Cara Menghilangkan Flek Hitam dalam 1 Jam yang Bisa Diterapkan di Rumah

Cara Menghilangkan Flek Hitam Dalam 1 Jam

Memiliki kulit terbebas dari flek hitam adalah idaman bagi semua wanita. Flek hitam, atau disebut juga sebagai hiperpigmentasi, dapat mengganggu penampilan dan merusak rasa percaya diri. Flek hitam sendiri bisa disebabkan oleh berbagai faktor, dimulai dari bekas jerawat, paparan sinar matahari, penumpukan sel kulit mati, ketidakseimbangan hormon, bertambahnya umur, kehamilan, dan masih banyak lagi.

Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara mudah untuk memudarkan atau bahkan menghilangkan flek hitam. Penasaran? Menghilangkan flek hitam wajah tidak harus repot. Berikut ini adalah cara menghilangkan flek hitam dalam 1 jam yang bisa diterapkan dirumah.

 

Menghilangkan Flek Hitam Dengan Bahan-Bahan Alami

Anda dapat menggunakan bahan-bahan dapur yang mudah ditemukan untuk menghilangkan flek hitam secara alami. Selain murah dan tidak merepotkan, bahan-bahan alami ini ternyata juga memiliki efek yang baik, cepat, dan aman bagi kulit. Berikut ini adalah beberapa cara alami menghilangkan flek hitam di wajah dan tubuh yang bisa Anda coba di rumah.

 

Kunyit

Kunyit memiliki kandungan yang bisa Anda gunakan untuk memperbaiki kerusakan akibat adanya radikal bebas. Maka dari itu, sejak dahulu kala, kunyit sering digunakan sebagai pencerah wajah sekaligus penghilang flek hitam. Anda bisa menggunakan bubuk kunyit untuk menghilangkan flek hitam di wajah Anda secara alami.

Untuk penggunaan kunyit sebagai penghilang flek hitam, Anda membutuhkan bubuk kunyit dan campuran air mawar. Letakkan kedua bahan tersebut dalam sebuah wadah kecil dan aduklah dengan merata. Kemudian, oleskan adonan tersebut ke wajah Anda dan diamkan hingga mengering. Setelah kering, bilas dengan air bersih pada suhu normal dan keringkan wajah Anda dengan handuk.

 

Kentang

Selanjutnya, Anda bisa mencoba menggunakan kentang untuk menghilangkan flek hitam secara alami. Zat tepung yang dimiliki kentang memiliki fungsi untuk mengurangi pigmentasi dan mampu menyehatkan kulit wajah. Jadi, kentang sangat direkomendasikan untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Anda bisa menggunakan irisan kentang sebagai masker untuk menghilangkan flek hitam di wajah Anda.

Untuk menggunakan metode ini, irislah kentang menjadi potongan yang tipis. Kemudian, letakkan irisan kentang tersebut pada seluruh permukaan wajah Anda. Tunggulah selama 20 menit lalu bilas wajah Anda dengan air hangat. Anda akan melihat memudarnya bekas jerawat di wajah secara alami. Tidak hanya demikian, seluruh wajah Anda juga akan terlihat lebih cerah dan lembab.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Teh Hijau

Selain enak untuk diminum, ternyata teh hijau juga dapat membantu menghilangkan flek hitam di wajah dan tubuh secara alami. Teh hijau dapat menekan produksi melanin secara natural sehingga ampuh untuk menghilangkan flek hitam. Tidak hanya demikian, teh hijau juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Jadi, setelah flek hitam Anda hilang, kandungan antioksidan tadi dapat mencegahnya kembali.

Untuk metode ini, Anda cukup menyeduh satu atau beberapa kantung teh hijau seperti biasa selama 3-5 menit. Kemudian, tunggu hingga kantung teh tidak terlalu panas. Lalu, tempelkan pada area wajah dan tubuh yang memiliki flek hitam dan diamkan selama 20 menit. Anda tidak perlu membilas kulit Anda untuk metode ini. Setelah menggunakan teh hijau, kulit akan terlihat lebih cerah dan lembab. Anda bisa meminum teh yang tadi Anda seduh atau bisa juga Anda oleskan pada wajah setiap beberapa menit untuk mencerahkan kulit.

