Tips dan Cara Mengempeskan Jerawat dengan Cepat Tanpa Efek Samping

cara mengempeskan jerawat

Sebagian besar jerawat terbentuk ketika sel-sel kulit mati, minyak, dan bakteri menutup pori-pori. Tentu akan sangat menjengkelkan apabila di wajah tiba-tiba muncul jerawat akibat kurangnya kebersihan kulit, atau karena faktor lain. Apalagi jika Anda harus menghadiri suatu acara, atau akan berkencan dengan pasangan. Wajah yang berjerawat pastinya akan membuat Anda kurang percaya diri dan harus mencari berbagai cara mengempeskan jerawat dengan cepat.

Cara Mengempeskan Jerawat

Ada beberapa tips mengempeskan jerawat membandel yang dapat Anda lakukan agar jerawat pada wajah Anda cepat mengempes. Berikut beberapa cara mengempeskan jerawat yang dapat Anda lakukan:

1. Hindari Memencet Jerawat

Saat mepet, kebanyakan orang akan memilih mengempeskan jerawat dengan langsung memencetnya oleh kuku jari tangan, atau benda lain. Hal itu selalu dianggap sebagai cara cepat menyebabkan jerawat langsung hilang seketika.

Padahal, hal tersebut sebaiknya dihindari karena bisa berakibat kurang baik untuk wajah Anda. Terlebih jika tangan Anda dalam keadaan kotor yang nantinya malah memicu iritasi, alergi bahkan infeksi.

Baca juga: 4 Jenis Perawatan Wajah Berjerawat

2. Kompres dengan Es

Karena memencet jerawat kurang baik dilakukan, sebaiknya Anda menggunakan cara mengempeskan jerawat dengan mengompresnya memakai es batu. Hal ini mampu mengurangi peradangan, bengkak, kemerahan, dan rasa sakit akibat jerawat.

Namun, yang perlu diperhatikan saat mengompres adalah, jangan menggunakan es batu secara langsung di kulit wajah. Anda harus membungkus es batu dengan kain tipis yang bersih. Kemudian, baru tempelkan pada kulit yang berjerawat selama kurang lebih satu menit. Biarkan beberapa waktu, lalu ulangi lagi sampai terasa lebih nyaman. Tapi perlu diingat, cara ini tidak dianjurkan untuk jerawat yang sedang meradang.

3. Mengempeskan Menggunakan Teh atau Bawang Putih

Selain digunakan sebagai minuman yang banyak digemari orang-orang, teh juga ternyata mampu meringankan bengkak dan mengempeskan jerawat karena kandungan tanin-nya. Yang paling baik adalah dengan menggunakan teh hijau celup. Anda hanya perlu mencelupkan teh ke dalam air hangat, kemudian tempelkan pada jerawat yang ada di wajah. Jangan lupa untuk mencuci tangan Anda terlebih dulu dengan air bersih.

Selain teh hijau celup, Anda juga bisa mencoba gunakan bawang putih. Bawang putih dipercaya mengandung antioksidan yang tinggi, di mana memiliki kandungan ini bisa membantu luka atau bengkak di jerawat jadi berkurang, mengempes dan cepat kering. Anda hanya perlu menempelkan bawang putih yang sudah dihaluskan ke jerawat Anda.

Ada beberapa bahan alami lainnya yang bisa digunakan seperti lidah buaya, kunyit, mentimun, buah pala, tomat, kayu manis, tea tree oil, cuka apel, dan madu yang bisa Anda jadikan opsi untuk mengempeskan jerawat secara alami. Cuka apel memiliki kandungan antiseptik alamiyang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Baca Juga13 Cara Perawatan Wajah secara Alami di Rumah

4. Oleskan Dengan Pasta Gigi

Pasta gigi yang merupakan barang yang sering kita gunakan setiap hari ternyata juga dapat digunakan untuk mengempeskan jerawat membandel. Cukup oleskan pasta gigi ke jerawat yang membandel dan tunggu hingga beberapa menit. Setelah itu bilas pasta gigi menggunakan air bersih. Namun, jangan menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan mentol dan flouride. Kandungan mentol dan flouride pada pasta gigi dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

5. Mengempeskan Jerawat dengan Peeling & Skincare

Cara mengempeskan jerawat yang mudah dan ampuh, tentunya juga aman, Anda bisa memakai prosedur peeling & skincare yang disediakan oleh Jakarta Aesthetic Clinic (JAC). Anda bisa memilih peeling komedo yang menggunakan bahan alami racikan para dokter ahli yang lembut dan secara ajaib mampu mengencerkan komedo, bahkan mengeringkan jerawat sehingga jerawat cepat kempes.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Prosedur yang digunakan pun sangat lembut dan sederhana, dokter hanya memijat lembut kulit wajah Anda, kemudian wajah Anda dipakaikan masker gel alami housemate yang natural dan efektif menghilangkan masalah kulit Anda dan membuatnya jadi lebih segar, ringan dan bercahaya. Prosedur ini pun dilakukan langsung oleh dokter ahli yang bersertifikasi dan tidak menyebabkan efek samping atau ketergantungan.

Sumber:

  • Wulandari, Natlia. 12 Januari 2016. 15 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat. http://www.cosmogirl.co.id/artikel/read/7420/15-Cara-Menghilangkan-Jerawat-dengan-Cepat
  • Amanda, Cynthia. 8 Oktober 2018. Singkirkan Jerawat dan Beruntusan Wajah Hanya dengan Es Batu. https://www.dream.co.id/tips-trick/singkirkan-jerawat-dan-beruntusan-wajah-hanya-dengan-es-batu-181008b.html
  • Maharni, Ega. 12 November 2018. Cara Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat dengan Teh Hijau. https://www.fimela.com/beauty-health/read/3687461/cara-ampuh-hilangkan-bekas-jerawat-dengan-teh-hijau
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

10 Cara Mengatasi Kulit Keriput di Usia Muda

10 Cara Mengatasi Kulit Keriput di Usia Muda

November 18, 2022
8 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

8 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

November 17, 2022
10 Penyebab Bruntusan di Dagu dan Cara Mengatasinya

10 Penyebab Bruntusan di Dagu dan Cara Mengatasinya

November 16, 2022

Comments are closed.