8 Cara Menghilangkan Garis Halus di Bawah Mata

Garis halus di bawah mata bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Seiring bertambahnya usia, kulit Anda kehilangan sebagian elastisitasnya. Faktor lingkungan, seperti paparan sinar matahari, serta genetika berperan dalam bagaimana awal keriput dan garis-garis halus akan mulai muncul di wajah Anda. Kulit di sekitar mata Anda adalah area yang cenderung menunjukkan tanda-tanda penuaan dini. Hal ini dikarenakan area di bawah bola mata Anda adalah kulit tipis dengan pembuluh darah.

Cara Menghilangkan Garis Halus di Bawah Mata

Garis di bawah mata adalah bagian normal dari proses bertambahnya usia. Jika garis-garis ini membuat Anda merasa tidak percaya diri, ada berbagai cara untuk mengatasinya. Terdapat beberapa metode pencegahan dan pengobatan rumahan yang bisa dilakukan dengan mudah. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan garis halus di bawah mata.

Penyebab Garis Halus di Bawah Mata

Penyebab paling umum dari garis-garis halus dan kerutan di sekitar mata Anda bukan hanya karena usia atau penuaan. Tetapi ada faktor-faktor lain yang bisa menyebabkan hal ini. Beberapa di antaranya adalah:

1. Radiasi UV

Sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya akan memecah kolagen di kulit Anda. Kolagen adalah protein utama dalam jaringan kulit. Menjadi kunci untuk menjaga struktur wajah bertahan dari waktu ke waktu.

Sinar ultraviolet dapat berasal dari paparan sinar matahari yang tidak terlindungi. Paparan sinar UV yang tidak terlindungi menyebabkan munculnya kerutan, garis halus, dan kulit kasar lebih awal di area mata Anda.

2. Merokok

Selain usia, Merokok adalah faktor terkuat penyebab kerutan pada wanita dan pria. Kebiasaan merokok membuat kulit Anda mengalami stres oksidatif ekstra, merusak kolagen dan elastinnya. Merokok juga menyempitkan pembuluh darah di wajah Anda.

3. Gerakan dan Ekspresi Wajah

Ekspresi wajah, seperti tersenyum, mengerutkan kening, dan mengerutkan alis, dapat menyebabkan munculnya garis-garis halus di wajah Anda. Kebiasaan atau posisi tidur Anda juga dapat menyebabkan garis-garis halus jika otot-otot wajah yang sama didorong ke bantal saat tidur setiap malam.

Kulit Anda kehilangan kemampuannya untuk bangkit kembali ke tempat asalnya seiring bertambahnya usia. Penelitian menunjukkan bahwa tidur dengan wajah yang menempel di bantal dapat menyebabkan garis di bawah mata muncul lebih cepat.

Cara Menghilangkan Garis Halus di Bawah Mata

Pengobatan rumahan dan produk perawatan kulit tertentu mungkin dapat mengurangi munculnya garis-garis halus di bawah mata Anda. Selain itu, coba beberapa cara berikut ini:

1. Latihan Wajah untuk Mengencangkan Kulit

Cara efektif dalam mengencangkan kulit di bawah mata Anda adalah dengan melakukan beberapa latihan ringan. Yoga wajah bisa membantu Anda dalam meraih kulit yang kencang. Membantu merangsang aliran darah dan membantu menghilangkan garis-garis halus di bawah mata.

Baca juga: Cara Memijat Wajah yang Benar Agar Kencang

2. Krim Mata untuk Melembabkan Area di Bawah Mata

Kurangnya kelembaban dapat meningkatkan munculnya garis-garis halus di sekitar mata Anda. Carilah pelembab yang kaya akan bahan-bahan yang terbukti meningkatkan sirkulasi dan pertumbuhan sel baru.

3. Hindari Paparan Sinar Matahari Berlebih

Anda dapat membantu mencegah terbentuknya garis-garis halus dengan melindungi kulit dari sinar UV. Manfaatkan SPF minimal 30 saat beraktifitas di luar, meskipun tidak terlalu cerah. Ketika berada di bawah sinar matahari langsung selama beberapa jam, pertimbangkan untuk melindungi mata Anda dengan topi dan juga memakai kacamata hitam. Topi akan memberikan manfaat tambahan untuk mata Anda: Mereka mencegah terbatasnya pandangan karena cahaya terik matahari.