 

Lemon

Buah lemon memang terkenal kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin C tersebut bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat pada wajah Anda. Untuk menggunakan lemon sebagai penghilang flek hitam, peraslah sebuah lemon dan tuangkan air perasan lemon pada sebuah wadah yang bersih. Lalu, campurlah air hangat dengan air perasan lemon tadi dengan perbandingan 1:1 untuk menyelaraskan tingkat keasamannya yang tinggi.

Setelah selesai Anda campurkan, celupkan kapas pada cairan tersebut dan usapkanlah campuran air perasan lemon tadi pada area kulit yang terdapat flek hitam. Biarkan cairan tersebut berada di wajah Anda selama 10 menit. Lalu, bilas wajah Anda bersih dengan air hangat dan keringkan menggunakan handuk. Dengan menggunakan buah lemon, Anda bisa menghilangkan flek hitam pada wajah Anda dalam waktu yang singkat.

 

Pepaya

Ada banyak buah-buahan yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan flek hitam secara alami. Salah satu buah terbaik untuk hal tersebut adalah pepaya. Buah pepaya memiliki kadar vitamin C dan vitamin E yang tinggi, membuatnya efektif dalam mengurangi pigmentasi dan mencerahkan kulit. Selain itu, pepaya memiliki enzim papain yang sangat ampuh dalam mengangkat sel kulit mati.

Cara menggunakan pepaya untuk menghilangkan flek hitam di wajah dan tubuh tidaklah susah. Cukup kupas buah pepaya dan keluarkan bijinya. Kemudian, potong pepaya dan hancurkan dengan garpu hingga halus. Campurkan 1 sendok makan buah pepaya yang sudah halus dengan 1 sendok teh madu dan aduk hingga menjadi pasta. Oleskan pada wajah dan bagian tubuh lain yang memiliki flek hitam. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Setelah dibilas, sel kulit mati akan terangkat sehingga flek hitam dan bekas jerawat yang Anda miliki akan langsung terlihat memudar.

 

Daun Jambu Biji

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan daun jambu biji untuk menghilangkan flek hitam pada wajah Anda dengan mudah. Teknik ini bisa Anda lakukan dengan menghancurkan daun jambu biji kering dan mencampurnya dengan air bersih. Kemudian, aduklah campuran tersebut hingga teksturnya menjadi kental. Pasta tersebut bisa Anda gunakan sebagai masker wajah pada area kulit wajah Anda yang mengalami flek hitam. Gunakan masker tersebut selama setidaknya 10 menit.

Adanya kandungan sifat anti bakteri serta anti peradangan yang dimiliki oleh daun jambu biji bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan flek hitam di wajah Anda. Maka dari itu, ada banyak sekali orang-orang yang menggunakan cara ini karena kemudahannya dalam mencari bahan baku.

 

Lidah Buaya

Lidah buaya terkenal dapat merawat kerusakan kulit akibat terpapar sinar matahari. Tapi tahukah Anda bahwa lidah buaya juga bisa menghilangkan flek hitam yang disebabkan paparan sinar matahari? Hal ini disebabkan lidah buaya memiliki kandungan aloin yang dapat membantu mencerahkan kulit tubuh dan wajah secara alami.

Caranya mudah, kupas lidah buaya lalu ambil daging buahnya yang berwarna bening dan bertekstur mirip gel. Oleskan pada wajah dan tubuh secara merata. Tunggu selama 20 menit agar gel lidah buaya meresap ke kulit. Bilas dengan air bersih dan keringkan kulit dengan handuk. Anda akan melihat warna kulit wajah Anda akan terasa lebih lembab serta kenyal, terutama bila Anda mengulang perawatan ini secara rutin.

