7 Cara Menghilangkan Bibir Hitam Menjadi Pink

Bagaimana cara menghilangkan bibir hitam menjadi pink? Pasti Anda tidak merasa nyaman dengan bibir berwarna hitam. Untungnya ada beberapa cara menghilangkan warna hitam pada bibir sehingga bisa menjadi pink dan terlihat menawan. Cara-cara yang akan diberikan pun terhitung alami. Jadi, Anda tidak perlu takut untuk mencobanya.

6 Penyebab Bibir Hitam

Ada beberapa penyebab bibir Anda bisa menjadi kehitaman. Salah satu penyebab utamanya adalah hiperpigmentasi. Kondisi ini terjadi karena kelebihan melanin. Selain melanin, hiperpigmentasi juga disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

  1. Kurangnya mengonsumsi air putih setiap hari
  2. Mendapatkan paparan sinar matahari yang berlebihan
  3. Merokok
  4. Reaksi alergi akibat pasta gigi dan lipstik
  5. Sering menggigit bibir
  6. Terlalu banyak mengonsumsi kafein

Kalau memang salah satu penyebab di atas sering Anda lakukan, sebaiknya segera hindari dan mulai melakukan beberapa cara menghilangkan bibir hitam menjadi pink di bawah ini.

Baca juga: 5 Cara Memerahkan Bibir dengan Lemon

Bagaimana Cara Menghilangkan Bibir Hitam Menjadi Pink?

Ada berbagai bahan alami yang dapat menghilangkan bibir hitam hingga kembali menjadi warna pink. Inilah cara-caranya.

1. Potongan Lemon

Anda dapat menggunakan potongan lemon untuk menghilangkan bibir hitam karena bersifat menghambat melanin. Untuk melakukan cara ini, Anda dapat memotong lemon lalu menggosokkan ke bagian bibir secara lembut. Diamkan semalaman, baru cuci bibir pada pagi hari menggunakan air dingin.

Anda wajib melakukannya secara rutin sampai mendapatkan hasil terbaik. Biasanya membutuhkan waktu sekitar 30 hari saja.

2. Lemon dan Gula

Selain potongan lemon tanpa tambahan apa-apa, bisa juga dikombinasikan dengan gula. Sebelum tidur, potong lemon lalu rendam dengan gula. Lemon yang sudah diselimuti dengan gula itu bisa langsung Anda oleskan ke bagian bibir. Diamkan semalaman lalu bilas pada esok pagi dengan air hangat. Rasakan hasilnya setelah melakukannya secara konsisten.

3. Jeruk Nipis

Varian buah citrus lainnya yang dapat menghilangkan bibir hitam adalah jeruk nipis karena memiliki anti-melanin secara alami. Untuk cara ini, Anda membutuhkan mangkuk kecil, lalu campurkan:

  • Satu setengah sendok teh air jeruk nipis
  • Satu sendok teh madu
  • Satu sendok teh gliserin

Oleskan ke bagian bibir yang kehitaman sebelum tidur, lalu diamkan semalaman. Bilas bibir pada esok pagi dan lakukan cara ini berulang kali hingga Anda melihat hasilnya.

Baca juga: Cara Menipiskan Bibir Tanpa Operasi yang Aman Dicoba!

4. Kunyit

Sama seperti lemon, kunyit dinilai mampu menghambat melanin dalam tubuh. Tentu saja kunyit bisa dimaksimalkan untuk menghilangkan bibir hitam.

Anda dapat menyiapkan mangkuk kecil, lalu campurkan:

  • Satu sendok makan susu
  • Bubuk kunyit secukupnya

Campurkan kedua bahan tersebut hingga berbentuk seperti pasta. Jangan sampai terlalu cair karena itu menandakan terlalu banyak campuran susu di dalamnya. Kemudian, basahkan jari Anda dan oleskan campuran keduanya ke bibir. Diamkan selama lima menit sebelum dibilas dengan air dingin. Setelah itu, gunakan moisturizer favorit Anda agar bibir tetap lembab.

5. Aloe Vera

Aloe vera memang membawa banyak manfaat untuk tubuh Anda. termasuk menghilangkan masalah bibir hitam. Mampu menghambat produksi melanin, Anda bisa mengoleskan gel aloe vera ke bagian bibir yang hitam. Diamkan hingga mengering lalu dapat Anda bilas dengan air hangat. 

6. Delima

Buah pomegranate atau delima sangat bagus untuk mencerahkan kulit akibat hiperpigmentasi. Buatlah campuran ini menjadi pasta:

  • Satu sendok makan buah delima
  • Satu sendok makan air melati
  • Satu sendok makan dairy cream segar

Campurkan hingga merata dan memiliki tekstur seperti pasta. Anda bisa mulai mengoleskannya ke bibir dengan gaya memijat secara perlahan selama tiga menit. Jika sudah, bilas bibir dengan air dingin. 

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Bibir Kering Menggunakan Bahan Alami

7. Minyak Wijen

Minyak wijen mengandung lignan aktif yang disebut sesamol. Kandungan ini mampu menghambat produksi melanin.

Oleskan minyak wijen ke bibir Anda secukupnya. Diamkan hingga mengering. Jika terasa kurang, Anda dapat mengoleskannya kembali. Kemudian tinggal bilas dengan air dingin. Namun dibandingkan cara lain yang biasanya hanya dilakukan satu kali sehari, penggunaan minyak wijen ini sebaiknya diulang dua hingga tiga kali sehari.

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan salah satu cara menghilangkan bibir hitam menjadi pink? Dengan bahan yang mudah ditemukan, yuk maksimalkan cara ini sekarang juga!

Temukan juga prosedur perawatan kulit dan wajah di Jakarta Aesthetic Clinic yang bisa membantu Anda untuk memaksimalkan penampilan diri Anda di sini.

Source:

https://www.healthline.com/health/dark-lips#remedies 
https://www.stylecraze.com/articles/get-rid-of-dark-lips/

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata dengan Es Batu

Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata dengan Es Batu

April 2, 2021
Cryolipolysis Adalah Metode Menghilangkan Lemak yang Bisa Anda Coba

Cryolipolysis Adalah Metode Menghilangkan Lemak yang Bisa Anda Coba

April 2, 2021
Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata dengan Minyak Zaitun

Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata dengan Minyak Zaitun

April 2, 2021

Comments are closed.