9 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Usia 40, Jadi Awet Muda!

Banyak orang yang bertanya mengenai cara mengencangkan kulit wajah usia 40, apakah Anda salah satunya? Semakin bertambah usia, ada berbagai permasalahan baru di kulit wajah yang muncul dan berbeda dari permasalahan kulit yang mungkin dirasakan sebelumnya. 

Biasanya, jenis permasalahan kulit yang muncul saat Anda memasuki usia 40 tahun ke atas seperti tanda penuaan, kulit kusam, kerutan, garis halus, dan kulit kendur. Di antara seluruh permasalahan tersebut, masalah kulit wajah yang tidak bisa ditutupi dengan jenis make up apa pun adalah kulit kendur. 

Sedikit mengesalkan, bukan? Terlebih ketika berkaca dan melihat kulit yang tak lagi kencang. Oleh karenanya, JAC ingin membantu Anda melalui artikel ini dengan membagi informasi seputar cara mengencangkan kulit wajah usia 40 ke atas. Mari kita simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Cara Mengencangkan Kulit Wajah Usia 40

Inilah Cara Mengencangkan Kulit Wajah Usia 40

Perubahan kulit wajah adalah hal yang normal. Semua sel dalam tubuh pada dasarnya memang akan bekerja lebih lambat dibanding saat masih di usia muda, apalagi jika Anda tidak menjaga dan merawatnya. Tak perlu panik, masih ada cara mengencangkan kulit wajah usia 40-an yang bisa diterapkan. Berikut informasi selengkapnya: 

1. Olahraga Teratur

Percaya atau tidak, pada faktanya olahraga dapat membantu mengencangkan kulit dan membantunya tetap sehat. Sebuah penelitian menyatakan bahwa rutin berolahraga memiliki pengaruh pada kesehatan kulit manusia terutama bagian wajah. 

Hal ini berkaitan dengan salah satu penyebab kulit kendur di usia 40 tahun ke atas yaitu penurunan fungsi kerja jaringan wajah. Sehingga, dengan olahraga metabolisme tubuh termasuk jaringan di dalamnya dapat meningkat.

2. Mengonsumsi Suplemen

Mengencangkan kulit wajah dari dalam dapat dilakukan dengan mengonsumsi suplemen nutrisi. Ada beberapa suplemen kulit yang baik untuk memperbaiki produksi kolagen dan mengurangi efek penuaan. Suplemen tersebut antara lain kolagen dan antioksidan. 

Kedua zat tersebut mampu mengurangi kulit kendur dan keriput sekaligus menetralkan oksigen. Selain itu, mengonsumsi antioksidan secara rutin juga membantu merangsang pertumbuhan kolagen dan elastin yang merupakan jenis protein penting dalam kulit untuk menjaga tetap kencang.

Agar dapat menemukan suplemen apa saja  yang paling tepat untuk Anda gunakan, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter kecantikan profesional.

Baca juga: Apa Saja Pantangan Makanan untuk Wajah Berjerawat?

3. Rutin Senam Wajah

Selain olahraga teratur, rutin senam wajah tanpa Anda sadari memiliki banyak manfaat terutama untuk menjaga kulit wajah tetap kencang. Selain menjadi cara mengencangkan kulit wajah usia 40, senam wajah juga dapat membuat wajah tampak lebih sehat dan muda. 

Cara ini juga merupakan cara alami dalam melakukan perawatan wajah dari luar. Ada setidaknya 4 gerakan yang bisa Anda terapkan untuk membuat wajah tetap kencang di usia 40-an. 

Pertama gerakan pipi. Gerakan ini dilakukan dengan menarik pipi ke arah atas dengan kedua tangan sambil tersenyum. Tahan tarikan tersebut selama 5 detik dan lakukan sebanyak 3 sampai 5 kali. Kedua, gerakan dahi yang dilakukan dengan menggunakan jari telunjuk dan tengah untuk mendekatkan kedua alis dalam posisi terangkat. 

Ketiga, gerakan dagu. Kepalkan tangan Anda dan letakkan di bagian bawah dagu, lalu tarik ke arah telinga. Terakhir, adalah gerakan mata. Senam wajah gerakan mata dilakukan dengan meletakkan dua jari ke bagian bawah mata dan gerakkan mata untuk melihat ke atas. Metode ini akan membuat otot sekitar mata lebih rileks.

4. Menggunakan Skincare dengan Kandungan Tertentu

Cara yang tak kalah efektif dan mampu meminimalkan tanda-tanda penuaan termasuk kulit kendur adalah penggunaan skincare yang tepat dan memiliki kandungan tertentu. Sebaiknya, Anda coba dahulu menggunakan skincare dasar seperti sabun cuci muka, serum, moisturizer, dan sunscreen

Bila cocok, tambahkan berbagai jenis skincare lain yang membantu memaksimalkan kinerja skincare lain seperti toner, ampoule, dan lain sebagainya. Kandungan yang bagus untuk membantu mengencangkan kulit dan menyamarkan garis halus antara lain hyaluronic acid, retinoid atau retinol, dan vitamin C.

Selalu konsultasikan dengan dokter kecantikan Anda untuk meraih hasil yang maksimal sekaligus menghindari berbagai macam risiko yang ada.