 

Susu

Lezat dan menyegarkan untuk diminum, siapa sangka ternyata susu juga bisa digunakan untuk menghilangkan flek hitam secara alami? Susu mengandung asam laktat yang merupakan AHA lembut. Kandungan ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati secara lembut dan mendorong pertumbuhan sel kulit baru yang lebih sehat dan cerah.

Anda bisa menggunakan susu dalam dua cara alami menghilangkan flek hitam. Pertama, Anda cukup mencelupkan kapas ke dalam segelas susu lalu oleskan pada area tubuh atau wajah yang terdapat flek hitam. Bila mau, Anda juga bisa menambahkan 1 sendok teh ekstrak kunyit agar efeknya lebih cepat. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat. Untuk cara kedua, Anda bisa lakukan apabila Anda memiliki bak mandi untuk berendam. Isi bak mandi dengan air hangat, lalu tuangkan 1 liter susu. Tambahkan 3 sendok makan ekstrak kunyit bila perlu. Berendamlah di bak mandi selama 30 menit. Kemudian, bilas tubuh dengan air bersih.

 

Cuka Apel

Beberapa tahun belakangan, cuka apel sangat terkenal di dunia skincare karena dipercaya dapat digunakan sebagai toner untuk menghilangkan jerawat. Ternyata selain jerawat, cuka apel juga bisa digunakan untuk menghilangkan flek hitam yang mengganggu penampilan. Vitamin C yang dikandung cuka apel memag sangat ampuh dalam mencerahkan pigmentasi. Selain itu, cuka apel memang bisa mengangkat sel kulit mati yang kusam dan juga menekan produksi melanin pada kulit.

Cara membuat masker dari cuka apel sangatlah mudah. Dalam sebuah wadah bersih, campurkan cuka apel dan air biasa dengan perbandingan 1:1 agar tingkat keasamannya tidak terlalu tinggi. Lalu, celupkan kapas pada larutan tadi dan oleskan pada wajah. Diamkan selama 5 menit dan bilas dengan air bersih. Bila mungkin, lalukan metode ini dua kali sehari, di pagi hari dan di malam hari, untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam di Hidung

Soda Kue

Soda kue juga bisa membantu Anda menghilangkan flek hitam di wajah dan tubuh dalam 1 jam. Anda bisa mencari produk pembersih wajah yang memiliki kandungan soda kue pada komposisinya. Alasannya, soda kue mampu menghilangkan flek hitam pada wajah dan tubuh dengan cepat.

Cara meracik soda kue untuk menghilangkan flek hitam juga sangat mudah. Anda hanya perlu mencampurkan air dan soda kue hingga menjadi pasta. Kemudian, oleskan pasta tersebut pada seluruh area kulit yang terdapat flek hitam. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih. Hasilnya, Anda bisa melihat sendiri flek hitam di wajah Anda mulai berkurang.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam di Pipi

Itulah cara menghilangkan flek hitam dalam 1 jam. Kebanyakan bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan flek hitam sangat mudah untuk Anda temui sehari-hari di rumah. Oleh karena itu, dengan memilih bahan-bahan di atas, Anda bisa menghemat pengeluaran Anda daripada menggunakan produk skincare yang mahal. Tidak hanya itu, menggunakan bahan-bahan alami juga mengurangi risiko efek samping bahan kimia pada wajah Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Sumber:

  • https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3673919/4-cara-menghilangkan-flek-hitam-di-wajah-dalam-waktu-singkat-dengan-madu
  • https://www.merdeka.com/gaya/cara-menghilangkan-flek-hitam-kln.html
  • https://www.honestdocs.id/menghilangkan-flek-hitam-di-wajah-cara-alami-dan-medis
  • https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-pigmentation#homeremedies

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Agustus 28, 2021
5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

Agustus 28, 2021
10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

Agustus 28, 2021

Comments are closed.