Inilah Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Anda!

Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah

Apakah Anda tengah mencari cara mengecilkan pori pori wajah? Pada dasarnya, pori-pori wajah membesar disebabkan oleh sejumlah hal, seperti sebum yang berlebihan, peningkatan volume folikel rambut, dan penurunan elastisitas di sekitar pori.

Ukuran dan tampilan pori-pori kulit wajah dipengaruhi sejumlah faktor, seperti genetika, jenis kulit, usia, dan paparan sinar matahari. Genetika dan ukuran pori-pori menentukan keaktifan kelenjar minyak seseorang.

Saat kelenjar sebaceous melepaskan minyak, minyak akan naik ke kulit dan terkumpul di pori-pori. Jika minyak yang terkumpul bercampur dengan riasan atau kotoran, maka pori-pori akan tersumbat. Alhasil, pori-pori akan merenggang, tampak lebih besar, dan berjerawat.

Sederhana! Begini Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah

Kendati pori-pori wajah dapat diperkecil, prosesnya tidak singkat. Dibutuhan kesabaran dan ketekunan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Kabar baiknya, terdapat cara mengecilkan pori pori di wajah secara sederhana tanpa repot. Bagaimana caranya? Simak uraian berikut ini!

1. Bersihkan Wajah Secara Rutin

Membersihkan muka secara rutin, pagi dan malam hari adalah cara terbaik menjaga kebersihan pori-pori. Sebelum cuci muka, sangat dianjurkan untuk melakukan uap wajah atau menggunakan waslap hangat. Cara ini dilakukan untuk membuka pori-pori sehingga seluruh kotoran seperti bekas make up dan minyak pada wajah dapat terangkat sempurna.

Hindari cuci muka terlalu sering karena justru dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti kulit kering dan mengelupas. Dianjurkan untuk mencuci muka maksimal dua kali sehari. Pilihlah sabun cuci muka yang berbahan gel Jika memiliki jenis kulit berminyak.

2. Lakukan Scrubbing

Melakukan scrubbing seminggu sekali dapat membantu merawat kulit Anda dari dalam. Scrubbing juga efektif membersihkan wajah dari sel-sel kulit mati yang menyebabkan wajah tampak kusam tak bercahaya.

Baca Juga: Cara Merawat Wajah Berminyak

3. Hindari Menyentuh Wajah

Menyentuh wajah terlalu sering dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat dan infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan kuman. Selain itu, menyentuh wajah ketika pengelupasan kulit dapat menyebabkan noda kehitaman, keropeng, atau jaringan parut.

4. Gunakan Primer SPF

Sinar ultraviolet dan polusi udara sangat berbahaya bagi kesehatan kulit. Keduanya dapat meningkatkan risiko radikal bebas yang dapat memecah elastin dan kolagen. Dampaknya, kulit tampak kusam, kendur, dan pori-pori membesar.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan tabir surya atau primer SPF yang dapat melindungi kulit sekaligus menghaluskan dan mengecilkan pori-pori setidaknya 1-2 kali dalam seminggu. Gunakanlah tabir surya SPF 30 agar kulit dapat terlindungi dari paparan sinar matahari.

Baca Juga: Masker Alami untuk Memutihkan Wajah

5. Lakukan Eksfoliasi Wajah

Eksfoliasi kimia merupakan salah satu cara memperbaiki ukuran pori-pori wajah secara instan. Proses pengelupasan kulit ini efektif mengangkat sel-sel kulit mati, menyamarkan kerutan halus dan noda hitam, membantu menyembuhkan jerawat, mencerahkan, dan mengenyalkan kulit wajah.

6. Oleskan Krim Retinoid

Krim retinoid yang dijual bebas maupun menggunakan resep dokter dapat digunakan untuk mempercepat proses pergantian sel kulit. Hasilnya, pori-pori akan tampak lebih kecil dan cerah hanya dalam waktu singkat. Sebelum menggunakan krim retinoid disarankan mencuci wajah terlebih dahulu karena beberapa orang yang menggunakan krim retinoid dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

7. Gunakan Clay Mask

Penumpukan minyak menyebabkan pori-pori wajah tampak lima kali lebih besar. Cara termudah untuk mengatasinya adalah menggunakan clay mask. Masker tanah liat ini merupakan senjata rahasia untuk mengecilkan pori-pori dengan cara menghilangkan minyak yang menumpuk di wajah.

Anda bisa menggunakan masker secara rutin seminggu dua kali untuk membantu melancarkan regenerasi, menjaga kulit tetap sehat, dan halus.

Baca Juga: Cara Menghaluskan Wajah

8. Hindari Memilih Produk Wajah Berbahan Dasar Minyak

Alih-alih menggunakan produk berbahan dasar minyak yang dapat membuat pori-pori kulit tersumbat, rawat pori-pori yang membesar dengan asam glikolat. Bahan ini bekerja untuk menyerap kelebihan minyak dan melarutkan sel-sel kulit mati.

Agar lebih optimal, gunakan produk berbahan dasar air yang ringan dan tidak menyumbat pori-pori. Bagi pemilik kulit kering, gunakan produk krim yang dapat membersihkan pori-pori sekaligus melembapkan. Sementara pemilik kulit berminyak atau kombinasi, disarankan menggunakan susu pembersih.

9. Gunakan Bahan Alami

Mengecilkan pori-pori wajah secara alami bisa menggunakan berbagai bahan. Perawatan kulit wajah secara alami untuk mengecilkan pori dapat menggunakan bahan antioksidan seperti madu, bubuk kopi, dan teh. Dianjurkan menggunakan bahan alami sebagai masker wajah sehingga mudah diaplikasikan. Gunakanlah madu untuk dioleskan pada area kulit wajah dan diamkan selama 30 menit. Setelah selesai, bilas kulit wajah menggunakan air hangat.

Demikianlah informasi singkat mengenai cara mengecilkan pori pori wajah yang dapat Anda coba di rumah. Selamat mencoba!


Sumber:

  • https://www.teenvogue.com/gallery/easy-tips-to-shrink-your-pores
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/320775#8-ways
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26918966/
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

Mei 31, 2022
Macam-Macam Bentuk Hidung di Dunia, termasuk Bentuk Hidung Orang Indonesia

Macam-Macam Bentuk Hidung di Dunia, termasuk Bentuk Hidung Orang Indonesia

Mei 31, 2022
Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

Mei 30, 2022

Comments are closed.