebabkan ukuran pori-pori membesar.

Meskipun pori-pori memiliki fungsi penting dalam menjaga kesehatan kulit, pori-pori besar dapat membuat rasa percaya diri seorang pria menurun. Tidak hanya itu, pori-pori yang membesar juga dapat meningkatkan produksi sebum dan menyebabkan jerawat.

Namun, Anda tidak perlu khawatir dalam artikel ini, Anda bisa menemukan beberapa cara mudah untuk mengecilkan pori-pori wajah pria.

 

Mengapa Pori-Pori Wajah Terlihat Besar?

Sebelum mengetahui bagaimana cara untuk mengecilkan pori-pori, Anda perlu mengenal dulu berbagai penyebab pori-pori Anda terlihat besar.

Genetik

Ukuran pori-pori ditentukan oleh genetik. Karena itu juga, Anda tidak bisa mengecilkan pori-pori secara drastis atau menghilangkannya. Namun, perawatan yang tepat dapat membantu mengecilkan pori-pori dan membuat kulit wajah terlihat lebih mulus.

Usia

Seiring bertambahnya usia, pori-pori Anda akan terlihat semakin besar. Hal ini disebabkan oleh menurunnya produksi kolagen kulit dan menurunnya proses regenerasi kulit. Tetapi, perubahan ini seharusnya tidak terlalu drastis apabila Anda merawat kulit Anda dengan baik.

Pori-pori tersumbat

Minyak berlebih, makeup, debu, dan sel kulit mati yang tidak dibersihkan secara rutin dapat menyumbat pori-pori. Apabila tersumbat, pori-pori kulit akan terlihat semakin besar dan bahkan menyebabkan komedo atau jerawat.

Alkohol dan rokok

Alkohol dan nikotin dari rokok juga merupakan penyebab pori-pori wajah membesar. Keduanya dapat membuat pori-pori wajah membesar. Terlebih lagi, keduanya juga bisa memicu jerawat, komedo, dan kerutan dini.

Sinar UV

Paparan sinar matahari dapat mempercepat penuaan kulit. Sinar UV dapat secara langsung dapat menurunkan kadar kolagen dan dampaknya ukuran pori-pori semakin meningkat juga. Bila tidak segera ditangani, pori-pori wajah bisa membesar secara permanen.

 

Bagaimana Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Pria Dengan Mudah Dan Cepat?

Pori-pori besar membuat wajah sering berminyak atau bahkan berjerawat? Anda jadi kurang percaya diri? Yuk, lihat beberapa cara mudah untuk mengecilkan pori-pori wajah pria berikut ini.

1. Memilih produk perawatan kulit terbaik

Memilih produk perawatan wajah sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah tidak boleh dilakukan semabarangan. Untuk produk perawatan kulit wajah pria, Anda bisa menggunakan produk yang memiliki kandungan asam alpha hidroksi (AHA) atau beta-hidroksi (BHA) untuk mengecilkan pori-pori. Kandungan lainnya yang penting untuk diperhatikan adalah glukonat dan magnesium seng yang dapat mengatur produksi sebum. Selain itu, adanya kandungan retinoid dalam produk tersebut dapat mengurangi pembesaran pori-pori dan membantu menormalkan kembali proses regenerasi kulit. Terakhir, pilihlah produk yang menganding vitamin A, C, dan E karena ketiganya adalah vitamin yang paling ampuh dalam menyehatkan kulit dan mengecilkan pori-pori wajah.

Baca juga: Alat Makeup Bisa Kirimkan Bakteri ke Pori-Pori Wajah

2. Membersihkan wajah setiap hari

Cara mengecilkan pori-pori wajah pada pria selanjutnya ialah dengan membersihkan muka secara rutin. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kotoran dan sebum berlebih dapat menyumbat pori-pori dan membuatnya terlihat besar. Oleh sebab itu, cucilah wajah Anda dua kali sehari, di pagi hari dan di malam hari.

