7 Cara Menghilangkan Bibir Hitam dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Bibir Hitam

 

Memiliki bibir yang hitam sering kali mengganggu penampilan, karena warna lipstick pun terkadang tidak bisa menutupinya. Banyak sekali faktor penyebab bibir hitam yang bisa muncul, mulai dari paparan sinar matahari, mengonsumsi kafein berlebihan, pemakaian lipstick yang berlebihan, kebiasaan merokok, hingga kebiasaan menggigit atau menjilat bibir. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara menghilangkan bibir hitam dengan bahan alami yang bisa Anda aplikasikan sendiri di rumah. Simak ulasan berikut!

 

7 Cara Menghilangkan Bibir Hitam Secara Alami

Mengatasi bibir hitam tidak harus mahal atau merepotkan. Anda bisa mencerahkan warna bibir Anda secara natural dengan berbagai bahan-bahan alami. Berikut ini adalah tujuh tips-nya untuk Anda.

 

1. Scrub Bibir

Penumpukan sel kulit mati pada bibir tidak hanya membuat bibir Anda kering, tapi juga gelap. Dengan mengangkat sel kulit mati dari bibir, Anda bisa mendorong terjadinya proses regenerasi sel kulit agar bibir Anda tampak lebih cerah dan merah merona. Salah satu cara menghilangkan bibir hitam yang paling ampuh adalah dengan melakukan scrub bibir.

Anda bisa membuat scrub bibir alami dengan menggunakan madu dan gula. Campurkan kedua bahan tersebut, kemudian balurkan ke permukaan bibir dan lakukan pemijatan selama satu menit. Biarkan hingga beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih. Lakukan hal ini selama dua hingga tiga kali seminggu untuk hasil yang lebih maksimal. Kandungan antioksidan pada madu dan gula dapat membuat bibir Anda cerah dan lembap secara alami.

 

2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah buah dengan beragam kandungan vitamin dan mineral, mulai dari vitamin C, A, E, K, potassium, kalsium, magnesium dan fosfor. Kandungannya ini mampu mendorong menumbuhkan sel kulit bibir baru yang lebih sehat dan cerah. Jadi, jeruk nipis bisa digunakan untuk mencerahkan bibir yang gelap.

Anda bisa mengoleskan air jeruk nipis ke permukaan bibir secara merata, biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih dan lapisi bibir dengan pelembap. Lakukan dua kali sehari untuk hasil yang lebih maksimal. Anda juga bisa menggunakan jenis jeruk lainnya seperti jeruk lemon, dan mengkombinasikannya dengan madu untuk hasil yang optimal.

 

Baca Juga: Cara Mengatasi Bibir Kering

 

3. Minyak Almond

Salah satu bahan alami yang bisa memerahkan bibir secara alami yaitu minyak almond. Anda bisa mengoleskannya setiap hari sebelum tidur. Kandungan pada almond dapat menghilangkan warna gelap, alias pigmentasi pada bibir jika digunakan secara teratur. Selain itu, jika digunakan semalaman, minyak almond juga dapat membuat bibir terasa lembap, kenyal dan sehat. Anda juga bisa mengkombinasikan bahan lain untuk dicampurkan seperti madu.

 

4. Air Mawar

Air mawar juga bisa membuat bibir terlihat lebih cerah serta terasa lebih lembut. Cara menghilangkan bibir hitam dengan air mawar adalah dengan mencampurkan beberapa kelopak bunga mawar ke dalam segelas susu, biarkan semalaman. Kemudian, hancurkan kelopak bunga tersebut hingga campuran susu dan kelopak berbentuk pasta. Balurkan pasta ini ke bibir dan biarkan selama 15 menit. Anda juga bisa menggunakannya sebagai masker bibir dan biarkan semalaman untuk hasil yang lebih maksimal.

 

Baca Juga: Cara Menipiskan Bibir

 

5. Daun Mint

Cara menghilangkan bibir hitam lainnya adalah dengan menggunakan daun mint. Anda bisa menghancurkan 5 hingga 6 lembar daun mint, campurkan dengan beberapa tetes madu sehingga dapat diaplikasikan dengan mudah ke bibir. Oleskan setiap 3 hari sekali dan bibir Anda akan terlihat lebih cerah. Hal ini karena daun mint memiliki zat serupa ‘bleaching’ yang bisa menahan melanin dan memutihkan permukaan bibir. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes air lemon untuk hasil yang lebih maksimal.

 

6. Kunyit

Kunyit merupakan bahan rempah alami yang mengandung banyak sekali manfaat untuk obat maupun kecantikan. Tidak hanya itu, cara lain yang juga efektif adalah dengan menggunakan bahan rempah yang satu ini karena zat yang terkandung di dalamnya dapat menghambat terbentuknya melanin. Campurkan 1 sendok makan susu dengan bubuk kunyit secukupnya, aduk hingga berbentuk pasta yang kental kemudian oleskan ke permukaan bibir dan biarkan selama beberapa menit. Setelah mengering, bilas dengan air kemudian lapisi bibir dengan pelembap.

 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Garis Senyum

 

7. Delima

Buah delima atau dikenal dengan nama Pomegranate juga bisa menjadi solusi cara menghilangkan bibir hitam. Hancurkan buah delima hingga berbentuk pasta, kemudian oleskan ke permukaan bibir dan biarkan selama beberapa menit. Jika dilakukan secara teratur, warna hitam di bibir Anda akan berkurang dan digantikan oleh warna pink cerah alami yang menawan.

 

Itulah beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan bibir hitam. Dengan bahan alami, tentu Anda tidak perlu memikirkan bahaya efek samping yang seringkali disebabkan oleh bahan-bahan kimia. Selain itu, biasakan untuk minum air putih secara teratur untuk mendapatkan bibir yang terlihat merah secara alami dan segar. Semoga bermanfaat.

 

Sumber:

  • Fimela. 18 April 2018. 20 Cara Menghilangkan Bibir Hitam dengan Cepat secara Alami. https://www.fimela.com/beauty-health/read/3852581/20-cara-menghilangkan-bibir-hitam-dengan-cepat-secara-alami
  • Gabe, Louisa. 14 November 2018. 5 Cara Menghilangkan Bibir Hitam Ampuh secara Cepat dan Alami. https://www.idntimes.com/life/women/louisa-gabe/cara-ampuh-hilangkan-bibir-hitam-c1c2/full
  • Lesmana, Bella. 28 Agustus 2019. 5 Cara Mudah Mengatasi Bibir Hitam secara Alami. https://www.popmama.com/life/fashion-and-beauty/bella-lesmana/cara-mengatasi-bibir-hitam/full

 

dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Desember 5, 2022
Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Desember 5, 2022
Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Desember 5, 2022

Comments are closed.