Kebiasaan Ini Merupakan Cara Menghaluskan Wajah

cara menghaluskan wajah

Ingin memiliki kulit wajah yang halus? Memiliki kulit wajah yang halus memang merupakan keinginan banyak orang. Dengan kulit wajah yang halus, kita dapat lebih percaya diri dengan penampilan yang kita miliki.

Tanpa disadari, terdapat banyak kebiasaan sehari-hari yang mempengaruhi kehalusan kulit, baik secara negatif maupun positif. Kebiasaan seperti jarang mencuci muka, tidak melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan polusi udara, serta sering menyentuh wajah dengan tangan kotor dapat membuat kulit rusak dan kasar.

Lalu, bagaimana cara menghaluskan kulit wajah secara alami? Caranya tidaklah sulit, cukup perhatikan 7 kebiasaan baik di bawah ini dan ikutilah setiap harinya.

 

Cara Menghaluskan Kulit Wajah Secara Alami

Untuk menjaga kesehatan kulit wajah bukanlah perkara yang sulit. Hanya dengan beberapa kebiasaan baik saja. Tanpa perlu ritual berlebih, berikut ini kebiasaan yang membuat wajah kamu lebih halus dan sehat.

 

1. Selalu bersihkan muka setiap hari

Cara menghaluskan wajah yang pertama adalah dengan membersihkan muka setiap hari secara rutin, yaitu di pagi dan malam hari. Dan hal ini wajib hukumnya, bahkan sebelum tidur. Pasalnya, sisa makeup atau debu yang menempel di wajah akan membuat bakteri bersarang dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Gunakan produk pembersih yang tepat untuk menghilangkan sisa makeup dan debu yang menempel. Kemudian, pakailah facial wash atau sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulitmu. Lalu, disarankan untuk bilas dengan air hangat agar pori-pori terbuka dan benar-benar bersih.

 

2. Hindari menyentuh wajah

Salah satu cara menghaluskan kulit wajah yang sering dilupakan adalah berhenti menyentuh wajah, terutama dengan tangan yang kotor. Kebiasaan yang satu ini bisa membuat komedo dan jerawat timbul. Bukan hanya itu saja, infeksi dan bintik hitam juga bisa muncul. Jadi, bagi kamu yang suka menyandarkan dagu di tangan atau pipi, mulai saat ini harus berhenti melakukannya.

Menurut penelitian, kebiasaan menyentuh wajah bisa membawa bakteri yang ada di kulit tangan dan berpindah ke wajah. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya jerawat dan pori – pori menjadi tersumbat.

 

3. Selalu gunakan tabir surya

Cara menghaluskan wajah selanjutnya adalah biasakan diri untuk selalu menggunakan tabir surya atau sunscreen kemanapun Anda pergi. Terlebih lagi, bagi kamu yang beraktivitas lebih banyak di bawah sinar matahari. Produk ini sendiri membantu dalam mencegah penuaan dini serta timbulnya bintik – bintik hitam. Bukan hanya itu saja, kamu juga harus menggunakan tabir surya ke seluruh tubuh untuk perlindungan ekstra.

Untuk hasil maksimal, oleskan pada wajah dan tubuh 15 menit sebelum kamu pergi ke luar ruangan. Gunakan sunscreen secara rutin sekalipun cuaca mendung atau hujan karena tetap ada sinar UV yang dapat merusak kulitmu. Lalu, agar kulitmu terlindungi seharian, aplikasikan kembali sunscreen setiap dua hingga empat jam sekali.

 

4. Jangan lupakan pelembab setelah mandi

Kulit yang kering dan dehidrasi akan terasa kasar. Oleh karena itu, cara menghaluskan wajah berikutnya adalah selalu gunakan pelembab secara rutin setelah mandi. Sesuai namanya, produk ini mampu membuat kulit wajah tetap lembab dan tidak mudah kering. Dengan begitu, wajah akan semakin halus. Untuk membuatnya semakin maksimal, pilih pelembab dengan kandungan gliserin, dimethiconep, lanolin dan petrolatum.

 

Baca juga: Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dengan Bahan Alami

 

5. Gunakan minyak wajah

Cara menghaluskan kulit wajah yang selanjutnya bisa juga dengan menggunakan minyak. Namun, minyak yang dimaksud bukanlah minyak pada umumnya. Minyak yang bisa digunakan adalah minyak kelapa, minyak almond, atau minyak zaitun. Kamu bisa menggunakan salah satunya setelah menggunakan pelembab. Hal ini akan membuat wajah kamu semakin lembab. Selain itu, juga menghindarkan kulit dari dehidrasi dan tetap lembut.

 

6. Jangan lupakan masker

Cara menghaluskan wajah yang terakhir adalah dengan melakukan perawatan. Perawatan yang dimaksud adalah dengan menggunakan masker. Masker yang digunakan pun adalah masker yang dibuat dengan bahan alami yang kamu olah sendiri. Contohnya, masker dari campuran lemon dan madu ampuh untuk menghaluskan wajah secara alami.

Masker yang tersebut memang sangat berguna untuk menghaluskan kulit. Belum lagi, lemon yang kaya akan antioksidan dan vitamin C. Lemon juga memiliki kandungan asam alpha hidroksi yang bisa mengangkat sel kulit mati dan menangkal radikal bebas.

 

7. Eksfoliasi secara rutin

Penumpukan sel kulit mati dapat membuat kulit tampak kusam dan terasa kasar. Maka dari itu, eksfoliasi adalah salah satu cara terbaik untuk menghaluskan kulit wajah. Dengan membuang lapisan sel kulit mati, tubuh akan terangsang untuk membuat jaringan sel kulit baru yang lebih sehat, cerah, dan juga halus.

Eksfoliasi tidak harus repot. Kamu bisa menggunakan berbagai scrub yang dibuat dengan bahan alami. Berikut ini adalah beberapa bahan alami untuk menghaluskan wajah yang bisa kamu gunakan:

  • Bubuk kopi
  • Gula
  • Garam
  • Oatmeal

Cukup basahi kulit wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori, lalu gosokkan scrub dengan lembut selama 5 hingga 15 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih dan lanjutkan rangkaian perawatan kulitmu. Lakukan eksfoliasi sebanyak 2 hingga 3 kali per minggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

Itulah beberapa kebiasaan yang bisa kamu lakukan sebagai cara menghaluskan wajah secara alami dengan kebiasaan-kebiasaan kecil. Asalkan kamu konsisten melakukannya, kulit wajahmu pun lama-lama akan menjadi lebih halus dan tampak lebih cantik.

Source:

  • https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/menghaluskan-wajah-secara-alami/?amp=1
  • https://m.liputan6.com/hot/read/4170648/12-cara-menghaluskan-kulit-wajah-secara-alami-sehat-dan-ampuh
  • https://www.afoodiestaysfit.com/12-healthy-habits-for-clear-skin/

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Agustus 28, 2021
5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

Agustus 28, 2021
10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

Agustus 28, 2021

Comments are closed.