Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Adakah cara mengencangkan pipi yang kendur? Saat berkaca, melihat kulit wajah yang mulai menurun dan tidak kencang lagi akan sedikit mengesalkan. Pasalnya, permasalahan kulit kendur tidak dapat ditutupi dengan jenis dan teknik make up apa pun. Anda membutuhkan berbagai treatment atau skincare untuk mengembalikan kekencangan kulit. 

Namun ternyata, masih banyak yang belum mengetahui bahwa ada cara mengencangkan pipi yang kendur baik dalam prosedur klinis maupun rumahan. Sebab itu, JAC akan menghadirkan informasi seputar penyebab dan cara yang bisa dilakukan untuk mengencangkan pipi yang kendur. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Apa Penyebab Pipi Kendur?

Apa Penyebab Pipi Kendur

Pada dasarnya, kulit kendur menjadi hal yang pasti terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Namun, ada beberapa penyebab dan faktor lain yang mendorong kulit kendur terjadi bahkan lebih cepat dari seharusnya. Berikut merupakan informasi selengkapnya:

1. Penuaan

Seiring dengan bertambahnya usia, kondisi wajah tentu tidak akan sama lagi. Sel dalam kulit sudah pasti akan mengalami penurunan kinerja. Hal ini juga terjadi pada kolagen dan elastin yang produksinya mulai mengalami penurunan. Dalam tubuh, kolagen dan elastin berfungsi sebagai sel yang menjaga kulit tetap kencang dan memberikan elastisitas. 

Meski kondisi yang normal, bukan berarti Anda tidak wajib menjaga dan mencegahnya. Saat kulit tidak diberi nutrisi yang cukup, maka kulit kendur bisa datang lebih cepat. Hal ini akan memicu Anda mengalami penuaan dini di usia muda dan mendorong terjadinya kondisi kulit yang menjadi lebih kering dan lebih tipis. 

2. Penurunan Berat Badan

Perlu diketahui, bahwa menurunkan berat badan juga dapat menjadi salah satu penyebab kulit kendur. Saat mengalami kenaikan berat badan, kulit juga akan ikut menyesuaikan atau meregang akibat peningkatan jaringan lemak. Hal ini kemudian akan merusak jaringan kolagen dan elastin pada tubuh. 

Hasilnya, ketika Anda berhasil menurunkan berat badan ke angka sebelumnya, mungkin akan sulit bagi tubuh untuk ikut kembali ke ukuran normal meskipun sudah tidak terdapat jaringan lemak yang besar di dalamnya. Termasuk juga pada bagian pipi.

Baca juga: Waspada Ciri Wajah Kekurangan Kolagen

3. Kehamilan

Tidak jauh berbeda dengan penyebab sebelumnya, kehamilan juga melibatkan proses kenaikan berat badan. Pipi wajah mungkin akan turut mengalami peregangan akibat penambahan berat badan dan retensi air selama kehamilan. 

4. Paparan Sinar UV

Terpapar sinar matahari secara terus-menerus tanpa menggunakan sunscreen bukanlah sesuatu yang baik. Meski tidak merasakan dampaknya secara langsung, tetapi dalam beberapa waktu ke depan mungkin akan muncul tanda penuaan berupa kulit kendur. 

Hal ini dikarenakan dalam sinar matahari terdapat sinar UV yang dapat merusak lapisan kulit dan jaringan di dalamnya seperti kolagen dan elastin. Tak hanya itu, paparan sinar UV juga meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit. Sehingga penting bagi Anda dan semua orang untuk rajin menggunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 setiap hari. 

5. Gaya Hidup yang Buruk

Kebiasaan merokok, minum alkohol berlebihan, kurang konsumsi antioksidan, dan waktu tidur yang terbatas atau tidak berkualitas juga dapat mempercepat proses pipi kendur. Merokok dan alkohol pada dasarnya memang menjadi dua hal yang berbahaya bagi seluruh bagian tubuh, begitu pula wajah. 

Zat kimia pada rokok akan mempercepat proses kulit kendur, sedangkan alkohol akan membuat kadar air dalam kulit berkurang dan merusak sel-sel di dalamnya. Selain itu, radikal bebas dari polusi dapat meningkatkan stres, oleh karenanya asupan antioksidan yang cukup penting untuk pencegahan kulit kendur akibat polusi.

Baca juga: Inilah Cara Alami untuk Menghilangkan Kantung Mata yang Kendur

Bagaimana Cara Untuk Mengencangkan Pipi yang Kendur?

Bagaimana Cara Untuk Mengencangkan Pipi yang Kendur

Walaupun demikian, masih ada cara untuk mengencangkan pipi yang kendur yang sebaiknya Anda terapkan. Adapun tindakan yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan kekencangan kulit wajah di pipi antara lain:

1. Menggunakan Skincare yang Tepat secara Rutin

Menggunakan Skincare yang Tepat secara Rutin

Cara untuk mengencangkan pipi yang kendur pertama adalah menggunakan skincare dengan kandungan yang tepat seperti antioksidan, retinol, peptida, dan bahan yang mendorong produksi kolagen lainnya. Biasanya, bahan tersebut bisa Anda dapatkan pada produk skincare anti-aging dan dapat berbentuk krim maupun cair. 

