12 Cara Menghilangkan Keriput di Bawah Mata Dengan Bahan Alami

Proses penuaan yang merupakan hal alami bisa menyebabkan setiap orang mengalami kerutan. Terutama pada bagian tubuh yang terpapar sinar matahari, seperti wajah, leher, tangan, dan bagian bawah mata.

9 Cara Menghilangkan Keriput di Bawah Mata Dengan Bahan Alami

Bagi Anda yang sudah merasakan munculnya keriput di wajah terutama bagian bawah mata, maka Anda berada di artikel yang tepat karena JAC akan mengulas bagaimana cara menghilangkan keriput di bawah mata menggunakan bahan alami. Namun, sebelum membahas lebih jauh tentang tersebut, ada baik Anda memahami beberapa hal yang menyebabkan terjadinya keriput di bawah mata Anda.

Penyebab Keriput di Bawah Mata

Berikut ini beberapa penyebab munculnya keriput di bawah mata, yaitu:

1. Usia

Seiring bertambahnya usia keriput dapat saja muncul. Bagi kebanyakan orang, tanda-tanda penuaan seperti kerutan dapat muncul antara usia 40 dan 50 tahun. Hal ini terjadi karena kulit di area mata kehilangan kelembaban dan ketebalannya. Hal ini juga dipengaruhi oleh jumlah kolagen dan elastin di kulit yang semakin berkurang. Kolagen adalah kunci untuk menjaga kulit tetap kencang, dan elastin membuatnya tetap fleksibel.

2. Genetik

Sama seperti usia, faktor genetik juga memainkan peran besar dalam perkembangan keriput. Tantangannya adalah faktor ini tidak dapat kita ubah, namun faktor penyebab yang lain dapat kita kontrol.

3. Paparan Sinar Matahari

Namun paparan sinar matahari tampaknya menjadi penyebab kerutan terbesar, terutama pada orang dengan kulit putih. Sinar UV menyebabkan kerusakan, terutama pada area di bawah mata karena sangat tipis.

4. Pola Hidup yang Tidak Sehat

Keriput di bawah mata juga dapat disebabkan oleh pola makan yang tidak seimbang. Selain itu, kebiasaan merokok adalah penyebab terjadinya keriput pada pria dan wanita yang paling signifikan. Hal ini karena zat kimia tersebut mempercepat proses penuaan kulit.

5. Posisi Tidur

Ternyata posisi tidur dan bantal yang Anda gunakan dapat menyebabkan kerutan tambahan di bawah mata. Wajah yang tertekan di bantal akan membentuk garis halus hingga kerutan di wajah.

6. Gerakan Wajah

Penyebab keriput di bawah mata yang terakhir adalah melalui gerakan wajah. Sadar atau tidak gerakan wajah yang Anda lakukan dapat berkembang menjadi garis-garis hingga kerutan. Salah satu gerakan wajah yang paling banyak dilakukan adalah menyipitkan mata. Apabila Anda memiliki masalah dengan mata, periksakan segera karena itu bisa mengakibatkan kerutan tambahan pada di area mata Anda.

Baca juga: Cara Memijat Wajah yang Benar Agar Kencang

Cara Menghilangkan Keriput di Bawah Mata dengan Bahan Alami

Berikut ini adalah berbagai cara yang bisa Anda lakukan ketika ingin menghilangkan kerutan di bawah mata menggunakan bahan-bahan alami.

1. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki banyak khasiat penyembuhan. Mengoleskan gel lidah buaya ke kulit secara teratur akan bisa mengurangi munculnya kerutan dan juga menambahkan kolagen dan kulit terhidrasi.

