Cara Mengencangkan Kulit Wajah di Bawah Mata

mengencangkan kulit wajah di bawah mata yang kendur

 

Seiring dengan usia yang bertambah, biasanya elastisitas kulit akan berkurang sehingga tidak lagi sekencang dulu, tidak terkecuali pada kulit wajah di area bawah mata. Alhasil, Anda pun jadi terlihat kurang segar dan glowing. Apalagi biasanya kondisi kulit wajah kendur juga diikuti dengan munculnya tanda-tanda penuaan lain seperti garis-garis halus.

Kabar baiknya, mendapatkan kembali kulit wajah kencang bukanlah hal yang mustahil. Ya, termasuk cara mengencangkan kulit wajah di bawah mata mengingat kulit di area ini lebih tipis dari bagian lain.

9 Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata

Munculnya kerutan di bawah mata merupakan salah satu bagian dari proses penuaan seiring bertambahnya usia. Tetapi tenang saja, Anda masih bisa menghilangkan kerutan di bawah mata dan membuat wajah Anda tampak lebih awet muda. Ini dia beberapa cara menghilangkan kerutan di bawah mata secara alami yang dapat Anda lakukan:

1. Gunakan Masker Alami dari Madu dan Telur

Tidak hanya lezat, putih telur ternyata juga mengandung protein albumin yang bisa membantu meningkatkan kekenyalan dan elastisitas kulit. Bahkan albumin juga dapat membangun sel kulit baru sehingga kulit wajah Anda akan terlihat lebih glowing. Nah, Anda bisa membuat masker alami dari putih telur untuk mengencangkan kulit sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati.

Pecahkan satu butir telur, ambil putihnya saja, lalu campurkan dengan madu. Tambahan madu akan membuat kulit wajah jadi lebih fresh dengan kandungan antioksidan-nya. Oleskan campuran telur dan madu tersebut pada wajah, diamkan selama 15-20 menit. Kemudian, bilas dengan air hangat hingga bersih.

Baca juga: Cara Mengencangkan Kulit yang Keriput Secara Alami

2. Gunakan Masker dari Yoghurt dan Jeruk Nipis

Selain madu dan telur, Anda juga bisa membuat masker alami dari yoghurt dan jeruk nipis sebagai cara mengencangkan kulit wajah di bawah mata dan area lainnya. Yoghurt memiliki kandungan lactic acid yang dapat mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori. Sedangkan, jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang bisa membantu kulit wajah Anda terlihat lebih cerah.

Caranya mudah, Anda hanya perlu mencampur dua sendok makan plain yoghurt dan perasa jeruk nipis secukupnya. Aplikasikan masker tersebut pada wajah sambil memijat wajah Anda. Diamkan selama 5-10 menit, lalu Anda bisa membilas wajah dengan air hangat.

3. Memijat Wajah Secara Teratur

Agar kulit wajah bisa terus kencang, Anda harus memastikan bahwa sirkulasi darah berjalan lancar. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan pijat wajah. Sebelumnya, pastikan kedua tangan Anda sudah bersih dari kotoran dan bakteri agar nanti tidak menyebabkan jerawat. Kemudian, pijat wajah Anda dengan gerakan memutar ke atas. Anda bisa memulainya dari area dagu, pipi, hingga ke area dahi.

Pijat wajah akan merelaksasi otot wajah sehingga meredakan ketegangan. Nah, agar hasilnya maksimal, lakukan pijat wajah ini secara teratur. Sebaiknya Anda melakukannya setiap malam hari sebelum tidur.

Baca juga: Tips untuk Mengencangkan Kulit Dahi

4. Gunakan Pepaya

Selain sering dikonsumsi karena dapat memberikan asupan serat. Ternyata pepaya juga kaya kandungan vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk merangsang produksi kolagen.

Pepaya juga menjadi salah satu produk alami untuk eksfoliasi wajah karena mampu melarutkan keratin dalam sel kulit untuk menghaluskan wajah dan mengencangkan kulit.

Cara penggunaannya cukup mudah, hancurkan pepaya segar hingga menjadi pasta halus. Selanjutnya oleskan ke kulit area bawah mata dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

5. Gunakan Minyak Zaitun

Ada banyak khasiat dari minyak zaitun terutama dalam bidang kecantikan. Hal ini karena kandungan vitamin E dan K di dalam minyak zaitun.

Minyak ini dapat mengurangi pembentukan keriput dan mempertahankan kelembaban kulit. Selain itu, banyak orang yang memanfaatkan minyak ini untuk mengatasi kerutan di area bawah mata.

Caranya mudah, cukup oleskan minyak zaitun di bawah mata dan biarkan selama 20 menit dan kemudian bilas hingga bersih.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kerutan di bawah Mata dengan Minyak Zaitun

6. Gunakan Minyak Jarak

Selain minyak zaitun, Anda juga dapat memanfaatkan minyak jarak sebagai cara mengencangkan kulit wajah di bawah mata.