Baca juga: Mari Mengenal Apa Itu Kelopak Mata Ganda

4. Makan Makanan yang Sehat

Vitamin C, vitamin A, dan vitamin E sering dijumpai dan digunakan dalam produk perawatan kulit. Dengan memasukkan makanan yang kaya vitamin ini ke dalam asupan harian Anda, maka akan membantu kulit dan seluruh tubuh Anda dalam membentuk sel-sel baru yang sehat sehingga menghambat proses penuaan.

Beberapa peneliti percaya bahwa ada hubungan kuat antara diet sehat dan kulit kencang dan tampak lebih muda. Jadi, jangan lupa menambahkan buah jeruk, wortel, dan labu dan lain-lain untuk menambah jumlah vitamin ini dalam makanan Anda.

5. Masker Minyak Zaitun

Cara menghilangkan garis halus di bawah mata selanjutnya dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak alami ini telah dikenal memiliki banyak kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan kulit, mulai dari vitamin A, D, E, dan K.

Inilah sebabnya, minyak zaitun dapat berfungsi sebagai pelengkap vitamin pada kulit wajah serta dapat menjadi antioksidan yang mampu menahan kulit dari sinar UV yang dapat membahayakan kulit. Selain itu, minyak zaitun dapat memberikan nutrisi pada area kulit di sekitar mata sehingga dapat meudarkan bahkan menghilangkan kerutan di bawah mata.

Anda dapat mengambil kapas atau langsung menyelupkan jari telunjuk Anda ke dalam wadah minyak zaitun. Oles perlahan minyak dari sudut dalam mata dekat hidung ke bagian luar mata, lalu kembali ke hidung. Lakukan hal yang sama di kedua bagian bawah mata Anda. Setelah dirasa cukup, biarkan hingga 15 menit dan bilas dengan air hangat.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata dengan Minyak Zaitun

6. Melakukan Eksfoliasi

Selanjutnya Anda dapat melakukan eksofiliasi. Eksofiliasi adalah suatu perawatan kulit yang bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menempel di permukaan kulit. Dengan melakukan eksfoliasi wajah secara konsisten, Anda bisa menghilangkan sel kulit mati, membentuk kulit baru dan juga menghilangkan garis-garis halus.

Adapun kelebihan dari jenis perawatan ini adalah bisa diaplikasikan di hampir semua bagian tubuh, kaki, bibir, wajah, hinnga area bawah mata.

Anda dapat mempelajari cara lengkap eksfoliasi melalui artikel JAC berikut ini 9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami.

7. Manfaatkan Treatment dengan Laser

Laser menjadi semakin populer sebagai pengobatan garis bawah mata dan kerutan. Beberapa jenis perawatan laser tersedia untuk tujuan ini. Laser fraksional adalah salah satu pilihan yang bekerja dengan menusuk lubang mikroskopis ke dalam kulit untuk merangsang produksi kolagen dan elastin.

Baca juga: Panduan 6 Cara Menghilangkan Lipatan Mata

8. Microneedling

Microneedling adalah perawatan yang semakin populer yang mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. Selama prosedur ini, jarum kecil digunakan untuk membuat lubang di kulit, yang dapat diikuti dengan aplikasi krim kulit atau serum. Saat kulit sembuh, kolagen dirangsang, memperbaiki garis-garis halus, dan tekstur kulit.

Itulah dia beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam usaha untuk menghilangkan garis halus di bawah mata atau keriput lainnya. Selain berbagai cara tersebut, Anda juga bisa mempertimbangkan yang namanya Anti-Wrinkle Injection. Prosedur yang satu ini akan bisa membantu untuk kembali mendapatkan kulit yang terlihat kencang dan muda bebas kerutan. Dapatkan perawatan terbaik hanya di Klinik Estetika Jakarta – Jakarta Aesthetic Clinic. Mari mulai konsultasi bersama kami.

Sumber:

  • https://www.healthline.com/health/lines-under-eyes
  • https://www.byrdie.com/retinol-for-under-eye-wrinkles-4693418
  • https://www.marieclaire.com/beauty/a22179792/how-to-get-rid-of-fine-lines/
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Desember 5, 2022
Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Desember 5, 2022
Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Desember 5, 2022

Comments are closed.