Untuk membersihkan kotoran dan mengatasi minyak berlebih, gunakanlah facial wash selama 1-2 menit lalu bilas dengan air bersih. Pastikan tidak ada sisa facial wash yang menempel karena dapat mengiritasi kulit dan justru membuat pori-pori membesar. Untuk memaksimalkan hasil, coba gunakan facial brush juga satu atau dua kali seminggu saat membersihkan wajah.

 

3. Mengangkat sel kulit mati secara rutin

Selain membersihkan kulit wajah, Anda juga perlu melakukan eksfoliasi alias mengangkat sel kulit mati. Untuk hasil yang optimal, Anda bisa menggunakan scrub pembersih wajah ringan beberapa kali dalam seminggu. Hal ini akan membuat kulit Anda tetap bersih dan pori-pori menjadi tidak terhalau sel kulit mati ataupun sebum berlebih. Hasilnya, wajah akan terasa segar kembali selama beraktivitas. Selain itu, mengangkat sel kulit mati secara rutin juga dapat mencerahkan kulit wajah dan membuatnya terlihat lebih mulus.

 

4. Pakai pelembab berjenis matte

Bagi pria juga penting untuk menggunakan pelembab agar kulit wajah tetap sehat. Namun, untuk pria sebaiknya pilih pelembab berjenis matte. Biasanya pelembab yang dijual bebas tersebut memiliki label ‘mattifying’. Keunggulan dari pelembab yang memiliki kandungan matte ini adalah dapat menyerap sebum dengan sempurna. Selain itu juga mencegah pantulan cahaya yang berlebihan pada permukaan kulit wajah. Dengan demikian, pori-pori wajah tetap terlindungi dalam kondisi normal.

 

5. Gunakan masker wajah alami

Menggunakan masker juga merupakan salah satu cara terbaik untuk merawat kulit dan mengecilkan pori-pori wajah. Masker wajah tidak harus mahal. Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang sering ditemukan di dapur untuk dijadikan masker wajah, contohnya air rendaman beras, air perasan lemon, dan buah pisang.

  • Air rendaman beras. Cuci beras dengan air bersih. Tuangkan air cucian beras pada sebuah wadah dan diamkan semalaman hingga terbentuk endapan. Gunakan endapan air beras sebagai masker wajah, diamkan selama 15 menit, dan bilas dengan air bersih. Endapan air beras mengandung asam ferullic serta allantoin yang ampuh dalam mengecilkan pori-pori wajah serta menangkal radikal bebas.
  • Air perasan lemon. Potong lemon dan peras airnya. Kemudian, gunakanlah air lemon pada wajah sebagai masker, diamkan selama 15 menit, dan bilas dengan air bersih. Air perasan lemon mengandung vitamin C yang dapat mengontrol sebum, mengecilkan pori-pori wajah, dan mencerahkan kulit.
  • Buah pisang. Ambil 1 buah pisang, hancurkan. Kemudian, campurkan dengan 1 sdm madu dan 1 sdm minyak zaitun. Aplikasikan pada wajah, diamkan selama 30 menit, dan bilas wajah dengan air bersih. Kandungan vitamin B kompleks dan antioksidan dalam masker wajah alami ini dapat mengecilkan dan membersihkan pori-pori wajah serta meredakan iritasi pada kulit.
  • Kulit pisang. Selain buahnya, Anda juga bisa menggunakan kulit pisang untuk mengecilkan pori-pori wajah. Cukup gosokkan bagian dalam kulit pisang pada wajah selama 2 menit. Lalu, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Kandungan vitamin A, C, B kompleks, dan kalium dari kulit pisang dapat membuat pori-pori wajah mengecil dan melindungi kulit dari keriput.

6. Aplikasikan clay mask secara rutin

Selain menggunakan masker wajah berbahan alami, clay mask juga sangat direkomendasikan untuk Anda yang memiliki pori-pori wajah besar. Clay mask berfungsi untuk menarik kotoran dan sebum berlebih serta mengencangkan pori-pori wajah. Menggunakan clay mask seminggu sekali dapat membuat pori-pori wajah mengecil dan tekstur wajah terlihat lebih halus.

