10 Cara Mudah Menghilangkan Bruntusan di Wajah dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

 

Bruntusan di wajah dapat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri seseorang. Penyebab bruntusan sendiri ada banyak faktor, mulai dari terpapar sinar matahari dan debu secara langsung hingga karena salah memilih produk perawatan. Namun tak perlu khawatir, Anda dapat menggunakan cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan bahan alami berikut ini.

Melakukan Perawatan

Melakukan perawatan adalah cara yang sering dipilih sebagian besar orang dalam menghilangkan bruntusan di wajah. Namun, hal ini tidak dapat Anda lakukan secara sembarangan. Lalu, perawatan apa saja yang baik sebagai cara menghilangkan bruntusan di wajah?

1. Exfoliating

Anda dapat melakukan exfoliating yakni mengangkat sel kulit mati maupun minyak berelebih penyebab bruntusan. Anda dapat menggunakan produk tertentu yang mengandung salicylic acid. Exfoliasi setidaknya bisa Anda lakukan seminggu sekali secara berkala untuk hasil yang optimal.

2. Serum Wajah

Selain melakukan exfoliating, serum wajah juga ampuh menghilangkan bruntusan di wajah. Serum memiliki kandungan alami dan membuat lebih kebal terhadap zat niacinamide, benzoyl, dan peroxide. Di mana zat tersebut menjadi pemicu bruntusan di wajah. Anda dapat menggunakan serum secara rutin sebelum tidur setiap hari.

 

Baca Juga: Cara Mengencangkan Kulit Wajah

 

3. Kurangi Menggunakan Makeup

Bagi wanita, makeup menjadi bagian yang tak terpisahkan untuk menunjang penampilan. Di sisi lain, pemakaian makeup yang berlebihan bisa menjadi penyebab bruntusan di wajah. Terlebih lagi bila kulit tidak cocok dengan kandungan makeup. Oleh karena itulah, Anda perlu untuk mengurangi penggunaan makeup bila tidak diperlukan.

4. Moisturizer

Moisturizer memiliki manfaat menjaga kelembapan kulit. Dengan begitu, wajah akan terasa nyaman dan dapat mencegah terjadinya bruntusan di wajah. Gunakanlah krim moisturizer secara berkala sesuai dengan anjuran dan jenis kulit agar hasilnya optimal dan bruntusan dapat dicegah dengan cepat.

 

Baca Juga: Cara Memutihkan Wajah secara Alami

 

5. Lakukan Double Cleansing

Kemudian, perawatan alami sebagai cara menghilangkan bruntusan di wajah adalah dengan melakukan double cleansing. Dengan kata lain adalah proses membersihkan wajah dengan dua langkah. Pertama, Anda bisa membersihkan dengan menggunakan pembersih yang mengandung oil based atau water based cleanser. Langkah kedua, adalah bisa menggunakan facewash.

Menggunakan Bahan Alami

Cara menghilangkan bruntusan di wajah selain dengan melakukan perawatan, bisa juga Anda coba dengan menggunakan bahan alami. Penggunaan bahan alami ini banyak digunakan karena aman untuk kulit tanpa menggunakan bahan kimia. Berikut beberapa rekomendasi bahan alami menghilangkan bruntusan yang dapat Anda coba gunakan.

1. Lidah Buaya

Bahan alami pertama yang bisa dicoba adalah lidah buaya. Tanaman bernama latin Aloe vera ini memiliki kandungan alami yang bisa menenangkan kulit yang iritasi dan gatal karena bruntusan. Misalnya saja kandungan vitamin E-nya yang baik untuk kulit. Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya alami pada bagian wajah yang terdapat bruntusan secara merata menjelang tidur.

2. Madu

Madu juga dikenal memiliki manfaat alami bagi kulit, salah satunya adalah mengatasi jerawat dan bruntusan pada wajah hingga kulit kusam. Bahan alami dari madu sangat efektif bila Anda menggunakannya dengan rutin. Menggunakannya pun sangat mudah, yakni oleskanlah madu tersebut secukupnya pada kulit wajah yang bruntusan. Namun, sebelumnya cuci muka terlebih dahulu hingga bersih. Setelah madu dioleskan, tunggulah sekitar 30 menit dan bilas menggunakan air bersih sampai merata.

 

Baca Juga: Cara Mencerahkan Wajah

 

3. Teh Hijau

Selanjutnya, cara menghilangkan bruntusan di wajah menggunakan bahan alami bisa menggunakan teh hijau. Selain baik untuk kesehatan tubuh, teh hijau juga ampuh dalam menjaga kulit wajah tetap kencang dan sehat. Ini karena adanya kandungan antioksidan yang tinggi. Anda dapat mengoleskan air teh hijau pada area wajah yang terdapat bruntusan secara merata. 

4. Es Batu

Selain menyegarkan, es batu ternyata memiliki khasiat untuk menjaga kuit sehat dan bisa digunakan mengobati bruntusan. Anda cukup mengoleskan es batu secara perlahan ke seluruh wajah yang terdapat bruntusan dengan merata. Agar mendapatkan hasil terbaik, sebaiknya gunakan es batu yang berasal dari air bersih atau air yang sudah dimasak.

 

Baca Juga: Masker Alami untuk Memutihkan Wajah

 

5. Lemon

Cara terakhir adalah dengan menggunakan bahan alami yakni dengan menggunakan lemon. Akan tetapi, Anda harus berhati-hati ketika memiliki kulit sensitif saat menggunakannya. Ini karena dalam lemon terdapat kandungan asam cukup tinggi. Anda bisa mencampur air perasan lemon dengan putih telur. Kemudian, oleskan bahan campuran ini pada wajah secara merata dan tunggulah kurang lebih 20 menit, lalu bersihkan dengan air bersih saat sudah mengering.

 

 

Mudah bukan cara menghilangkan bruntusan di wajah menggunakan bahan alami tersebut? Agar wajah tetap sehat dan berseri, Anda dapat melakukan perawatan dengan memilih klinik yang tepat, salah satunya adalah di Jakarta Aesthetic Clinic (JAC).

 

Sumber:

 

Dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Mengenal Filler Hidung untuk Kecantikan

Mengenal Filler Hidung untuk Kecantikan

Oktober 1, 2020
Mencari Dokter Kulit Jakarta Selatan Terbaik

Mencari Dokter Kulit Jakarta Selatan Terbaik

Oktober 1, 2020
6 Cara Menghilangkan Stretch Mark di Tubuh

6 Cara Menghilangkan Stretch Mark di Tubuh

Oktober 1, 2020

Comments are closed.