5. Rajin Menggunakan Sunscreen

Seperti yang kita ketahui bersama, sinar UV adalah musuh terbesar kulit wajah. Hal tersebut dikarenakan ada banyak sekali permasalahan wajah mulai dari jerawat hingga kulit kendur yang menjadi dampak dari paparan sinar UV. 

Maka dari itu, penting sekali untuk selalu menggunakan sunscreen di pagi, siang, dan sore hari baik ketika berada di luar ruangan maupun beraktivitas di dalam ruangan. Selain mengencangkan kulit wajah, cara ini juga bisa menjadi langkah dalam mengurangi risiko kanker kulit. 

Baca juga: Cara Reapply Sunscreen Agar Wajah Tetap Terlindungi Sepanjang Hari

6. Minum Air Putih yang Cukup

Kunci untuk mewujudkan kulit wajah yang kencang di usia yang sudah tidak lagi muda adalah memastikan bahwa kulit terhidrasi dengan baik. Jangan sepelekan pentingnya konsumsi air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas per hari. Pada dasarnya, tubuh membutuhkan asupan air yang cukup agar seluruh organ dan sel di dalamnya dapat berfungsi dengan baik dan maksimal. 

7. Perawatan Non-Bedah ke Dokter

Perawatan Non-Bedah ke Dokter

Jika jenis perawatan dari rumah tetap tidak maksimal mengencangkan kulit wajah usia 40, maka cara yang tepat untuk dicoba adalah mengunjungi dokter estetika atau dermatologis. Dokter ahli akan menentukan treatment khusus yang tepat untuk mengatasi kulit kendur di wajah Anda agar kencang kembali. 

Biasanya, Anda perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu dan melewati tahap analisis kulit agar dokter ahli dapat memberikan perawatan wajah yang maksimal sesuai dengan penyebabnya. Tak perlu khawatir akan proses bedah, masih banyak jenis treatment untuk membuat wajah tetap kencang namun tanpa prosedur bedah apa pun.

8. Berhenti Merokok

Pada faktanya zat berbahaya di dalam rokok dan asapnya dapat membuat produksi kolagen dan elastin berkurang atau bahkan berhenti. Belum lagi, rokok akan mengurangi tingkat produksi estrogen yang mana merupakan hormon penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan kencang. 

Sehingga, perokok aktif biasanya akan cenderung memiliki wajah yang menurun dan kendur. Daripada mengurangi, akan lebih baik jika Anda mulai berhenti merokok dan menjaga kesehatan tubuh serta kulit. Manfaat yang diberikan oleh rokok hanyalah kenikmatan sementara, tetapi ada banyak permasalahan yang ditimbulkan di belakangnya.

9.  Konsumsi Makanan Seimbang

Untuk memaksimalkan fungsi orang tubuh dan produksi sel-sel tertentu di dalamnya, Anda perlu mengonsumsi makanan yang seimbang. Dalam setiap harinya, Anda perlu memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin melalui makanan yang dikonsumsi. Untuk membuat kulit wajah usia 40 tetap kencang dan awet muda, mengonsumsi zinc dan vitamin C adalah hal penting.

Usahakan dalam setiap makan, Anda melengkapi setiap nutrisi dan vitamin pada piring. Misalnya, terdapat karbohidrat, vitamin, mineral, protein, dan lain sebagainya. Ingat, makan seimbang tidak sama dengan hanya makan sayur dan buah saja. Anda tetap membutuhkan nutrisi yang didapatkan dari produk hewani seperti daging, susu, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Inilah Fungsi Niacinamide untuk Wajah Anda

Meskipun tidak mudah untuk mulai hidup sehat dan teratur menjalankan berbagai cara merawat kulit wajah usia 40, tetapi menciptakan kondisi wajah yang awet mudah akan menyenangkan Anda bukan? Satu hal lagi yang perlu diingat, sebaiknya kurangi konsumsi gula berlebih agar tidak terjadi penuaan dini bagi Anda yang berusia di bawah 40 tahun. 

Itulah beberapa cara mengencangkan kulit wajah yang bisa Anda coba. Jika tertarik melakukan prosedur non bedah untuk membuat kulit lebih kencang, Anda bisa segera mengunjungi JAC. Tidak sembarangan, seluruh prosedur perawatan yang dilakukan di JAC menggunakan teknologi canggih dan terkini. 

Permasalahan tanda penuaan di wajah dapat diatasi dengan Anti Wrinkle Treatment yang ditangani langsung oleh dokter ahli bersertifikasi dan berpengalaman di bidang estetika. Tak perlu berlama-lama lagi, segera konsultasikan kondisi kulit wajah Anda bersama tim JAC dan wujudkan kulit awet muda dan kencang impian Anda.

Sumber:

  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-tighten-skin-on-face#takeaway
  • https://www.healthline.com/health/how-to-tighten-loose-skin
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/326536#exercise
  • https://www.allure.com/story/how-to-get-firm-skin
  • https://dermcollective.com/how-to-tighten-skin/
  • https://kumparan.com/hello-ladies/6-cara-perawatan-wajah-usia-40-tahun-ke-atas-agar-awet-muda-1xgjLfO5wFz/full
  • https://www.sehatq.com/artikel/ingin-tampak-lebih-muda-ikuti-gerakan-senam-wajah-ini-secara-konsisten
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Desember 5, 2022
Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Desember 5, 2022
Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Desember 5, 2022

Comments are closed.