Mitos Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih yang Perlu Dihindari

Bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih? Jerawat selalu menjadi musuh terbesar khususnya bagi kaum wanita. Sudah ada banyak obat, sabun cuci muka, serta perawatan lainnya yang dibuat untuk menghilangkan jerawat. 

Namun saat ini banyak orang beralih menggunakan bahan alami seperti halnya bawang putih. Apakah benar bawang putih bisa membantu menghilangkan jerawat? Apa saja kandungan baik yang terkandung di dalamnya? 

Apa manfaat bawang putih untuk jerawat? Apakah penggunaannya baik dan tidak memiliki efek samping? Berbagai pertanyaan inilah yang akan dibahas di artikel ini. Penasaran? Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Apa Saja Manfaat Bawang Putih untuk Jerawat?

Apa Saja Manfaat Bawang Putih untuk Jerawat

Bawang putih memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh. Secara khusus bahkan sangat terkenal dengan kandungan vitamin C dan B6. Tetapi tidak hanya itu saja, nyatanya bawang putih juga mengandung antibakteri, thiosulfinate, antivirus, antimikroba, antibakteri dan allicin

Meskipun memiliki banyak kandungan baik bagi tubuh, sesungguhnya penggunaan bawang putih untuk jerawat tidak dianjurkan. Nyatanya bawang putih tidak bisa menghilangkan jerawat di wajah Anda. Gunakanlah obat, sabun cuci muka atau bahkan perawatan yang memang sudah teruji dan efektif dalam menghilangkan jerawat. Lebih jauh, Anda bisa melihat cara melakukannya di poin berikutnya.

Baca juga: Apa Saja Perbedaan Bruntusan dan Fungal Acne?

“Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih”, Memangnya Bisa?

Hilangkan Jerawat dengan Bawang Putih Mitos atau Fakta

Perlu diingat bahwa penggunaan bawang putih untuk menghilangkan jerawat tidak bisa dilakukan. Tetapi Anda bisa mencoba cara lain yang sudah lebih dipercaya oleh tenaga medis khusus di bidang kecantikan. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. Jaga Kebersihan Wajah

Jaga Kebersihan Wajah

Menjaga kebersihan wajah menjadi cara yang paling sederhana untuk menghilangkan jerawat. Pasalnya debu dan kotoran yang menempel setelah Anda bepergian menjadi akar tumbuhnya jerawat. 

Anda juga tidak boleh menyentuh wajah terus-menerus karena tangan juga dapat menjadi sumber bakteri yang menumbuhkan jerawat. Anda bisa mencoba membersihkan wajah dengan menggunakan sabun cuci muka yang lembut selama 2x sehari. 

Kemudian gunakan air hangat untuk membilasnya. Mencuci wajah Anda dengan cara ini dapat membantu menghilangkan kotoran, debu, keringat, dan minyak berlebih. Ingat juga untuk selalu melembapkan wajah dengan moisturizer agar kulit tidak memproduksi minyak yang lebih banyak.

Baca juga: 13 Cara Perawatan Wajah Secara Alami Di Rumah

2. Hindari Penggunaan Makeup Berlebihan

Hindari Penggunaan Makeup Berlebihan

Penggunaan makeup memang sudah menjadi rutinitas sehari-hari yang tidak lagi terlewatkan. Bahkan ada banyak orang yang tidak berani keluar rumah ketika belum menggunakan makeup. Hal ini wajar, hanya saja Anda perlu memperhatikan penggunaannya secara saksama. 

Menggunakan riasan wajah sebenarnya sudah membuat kulit sulit bernapas. Keadaan akan memburuk kalau Anda mengaplikasikannya dengan tebal dan berlebihan. Sudah pasti kulit tidak bisa bernapas dengan baik. 

Padahal jerawat bisa sembuh atau hilang saat Anda memberikan ruang untuknya bernapas. Jadi jangan mencoba menutupi jerawat Anda dengan makeup tebal. Sebaliknya hindari penggunaan riasan wajah untuk beberapa waktu mendatang sampai jerawat mereda dan menghilang. 

3. Jangan Menekan Jerawat dan Komedo

Jangan Menekan Jerawat dan Komedo

Kesalahan yang sering dilakukan oleh masyarakat ialah menekan jerawat dan komedo untuk menghilangkannya. Kedua hal ini tindakan ini sangat tidak dianjurkan karena bakteri yang ada di dalam jerawat bisa terdorong makin dalam. 