Beberapa bahan di atas seperti retinol merupakan bahan aktif. Jadi setelah menggunakan produk tersebut pastikan untuk melanjutkan dengan moisturizer atau pelembap agar kulit tidak kering. Jangan lupa untuk selalu gunakan sunscreen di pagi, siang, dan sore hari sebagai perlindungan kulit terhadap paparan sinar UV baik saat di luar maupun di dalam rumah.

Baca juga: 5 Manfaat Skin Care untuk Kesehatan Kulit Wajah Anda

2. Yoga Wajah

Yoga Wajah

Melakukan yoga wajah sangat direkomendasikan untuk membuat kulit lebih kencang dan sehat. Sebab yoga dapat melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan kadar oksigen yang ada pada kulit. Meski demikian, langkah ini hanya sebagai pendukung bukan cara utama. Anda tetap harus rutin melakukan perawatan lain agar kulit menjadi lebih kencang.

3. Konsumsi Suplemen

Konsumsi Suplemen

Tidak hanya dari luar, membantu mengembalikan kolagen pada wajah dari dalam juga penting dan cukup efektif. Sebab itu, Anda bisa mulai mengonsumsi suplemen dengan kandungan kolagen yang cukup sebagai langkah mengembalikan kekencangan kulit sekaligus mencegah kulit kendur. 

Sebelum mengonsumsinya, pastikan Anda memilih suplemen berkolagen yang aman dan telah diizinkan peredarannya oleh BPOM. Mengonsumsi suplemen abal-abal dan tidak jelas kandungan serta perizinannya hanya akan menambah masalah baru sebab bisa saja berdampak buruk pada organ bagian dalam tubuh. 

4. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Konsumsi Air Putih yang Cukup untuk Mengencangkan Pipi Kendur

Menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah hal penting. Sebagian besar bagian tubuh manusia membutuhkan asupan air putih yang cukup agar berfungsi dengan baik. Pada jaringan otot, air sendiri dapat memberikan energi agar tetap kencang dan lentur. Selain itu, air dapat membantu menghidrasi kulit yang kemudian meningkatkan elastisitas dan melembapkan. 

Dalam jangka panjang, konsumsi air yang cukup akan mencegah kulit kendur, kerutan, garis halus, hingga pertumbuhan jerawat. Pastikan Anda selalu mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas per hari agar kebutuhan air dalam tubuh tercukupi.

5. Konsultasikan Kondisi Kulit ke Dokter Ahli

Konsultasikan Kondisi Kulit ke Dokter Ahli

Jika Anda merasa produk dan perawatan rumahan masih belum mampu mengatasi permasalahan kulit kendur, maka langkah paling tepat yang bisa Anda lakukan adalah mengunjungi dokter ahli dan berkonsultasi. Dokter ahli dapat melakukan beberapa perawatan klinis untuk wajah agar mengembalikan kekencangan kulit dan menghilangkan kulit kendur. 

Tidak semua prosedur perawatan dokter sebagai cara mengencangkan pipi yang kendur harus dilakukan dengan teknik bedah atau injeksi. Beberapa di antaranya juga merupakan perawatan dengan teknologi canggih. Dalam hal ini, Anda perlu memilih dokter dan lokasi perawatan yang tersertifikasi dan dapat dipastikan keahliannya seperti JAC.

JAC hadir dengan Skin Tightening Program yang memanfaakan teknologi radiofrekuensi dan ultrasound untuk mengencangkan kulit kendur di pipi atau bagian tubuh mana pun. Teknologi yang digunakan oleh JAC juga telah tersertifikasi FDA sehingga aman digunakan untuk semua orang termasuk wanita setelah melahirkan. 

Berminat untuk mencoba perawatan kulit bersama dokter dan tim ahli dari JAC? Tidak perlu ragu lagi karena JAC telah terbukti kualitasnya melalui penerimaan lima penghargaan Internasional sekaligus dari 7th Golden Record Award by Merz Aesthetics. 

Hubungi kami dan jadwalkan kehadiran Anda sekarang untuk konsultasi kondisi kulit wajah. Kembalikan kesehatan dan kekencangan kulit secara efektif, cepat, aman, dan nyaman bersama JAC.

Sumber:

  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/320809#exercises
  • https://www.drbrent.com/blog/what-causes-saggy-cheeks/#:~:text=Things%20like%20excessive%20sun%20exposure,signs%20of%20aging%20can%20help.
  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-tighten-skin-on-face#creams-and-lotions
  • https://www.aad.org/public/cosmetic/younger-looking/firm-sagging-skin
  • https://hellosehat.com/penyakit-kulit/kulit-lainnya/penuaan-kulit/
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Inilah Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Jangan Sampai Tertukar

Inilah Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Jangan Sampai Tertukar

Februari 2, 2023
Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen, Sudah Tahu Belum?

Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen, Sudah Tahu Belum?

Februari 2, 2023
Inilah Ciri Ciri Skin Barrier Rusak yang Harus Anda Ketahui

Inilah Ciri Ciri Skin Barrier Rusak yang Harus Anda Ketahui

Februari 2, 2023

Comments are closed.