4 Cara Menghilangkan Dark Circle di Bawah Mata

Cara Menghilangkan Dark Circle

 

Lingkaran hitam (dark circle) di bawah mata merupakan salah satu masalah yang paling umum dihadapi banyak orang. Penyebabnya beragam, mulai dari genetik, kulit yang mengendur seiring bertambahnya usia, hingga kurang tidur. Apa pun penyebabnya, yang jelas dark circle dapat mengganggu penampilan. Anda jadi terlihat kuyu dan kurang fresh. Untungnya, kondisi satu ini dapat diatasi dengan beberapa cara tertentu. Berikut cara menghilangkan dark circle di bawah mata yang bisa Anda lakukan.

 

1. Kompres dengan Es Batu atau Air Dingin

Dark circle dapat dihilangkan dengan melakukan berbagai perawatan rumahan. Salah satu cara menghilangkan dark circle yang paling mudah adalah mengompresnya dengan es batu. Bungkus beberapa keping es batu dalam selembar kain handuk bersih, lalu tempelkan pada mata Anda. Jika sedang tidak ada es batu, Anda juga bisa merendam kain handuk tersebut dalam air dingin dan menempelkannya pada kulit di area mata selama kurang lebih dua puluh menit.

Ketika es batu mulai mencair, atau kain handuk Anda sudah mulai terasa tidak dingin, segera ulangi kembali prosesnya. Cara kompres dingin seperti ini akan membantu memperkecil pembuluh darah yang membesar. Alhasil, bengkak jadi berkurang sehingga dark circle pun perlahan menghilang.

 

2. Aplikasikan Kantong Teh Celup Dingin di Bawah Mata

Punya teh celup di rumah? Anda juga bisa menggunakannya sebagai cara menghilangkan dark circle di bawah mata. Teh mengandung antioksidan dan kafein yang dapat membantu menstimulasi sirkulasi darah dan mengurangi retensi cairan di bawah kulit. Cara mengaplikasikannya pun sama sekali tidak sulit.

Pertama, siapkan dua kantong teh hitam celup atau teh hijau celup. Rendam keduanya dalam air panas selama kurang lebih lima menit. Setelahnya, dinginkan di dalam lemari es selama sekitar 15-20 menit. Apabila kantong teh celup sudah terasa dingin, tempelkan pada kulit di area mata dan diamkan selama 10-20 menit. Jika sudah, bilas kulit mata Anda dengan air dingin.

 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata

 

3. Perawatan Filler untuk Kantong Mata

Terkadang pada kondisi yang lebih serius, dark circle mungkin akan sulit hilang hanya dengan perawatan rumahan. Nah, jika Anda mengalami kondisi seperti ini, pertimbangkan untuk melakukan prosedur filler untuk membantu menyamarkan kantong mata. Umumnya, dark circle juga diiringi dengan kondisi kantong bawah mata yang cekung. Filler mampu meremajakan kulit dan mengisi kekosongan wajah, khususnya pada area kantong mata tersebut.

Pastikan Anda melakukan filler di klinik yang telah terbukti pengalaman dan reputasinya. Perawatan Soft Tissue Filler dari Jakarta Aesthetic Clinic (JAC) sangat layak dipertimbangkan. Menawarkan prosedur terapi filler tanpa bedah, produk Soft Tissue Filler dari JAC telah mendapatkan izin edar resmi dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia sehingga keamanannya terjamin. Selain itu, prosedurnya pun tidak membutuhkan waktu lama.

 

Baca Juga: Cara Alami Menghilangkan Kantung Mata yang Kendur

 

4. Perbaiki Kebiasaan Tidur

Kurang tidur memang dapat memicu munculnya dark circle di bawah mata. Namun, terkadang dark circle tidak hanya dipicu oleh kuantitas jam tidur, tapi juga cara Anda tidur pada malam hari. Coba tidurlah dalam posisi telentang. Tumpuk beberapa bantal untuk menyangga kepala Anda. Cara ini bisa membantu mencegah cairan agar tidak menumpuk di bawah mata sehingga membuatnya terlihat bengkak dan puffy saat pagi hari.

Lalu, bagi Anda yang kondisi dark circle-nya dipicu oleh alergi, usahakan untuk melindungi bantal dari pemicu alergi, seperti debu dan tungau. Pastikan menggunakan sarung bantal demi meminimalisir kontak dengan pemicu alergi tersebut.

 

Kesimpulan

Dark circle di bawah mata memang bisa cukup mengganggu apabila dibiarkan begitu saja. Untungnya, kondisi ini tidak selamanya bersifat permanen. Anda dapat menerapkan berbagai cara menghilangkan dark circle seperti yang dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat!

 


Sumber:

Dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Mengenal Filler Hidung untuk Kecantikan

Mengenal Filler Hidung untuk Kecantikan

Oktober 1, 2020
Mencari Dokter Kulit Jakarta Selatan Terbaik

Mencari Dokter Kulit Jakarta Selatan Terbaik

Oktober 1, 2020
6 Cara Menghilangkan Stretch Mark di Tubuh

6 Cara Menghilangkan Stretch Mark di Tubuh

Oktober 1, 2020

Comments are closed.