Minyak jarak dipercaya sebagai pelembab terbaik yang dapat mengurangi garis-garis halus dan kerutan dengan melembabkan kulit wajah di bawah mata dengan baik.

Anda dapat menggunakan minyak jarak dengan cara mengoleskannya di bawah mata Anda. Biarkan semalaman dan bilas sampai bersih keesokan harinya.

Baca juga: Cara Mengencangkan Kulit Hidung dengan Alami dan Aman

7. Gunakan Mentimun

Selanjutnya, Anda dapat menggunkan mentimun untuk mengencangkan kulit di bawah mata. Buah yang lebih sering disebut sayur ini tidak hanya mampu membuat bekas jerawat pudar, namun juga membuat kulit wajah lebih putih dan kencang.

Kandungan Lutein dalam mentimun dapat menghambat enzim tironase dan pembentukan pigmen melanin yang membuat kulit menjadi lebih gelap. Mentimun juga dapat mengurangi lingkaran hitam dan pigmentasi.

Mentimun dapat digunakan dengan cara dipotong tipis dan ditempelkan di sekitar area mata.

Baca juga: Rekomendasi Masker Alami untuk Memutihkan Wajah

8. Lindungi dari Paparan Sinar Matahari

Tahukah Anda bahwa paparan sinar matahari dapat menurunkan produksi kolagen sel kulit dan membuat proses penuaan berjalan dengan lebih cepat? Paparan sinar matahari yang berkelanjutan dapat membuat kerutan di area mata muncul atau bahkan semakin parah. Jadi, melindungi area mata dari sinar matahari dapat membantu mengencangkan kulit di bawah mata dengan efektif.

Gunakanlah sunscreen atau tabir surya setiap harinya, sekalipun cuaca terlihat mendung. Pastikan untuk mengaplikasikan ulang sunscreen setiap 2 jam sekali agar kulit tetap terlindungi. Dan terakhir, hindari keluar ruangan saat matahari sedang di posisi paling terik yakni dari jam 11 pagi hingga jam 3 sore.

Baca juga: Waspada Ciri Wajah Kekurangan Kolagen

9. Imbangi dengan Asupan Makanan yang Baik

Tidak hanya dari luar, mengencangkan kulit wajah juga harus dilakukan dari dalam. Maksudnya, Anda harus memerhatikan asupan makanan dan minuman yang masuk ke tubuh. Beberapa vitamin dan kandungan yang bisa meningkatkan efek cara mengencangkan kulit wajah di bawah mata dan area lain adalah antioksidan, vitamin D, vitamin E, protein, serta asam lemak esensial seperti omega-3.

Anda bisa mendapatkan berbagai nutrisi tersebut dari makanan-makanan seperti teh hijau, susu, yoghurt, ikan, serta tentu saja buah dan sayuran. Selain itu, pastikan pula Anda mencukup kebutuhan asupan cairan tiap harinya agar kulit wajah tetap terhidrasi dengan baik.

Baca juga: Cara Mengencangkan Perut yang Efektif

Skin Tightening Program untuk Mengencangkan Kulit di Bawah Mata

Selain kesembilan cara di atas, Anda juga bisa memanfaatkan Skin Tightening Program dari Jakarta Aesthetic Clinic untuk mengencangkan kulit wajah. Perawatan kulit satu ini aman dilakukan, bahkan untuk area-area kulit yang sulit dirawat seperti mata, double chin, dan wajah bagian bawah. Dengan kata lain, Skin Tightening Program dari Jakarta Aesthetic Clinic juga bisa menjadi cara mengencangkan kulit wajah di bawah mata secara efektif.

Nah, dengan mengikuti program perawatan kulit Jakarta Aesthetic Clinic, ditambah dengan kesembilan tips tersebut, Anda bisa segera kembali mendapatkan kulit wajah yang kencang. Bye, kulit wajah kendur!

 

Sumber:

  • Indriani, Ririn. 13 April 2016. Kulit di Bawah Mata Kendur? Lakukan Perawatan Ini. https://www.suara.com/lifestyle/2016/04/13/100821/kulit-di-bawah-mata-kendur-lakukan-perawatan-ini
  • Fimela. 14 Agustus 2018. 3 Tips Samarkan Keriput dan Kerutan Wajah di Bawah Mata. https://m.fimela.com/beauty-health/read/3809494/3-tips-samarkan-keriput-dan-kerutan-wajah-di-bawah-mata
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

10 Cara Mengatasi Kulit Keriput di Usia Muda

10 Cara Mengatasi Kulit Keriput di Usia Muda

November 18, 2022
8 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

8 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

November 17, 2022
10 Penyebab Bruntusan di Dagu dan Cara Mengatasinya

10 Penyebab Bruntusan di Dagu dan Cara Mengatasinya

November 16, 2022

Comments are closed.