Akhirnya bahkan bisa menyebabkan infeksi serta jerawat yang makin besar. Tidak jarang tindakan tersebut menyebabkan luka sampai meninggalkan bekas di wajah. 

4. Perhatikan Pola Hidup Anda

Perhatikan Pola Hidup Anda

Percaya atau tidak, pola hidup yang sehat dapat membantu menghilangkan jerawat dari wajah Anda. Pola hidup yang dimaksudkan ialah membuat tubuh tetap terhidrasi, makan-makanan bergizi, serta berolahraga dan mengurangi stres yang ada. 

Anda perlu minum air putih yang banyak supaya tubuh tidak kekurangan cairan yang dibutuhkan. Cobalah makan dengan teratur serta memperhatikan keseimbangan gizi yang ada dalam makanan tersebut.

Kemudian jangan lupa untuk berolahraga seperti berlari, yoga, aerobik, dan lain sebagainya. Berolahraga tidak hanya untuk membuat tubuh fisik menjadi lebih sehat tetapi juga menjernihkan pikiran serta mengurangi stres. Pada akhirnya stres yang berkurang juga akan mengurangi pertumbuhan serta menghilangkan jerawat. 

Baca juga: Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

Apa Efek Samping Menggunakan Bawang Putih di Wajah?

Apa Efek Samping Menggunakan Bawang Putih di Wajah

Tahukah Anda bahwa penggunaan bawang putih dapat membuat kulit iritasi bahkan infeksi berlebihan? Jika Anda mencoba-coba sendiri tanpa anjuran dokter maka efek samping yang cukup parah dapat terjadi. Beberapa efek sampingnya seperti berikut ini:

  • Ruam atau kemerahan pada kulit yang selanjutnya menjadi iritasi (irritant contact dermatitis). 
  • Ruam atau kemerahan sebagai reaksi tubuh Anda karena alergi terhadap bawang putih (allergic contact dermatitis). 
  • Pembengkakan (contact urticaria). 
  • Lecet atau luka yang cukup parah (pemphigus).
  • Melepuh. 

Demikian mitos cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih. Sekarang Anda jadi lebih mengerti bahwa bawang putih tidak bisa menghilangkan jerawat. Sebaliknya justru dapat memperparah keadaan di wajah Anda. 

Lebih baik Anda langsung menggunakan obat dan sabun cuci muka yang sudah dianjurkan oleh dokter ahli supaya tidak ada efek samping yang terjadi. Anda juga bisa mencoba menghilangkan jerawat tanpa efek samping dengan Prosedur Baby Skin Treatment dari Jakarta Aesthetic Clinic (JAC). 

Prosedur ini sering dipilih karena dapat meredakan peradangan dan iritasi. Selain itu prosedur Baby Skin Treatment akan mematikan jerawat dari dalam, memperbaiki luka, dan mengecilkan pori-pori wajah yang besar. 

Melalui konsultasi dan tindakan dengan dokter yang sudah berpengalaman serta tersertifikasi, Anda bisa mendapatkan kulit bersih yang sehat. Segera hubungi tim Jakarta Aesthetic Clinic untuk berkonsultasi atau menanyakan informasi terkait prosedur lebih lanjut. 

Tim JAC akan dengan senang hati membantu Anda mendapatkan kembali kulit yang bersih dan sehat. Tunggu apalagi? Kunjungi website Jakarta Aesthetic Clinic sekarang juga!

Sumber:

  • https://www.doconline.com/blog/5-tips-physicians-how-remove-pimples-pimple-marks
  • https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/features/acne-lifestyle-changes
  • https://www.dermatologynwhouston.com/why-you-shouldnt-pop-a-pimple/
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Apakah Minyak Zaitun Bisa Menghilangkan Jerawat

Apakah Minyak Zaitun Bisa Menghilangkan Jerawat

September 14, 2022
Apakah Minyak Kayu Putih Bisa Menghilangkan Jerawat?

Apakah Minyak Kayu Putih Bisa Menghilangkan Jerawat?

September 14, 2022
9 Tips Untuk Mengencangkan Kulit Dahi

9 Tips Untuk Mengencangkan Kulit Dahi

September 13, 2022

Comments are closed.