7 Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung dengan Ampuh

Jerawat nyatanya tidak hanya muncul di wajah, tetapi bagian tubuh lain seperti punggung bisa mengalaminya. Hal ini dapat terjadi karena punggung memiliki kelenjar minyak dan banyak terdapat folikel rambut. Cara menghilangkan jerawat di punggung dapat dilakukan dengan beberapa langkah sederhana seperti yang akan diuraikan pada artikel ini. Sebelum itu, kenali terlebih dahulu penyebab munculnya jerawat di punggung Anda pada uraian di bawah ini.

Apakah Jerawat di Punggung Berbahaya?

Apakah Jerawat di Punggung Berbahaya

Menurut dokter dermatologi, jerawat di punggung tidak berbahaya. Layaknya wajah, tumpukan minyak yang berada di punggung bercampur dengan sel kulit mati serta bakteri, kemudian menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Jerawat di punggung dikategorikan tidak berbahaya lantaran tidak berpengaruh terhadap kesehatan anggota tubuh lainnya. Jerawat ini bisa diatasi sesuai dengan penyebab dan jenisnya, karena jerawat yang tumbuh di punggung terkadang lebih besar dari jerawat wajah. Nah, sekarang mari kenali penyebab munculnya jerawat di punggung dan cara mengatasinya.

Baca juga: Mitos Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih yang Perlu Dihindari

Apa Penyebab Jerawat di Punggung?

Apa Penyebab Jerawat di Punggung

Banyak faktor mengapa jerawat bisa muncul di punggung, selain karakteristik punggung yang sama dengan wajah, yaitu memproduksi kelenjar minyak dan memiliki banyak folikel rambut. Bisa karena hormon, genetik, stres, keringat, dan mengonsumsi obat tertentu. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Hormon

Perubahan hormon pada masa remaja seringkali menjadi penyebab timbulnya jerawat di punggung. Bisa juga terjadi saat wanita mengalami menstruasi dan kehamilan. Selain itu, ketidakstabilan hormon pada penderita penyakit tertentu, seperti ovarium polikistik juga dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat di punggung dalam jumlah banyak.

2. Genetik

Masalah timbulnya jerawat dapat diturunkan juga dari keluarga, tak terkecuali jerawat di punggung. Bila orang tua Anda memiliki jenis kulit berminyak, maka jenis kulit Anda pun akan sama dan kemungkinan lebih mudah berjerawat.

Baca juga: Tips Perawatan Untuk Kulit Berminyak Untuk Kulit Lebih Sehat dan Cantik

3. Obat-obatan

Efek samping beberapa obat dan suplemen dapat memengaruhi produksi hormon yang memicu pertumbuhan jerawat. Contohnya seperti obat antidepresan, suplemen bubuk protein, suplemen yang mengandung hormon, dan pil KB. Jerawat yang muncul tidak hanya di wajah, tetapi juga di punggung.

4. Keringat

Munculnya jerawat di punggung terkadang bukan disebabkan fluktuasi hormon atau faktor genetik, tetapi penggunaan pakaian ketat yang menyebabkan penyumbatan keringat. Pakaian ketat bisa membuat kulit sulit bernafas dan bila keringat tersumbat, maka akan memicu pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Pakaian yang tidak ketat tetapi basah oleh keringat juga bisa menyebabkan munculnya jerawat. Misalnya, setelah selesai berolahraga tidak langsung mengganti pakaian. Oleh sebab itu, selesai berolahraga baiknya membawa baju ganti untuk mengantisipasi hal ini tidak terjadi pada punggung Anda.

5. Stres

Kondisi stres bukan penyebab langsung munculnya jerawat di punggung, tetapi dapat menjadi pemicu. Hal ini dapat terjadi karena saat stres tubuh secara alami meningkatkan produksi hormon kortisol. Peningkatan hormon ini menyebabkan kulit Anda jadi lebih berminyak, sehingga rentan untuk berjerawat dan mengalami berbagai gangguan lain.

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung secara Alami

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung secara Alami

Terdapat beberapa cara menghilangkan jerawat di punggung yang dapat dilakukan dengan mengubah gaya hidup dan pengobatan rumahan. Mengingat beberapa penyebab munculnya jerawat di punggung disebabkan karena gaya hidup yang kurang baik. Berikut cara-cara yang dapat Anda terapkan.

1. Mandi Setelah Olahraga

Mandi Setelah Olahraga

Saat hendak berolahraga, ada baiknya Anda membawa baju ganti. Tepat selesai olahraga, utamakan langsung berganti pakaian. Setelah itu, selang 15 – 30 menit, Anda bisa bergegas untuk mandi. Sebab, membiarkan keringat dan kotoran menempel di kulit setelah berolahraga berisiko tinggi menyebabkan munculnya jerawat di punggung.

