5 Cara Menghilangkan Blackhead di Area Hidung

5 Cara Menghilangkan Blackhead di Area Hidung

 

Komedo di wajah merupakan hal menakutkan bagi para wanita. Meskipun ukurannya kecil, namun di sisi lain bersifat membandel dan susah dihilangkan. Sebenarnya, komedo hitam muncul di kulit karena folikel rambut yang tersumbat. Orang yang biasanya mengalami komedo adalah orang yang memiliki kulit tipe berminyak dengan pori-pori yang lebih besar. Namun tidak lepas kemungkinan bahwa pemilik kulit kering atau kombinasi juga dapat terserang komedo.

Berbeda dengan jerawat, komedo justru tidak menimbulkan rasa sakit. Keberadaan komedo hanya mengganggu penampilan karena berupa bintik-bintik hitam yang banyak jumlahnya. Komedo merupakan kondisi kulit yang sangat banyak menyerang remaja di masa pubertas. Namun apabila tidak segera ditangani, komedo dapat perlahan berubah menjadi jerawat. 

Bagian tubuh pun dapat dihuni oleh komedo. Komedo kerap kali ada di bagian tubuh seperti leher, bahu, dada, lengan, dan punggung. Sedangkan pada wajah, komedo banyak muncul di area hidung, dahi, dan daerah dagu. Banyak wanita yang mengeluhkan komedo membandel di hidung. Sebenarnya, apa sih yang harus dilakukan untuk menghilangkannya? Yuk, ikuti 5 cara menghilangkan blackhead di area hidung berikut ini!

 

Diangkat secara Manual

Untuk melakukan cara ini, kamu harus menggunakan round loop extractor yang merupakan alat khusus untuk mengangkat komedo. Kamu harus mengunjungi orang profesional yang ahli menggunakan alat ini. Orang yang sudah terlatih akan dengan mudah mengeluarkan sumbatan pori-pori wajahmu. Komedo yang sudah lama bersarang tetap dapat terangkat dengan bersih.

 

Baca Juga: Begini Cara Tepat Menghilangkan Jerawat Batu di Hidung

 

Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi merupakan prosedur bedah ringan. Prosedur ini digunakan untuk mendapatkan kulit baru yang baik secara tekstur maupun warna. Mikrodermabrasi dilakukan dengan cara mengkikis lapisan terluar dari kulit menggunakan alat khusus. Alat tersebut memiliki permukaan yang kasar sehingga komedo dapat terangkat dan terkikis.

Selain menggunakan alat pengkikis kulit, mikrodermabrasi dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan partikel dengan alat vakum. Partikel halus tersebut berupa natrium bikarbonat dan aluminium oksida. Tujuan prosedur ini tetap sama, yaitu untuk memperbaiki warna dan tekstur kulit.

Prosedur ini memakan waktu yang lumayan lama, yaitu sekitar satu jam. Prosedur ini juga memiliki efek samping. Wajah akan mengalami pembengkakan ringan dan kemerahan. Namun tenang saja, efek samping ini dapat hilang hanya dalam beberapa jam saja.

 

Baca Juga: 4 Langkah Mudah Menghilangkan Flek Hitam di Sekitar Hidung

 

Chemical Peeling

Chemical peel adalah salah satu cara efektif untuk menghilangkan komedo. Dengan membuang sel kulit mati pada wajah, blackheads juga akan otomatis berkurang. Prosedur ini memiliki banyak keuntungan selain hanya menghilangkan komedo. Tekstur kulit wajah akan lebih merata dan wajah akan terlihat lebih cerah dengan chemical peeling.

Dokter akan memberikan cairan kimia pada kulit wajahmu. Cairan didiamkan agar benar-benar sepenuhnya meresap ke dalam pori-pori. Cairan kimia ini dapat membantu lapisan kulit paling luar untuk mengelupas. Maka lapisan kulit akan tergantikan lapisan baru yang lebih halus.

 

Baca Juga: Tak Perlu Kesal, Ini Cara Menghilangkan Komedo Hitam dan Putih di Hidung

 

Laser dan Terapi Cahaya

Kamu dapat melakukan prosedur perawatan berupa laser dan terapi cahaya. Prosedur ini berguna untuk mengurangi produksi minyak pada wajah. Selain itu, bakteri-bakteri pada wajah juga akan terbunuh. Prosedur ini berbeda dengan prosedur lain karena menangani masalah dari dalam kulit dan tidak merusak lapisan luar kulit wajah.

 

Baca Juga: Serba Serbi Filler Hidung yang Perlu Anda Ketahui

 

Cuci Muka secara Teratur

Selain melakukan berbagai prosedur untuk menghilangkan komedo, kamu juga dapat menghilangkan komedo sendiri di rumah lho. Cara sesederhana mencuci muka secara teratur dapat perlahan menghilangkan komedo di wajahmu. Pori-pori akan lebih sulit tersumbat karena kotoran dan minyaknya hilang dari wajah.

Pastikan kamu membersihkan wajah dua kali sehari. Jangan mencuci wajah terlalu sering maupun terlalu jarang. Mencuci muka terlalu sering juga tidak baik karena akan rentan denagn masalah lainnya.

Carilah pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Usahakan untuk menggunakan sabun cuci wajah yang mengandung antibakteri. Apabila bakteri berkurang, maka komedo juga akan lebih jarang muncul.

 

Kamu dapat mengikuti 5 cara di atas untuk menghilangkan blackheads dari area hidungmu. Apabila komedo sudah hilang, maka jagalah kebersihan wajahmu agar komedo tidak muncul lagi. Selamat mencoba!

 

 

Sumber:

  • Widya Citra Andini. 31 Oktober 2019. Komedo Hitam. https://hellosehat.com/kesehatan/penyakit/komedo-hitam-blackhead/
  • Dina Lathifa. 18 Februari 2019. 7 Cara Mudah Mengatasi Blackhead yang Membandel. https://www.popbela.com/beauty/skin/dinalathifa/cara-mengatasi-komedo-1
  • Fimela. 26 Maret 2018. 15 Cara Alami Menghilangkan Komedo Hitam dan Putih di Hidung dengan Cepat. https://www.fimela.com/beauty-health/read/3852541/15-cara-alami-menghilangkan-komedo-hitam-dan-putih-di-hidung-dengan-cepat
Dr. Olivia Ong

Dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Rekomendasi Dokter Kecantikan Terpercaya di Jakarta Selatan

Rekomendasi Dokter Kecantikan Terpercaya di Jakarta Selatan

Agustus 27, 2020
5 Tips Memilih Dokter Kecantikan di Jakarta

5 Tips Memilih Dokter Kecantikan di Jakarta

Agustus 27, 2020
Klinik Kecantikan di Jakarta Selatan Ini Siap Bantu Anda Tampil Cantik

Klinik Kecantikan di Jakarta Selatan Ini Siap Bantu Anda Tampil Cantik

Agustus 27, 2020

Comments are closed.