Clay mask dapat terbuat dari berbagai macam clay. Masing-masing clay memiliki karakteristik berbeda. Pastikan clay mask yang Anda gunakan cocok dengan jenis kulit Anda. Berikut ini adalah rekomendasi berbagai jenis clay mask untuk jenis kulit berbeda:

  • Kulit berminyak: Green clay dan Bentonite clay
  • Kulit kering: Kaolin clay dan Purple clay
  • Kombinasi atau kulit normal: Red clay dan Yellow clay
  • Kulit sensitif: Kaolin clay, Pink clay, dan Blue clay

 

7. Selalu lindungi kulit dari paparan sinar UV

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, paparan sinar matahari adalah salah satu faktor penyebab membesarnya pori-pori. Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan direkomendasikan untuk selalu melindungi kulit dari sinar UV, khususnya pada kulit wajah.

Anda bisa menggunakan pelindung kulit seperti tabir surya ataupun lotion dengan kandungan SPF dan seng oksida maupun titanium oksida untuk menjaga pori-pori kulit wajah normal. Pastikan produk yang Anda pilih memiliki kandungan SPF minimal 30 agar dapat melindungi kulit dan mengecilkan pori-pori Anda. Selain itu, Anda juga bisa melindungi diri dengan menggunakan pelindung kepala seperti topi, masker atau payung sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah pada pria.

 

8. Gunakan es batu pada wajah

Jika Anda perlu mengecilkan pori-pori secara cepat, maka es batu adalah solusinya. Mengoleskan es batu pada kulit wajah dapat membantu mengecilkan pori-pori, melancarkan peredaran darah, dan mencerahkan kulit. Caranya mudah, cukup ambil satu atau dua buah es batu dan lapisi dengan dua lembar tisu. Lalu, oleskan ke wajah selama 1 menit untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Tapi, perlu diketahui bahwa efek dari es batu tidakakan bertahan lama. Es batu hanya mampu membuat pori-pori wajah mengecil selama kurang lebih 30-90 menit. Selebihnya, ukuran pori-pori akan mulai terlihat normal lagi. Jadi, meskipun es batu dapat membantu, Anda tetap harus menggunakan cara perawatan kulit dan mengecilkan pori-pori wajah lainnya juga.

 

9. Melakukan perawatan kulit yang tepat

Melakukan perawatan wajah yang tepat merupakan cara mengecilkan pori-pori wajah pria terbaik. Usahakan untuk selalu mencuci wajah dengan air bersih setiap Anda selesai beraktivitas. Terutama untuk aktivitas yang ada di luar ruangan. Sebab, ketika berada di luar ruangan Anda tidak hanya terpapar langsung oleh sinar UV saja. Tetapi juga terpapar debu dan kotoran yang dapat membawa bakteri penyebab kerusakan kulit.

Selain itu, untuk mendapatkan kulit wajah yang optimal dan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah pria, Anda pun bisa melakukan perawatan secara berkala di sebuah klinik. Namun, harus diingat dalam memilih klinik tersebut haruslah yang memiliki lisensi dari lembaga kesehatan. Hal tersebut untuk membuktikan jika klinik tersebut sudah teruji secara klinis dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Salah satunya yang bisa Anda pilih adalah klinik Jakarta Aesthetic Clinic (JAC). Dengan prosedur perawatan dan layanan terbaik yang diberikan oleh tim ahli berpengalaman, kami memberikan kenyamanan dan keamanan bagi Anda yang ingin melakukan perawatan kulit. Semoga bermanfaat.

 

Sumber:

  • https://lifestyle.kompas.com/read/2017/06/04/160500420/begini.cara.pria.kecilkan.pori-pori.wajah
  • https://lifestyle.okezone.com/read/2017/06/08/194/1710832/trik-mengecilkan-pori-pori-wajah-khusus-untuk-pria-biar-gak-jerawatan
  • https://blog.menscience.com/how-to-minimize-large-pores/
  • https://www.tiege.com/blogs/news/4-ways-for-guys-to-minimize-pores

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Agustus 28, 2021
5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

Agustus 28, 2021
10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

Agustus 28, 2021

Comments are closed.