 2. Eksfoliasi

Menghilangkan Jerawat Punggung dengan Eksfoliasi

Lakukan eksfoliasi kulit dengan sabun scrub atau produk perawatan lain yang mengandung bahan asam salisilat. Eksfoliasi bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebih yang menutup pori-pori kulit punggung. Kandungan asam salisilat sendiri diketahui dapat membantu mengurangi penumpukan sel kulit mati penyebab munculnya jerawat karena menutup pori-pori kulit.

Baca juga: 9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

3. Gunakan Pakaian Longgar

Gunakan Pakaian Longgar

Saat beraktivitas sehari-hari, direkomendasikan menggunakan pakaian longgar supaya tidak mengiritasi jerawat di punggung. Sebab, pakaian yang ketat akan menjebak kotoran dan keringat untuk berisiko masuk ke dalam pori-pori. Selain itu, berikan kesempatan kulit Anda untuk bernapas seharian dengan menggunakan pakaian longgar.

4. Mengganti Sprei dan Handuk

Mengganti Sprei dan Handuk

Rajin mengganti sprei dan handuk secara teratur setiap minggu dapat menjadi cara yang bisa dilakukan untuk membantu menghilangkan jerawat di punggung Anda. Jangan lupa juga untuk selalu mencucinya dengan deterjen yang aman. Sebab, jerawat di punggung kerap menyerang kulit sensitif. Anda bisa mencoba menggunakan deterjen atau pelembut sprei sementara waktu dengan sabun khusus bayi. 

5. Ikat Rambut

Mengikat Rambut untuk Mengatasi Jerawat di Punggung

Bagi Anda yang memiliki rambut panjang, sebaiknya ikat rambut terutama ketika sedang beraktivitas. Rambut yang dibiarkan terurai dapat menjebak minyak dan kotoran masuk ke dalam kulit punggung, sehingga menyebabkan munculnya jerawat. 

Selain mengikat rambut, untuk mencegah timbulnya jerawat disarankan untuk mencuci rambut secara teratur. Saat mencuci rambut, jangan biarkan sampo dan conditioner yang Anda gunakan terkena kulit di punggung. Pasalnya, bahan-bahan dalam produk tersebut dapat menyebabkan pori-pori kulit punggung tersumbat.

6. Gunakan Sunscreen yang Tepat

Gunakan Sunscreen yang Tepat

Saat Anda hendak menggunakan pakaian dengan model punggung terbuka, gunakan sunscreen yang tidak berminyak untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari. Minyak yang berlebihan nyatanya dapat menyumbat pori-pori kulit di punggung dan menyebabkan munculnya jerawat.

Baca juga: Cara Reapply Sunscreen Agar Wajah Tetap Terlindungi Sepanjang Hari

7. Menjaga Pola Makan

Menjaga Pola Makan

Kurangi mengonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi untuk menghilangkan jerawat di punggung Anda. Ganti cemilan manis yang biasa Anda konsumsi dengan sayur dan buah-buahan segar. Berbagai kandungan vitamin dari sayur dan buah dapat membantu mengelola hormon penyebab munculnya jerawat.

Demikian informasi mengenai cara menghilangkan jerawat di punggung secara alami. Penyebab dan cara mengatasinya sangat dipengaruhi dengan perubahan gaya hidup yang kurang teratur menjadi teratur.

Jadi, mulai sekarang jaga pola makan, atasi stres, serta ganti sprei dan handuk secara teratur untuk menghilangkan jerawat di punggung Anda. Jangan lupa aplikasikan sunscreen bila menggunakan baju dengan punggung terbuka untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Atasi Jerawat dengan Aman Bersama Jakarta Aesthetic Clinic

Mengenai perawatan kulit, Jakarta Aesthetic Clinic (JAC) menyediakan Peeling Komedo dengan bahan alami untuk menghilangkan jerawat Anda.

Solusi ini paling tepat dilakukan karena hanya menggunakan cairan peeling natural racikan para dokter ahli. Cairan yang lembut ini secara ajaib akan mengeringkan jerawat, melunakkan serta mengencerkan komedo. Cukup dengan memijat lembut kulit Anda, maka jerawat akan hilang.

Prosedur dari JAC ini aman dan nyaman. Sudah siap melakukan perawatan? Hubungi JAC sekarang juga untuk mulai berkonsultasi. 

Sumber:

  • https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/22756-back-acne
  • https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-back-acne#medications
  • https://www.everydayhealth.com/acne/back-acne-treatment.aspx
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Desember 5, 2022
Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Desember 5, 2022
Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Desember 5, 2022

Comments are closed.