Cara Menggunakan Saffron untuk Wajah Bercahaya

cara menggunakan saffron untuk wajah

Saffron merupakan tanaman bunga yang akhir-akhir ini mulai ramai diperbincangkan karena manfaatnya untuk wajah sangatlah banyak. Namun, apakah Anda tahu cara menggunakan saffron untuk wajah?

Sebagai informasi, saffron merupakan tumbuhan dengan nama latin Crocus sativus L. dan tumbuhan ini termasuk ke dalam jenis rempah-rempah. Tidak sulit untuk menemukan saffron karena tumbuhan ini tumbuh di berbagai belahan dunia.

Tumbuh saffron sudah dikenal dengan manfaatnya yang dapat membuat kulit wajah terlihat bersih, cerah, dan bahkan dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Apakah Anda tertarik untuk menggunakan saffron ke dalam rutinitas skincare sehari-hari?

Untuk itu, agar Anda dapat menggunakan saffron dalam perawatan kulit wajah, Jakarta Aesthetic Clinic akan memberikan informasi seputar cara penggunaan saffron yang sangat mudah. Silakan simak informasi lengkapnya di bawah ini.

3 Cara Menggunakan Saffron untuk Wajah

Berikut ini, ada 3 cara yang dapat Anda lakukan dalam menggunakan saffron untuk perawatan kulit wajah, yaitu:

1. Dijadikan Sebagai Toner

Cara pertama untuk menggunakan saffron dalam perawatan kulit wajah adalah dijadikan sebagai toner. Toner saffron ini dapat bermanfaat untuk menghidrasi kulit wajah agar terjaga kelembapannya serta membantu mengencangkan otot-otot kulit.

Untuk menjadikan saffron sebagai toner, Anda cukup siapkan satu helai saffron dan air mawar ataupun cairan toner lainnya. Tuangkan cairan tersebut pada kapas beserta dengan saffron, tunggu hingga warna kapas mulai berubah, kemudian aplikasikan pada kulit wajah Anda.

Baca juga: Cara Menggunakan Toner yang Benar untuk Hasil Terbaik

2. Dijadikan Sebagai Scrub

Saffron juga dapat dijadikan sebagai scrub wajah alami dan Anda juga dapat mencampurkannya dengan berbagai bahan alami lainnya. Anda dapat menyiapkan kunyit yang ditumbuk dengan saffron, tambahkan sedikit toner, lalu aplikasikan pada kulit wajah.

Ketika mengaplikasikan scrub tersebut, pijat-pijat kulit wajah Anda agar scrub dapat bekerja maksimal dalam membersihkan kulit wajah hingga ke lapisan terdalam. Lakukan hal tersebut selama 5 menit kemudian bilas dengan air bersih.

3. Dijadikan Sebagai Masker

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan dalam menggunakan saffron untuk wajah adalah dengan menjadikannya sebagai masker. Anda dapat menggabungkan berbagai bahan alami dalam pembuatan masker ini seperti mencampurkannya dengan susu murni ataupun ditambahkan dengan kunyit. 

Masker saffron dapat membuat kulit wajah Anda terlihat lebih cerah. Anda hanya perlu menggunakan masker saffron ini selama 15 menit selama 2 hingga 3 kali seminggu untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Baca juga: 5 Masker dari Bahan Alami untuk Menghilangkan Flek Hitam

Manfaat Saffron bagi Kulit Wajah

Saffron memiliki berbagai kandungan yang sangat baik untuk kulit wajah Anda. Adapun manfaat kandungan tersebut bagi kulit wajah adalah sebagai berikut:

  • Kandungan antioksidan dalam tanaman saffron dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh Anda. Untuk kulit wajah sendiri, kandungan antioksidan ini dapat membantu mengatasi peradangan pada kulit serta memperbaiki sel kulit yang rusak.
  • Senyawa flavonoid yang terkandung dalam saffron mampu melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV. Wajah yang sering terkena paparan sinar matahari akan mudah mengalami kerusakan dan bahkan menyebabkan penuaan dini.
  • Selain mengatasi peradangan pada kulit wajah, saffron juga dapat memudarkan noda bekas jerawat dengan efektif. Hal ini dikarenakan saffron dapat mengangkat sel-sel mati pada kulit, terutama jika dijadikan sebagai masker yang dicampur dengan susu.

Baca juga: 13 Cara Perawatan Wajah Secara Alami Di Rumah

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara penggunaan saffron untuk mendapatkan wajah yang bercahaya. Apabila Anda ingin melakukan perawatan kulit lainnya untuk membuat kulit wajah tampak lebih cerah, silakan hubungi Jakarta Aesthetic Clinic sekarang juga dan kami akan memberikan rekomendasi perawatan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing kulit.

Sumber:

https://www.stylecraze.com/articles/the-golden-secret-homemade-face-packs-with-saffron/

https://www.byrdie.com/saffron-skincare-4777023

https://www.femina.in/beauty/skin/8-beauty-benefits-of-saffron-38653-3.html

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Cara Memanjangkan Rambut Dengan Minyak Zaitun

Cara Memanjangkan Rambut Dengan Minyak Zaitun

November 23, 2021
Cara Mengatasi Kerutan di Wajah dengan Anti-Wrinkle Injection

Cara Mengatasi Kerutan di Wajah dengan Anti-Wrinkle Injection

November 23, 2021
7 Cara Merawat Wajah Pria agar Putih dan Bersih

7 Cara Merawat Wajah Pria agar Putih dan Bersih

November 23, 2021

Comments are closed.