2. Masker Pisang

Pisang adalah buah mengandung minyak alami dan vitamin yang dapat meningkatkan kesehatan kulit wajah. Hancurkan seperempat pisang sampai menjadi pasta yang halus. Letakkan lapisan tipis pasta pisang pada kulit Anda dan biarkan selama 15 hingga 20 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Dark Circle di Bawah Mata

3. Superfoods

Makanan yang kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan sering disebut sebagai “superfoods”. Ada banyak makanan super yang muncul untuk mencegah keriput dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Banyak makanan super, seperti yang ada dalam daftar berikut, dapat membantu mengurangi munculnya kerutan:

  • Artichoke
  • Alpukat
  • Biji Chia
  • Kayu Manis
  • Putih Telur
  • Jahe
  • Sup Kedelai Jepang
  • Havermut
  • Ikan Salmon
  • Ikan Sarden
  • Ubi Jalar
  • Tomat
  • Kenari

4. Putih Telur

Putih telur mungkin berkontribusi pada perbaikan kecil pada penampilan kulit. Menggunakan krim yang dibuat dengan membran telur menyebabkan pengurangan kedalaman kerutan yang signifikan dan peningkatan produksi kolagen, yang membuat kulit lebih halus dan elastis. Namun harus hati-hati. Bagi orang yang alergi terhadap telur harus menghindari menggunakan putih telur untuk mengobati kerutan mereka.

5. Minyak Esensial

Menerapkan sejumlah kecil minyak esensial pada kerutan dapat membantu menguranginya. Seringkali minyak esensial dioleskan dalam kombinasi khusus yang menyembuhkan kulit tanpa menyebabkan iritasi, asal diencerkan dengan minyak pengencer yang tepat. Beberapa minyak esensial yang dapat membantu memperbaiki tampilan kerutan saat digunakan dalam kombinasi yang berbeda dengan pembawa meliputi:

  • Argan
  • Biji Wortel
  • Clary Bijak
  • Kemenyan
  • Kerenyam
  • Biji Anggur
  • Helichrysum
  • Jojoba
  • Lavender
  • Neroli
  • Delima
  • Mawar
  • Rosemary
  • Kayu Cendana
  • Kenanga-ylang

Beberapa orang sensitif terhadap minyak esensial, yang sangat terkonsentrasi. Sebelum menggunakan minyak esensial, lakukan uji tempel dengan mengoleskan sedikit ke bagian dalam pergelangan tangan Anda dan tunggu 24 jam. Hindari menggunakannya jika Anda mengalami kemerahan, terbakar, atau rasa menyengat.

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Garis Halus di Bawah Mata

6. Pijatan

Pijatan menjadi pilihan banyak orang untuk mencegah dan mengurangi munculnya kerutan. Para peneliti telah menemukan bahwa penggunaan alat pijat wajah dapat membantu mencegah kerutan dengan meningkatkan protein yang menjaga kulit tetap halus. Pijat wajah yang dilakukan setiap hari selama tiga hingga lima menit yang dilakukan dengan jari dapat memberikan efek yang sama pada kulit ketika menggunakan mesin pijat wajah. Bisa juga menjadi cara penghilang stres, yang dapat menyebabkan kerutan juga. 

Banyak spa dan salon pijat menawarkan perawatan pijat wajah. Di rumah, Anda dapat memijat wajah sendiri dengan memberikan tekanan kuat dengan jari-jari Anda ke kedua sisi wajah dan menggerakkannya dengan gerakan melingkar.

7. Probiotik dan Yogurt

Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi probiotik secara teratur, seperti yang ditemukan dalam yogurt atau dijual sebagai suplemen, dapat mengurangi munculnya kerutan dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

8. Masker Mentimun

Karena adanya air, vitamin dan mineral, masker mentimun membantu mengencangkan dan menghidrasi kulit dan melindunginya dari kekeringan. Parut mentimun dan ekstrak jusnya. Oleskan jus ke seluruh wajah Anda dan bilas dengan air.

9. Minyak Zaitun

Jika Anda ingin memiliki kulit yang lebih lembut, minyak zaitun bisa menjadi pilihan yang baik bagi Anda. Minyak zaitun adalah metode yang sangat baik untuk menyembuhkan keriput karena secara efektif membantu menghilangkan garis-garis halus.

Minyak zaitun meningkatkan kadar kolagen kulit. Memijat beberapa tetes minyak zaitun pada kulit sebelum tidur dan kemudian membersihkannya dengan handuk efektif untuk menyembuhkan kerutan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata dengan Minyak Zaitun

10. Pasta Kentang

Tanaman umbi-umbian ini memiliki banyak manfaat. Salah satu kandungannya dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan dini yaitu vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan.

Cara memanfaatkan kentang cukup mudah. Anda hanya perlu mengupas dan menghaluskannya hingga berbentuk pasta. Oleskan pasta untuk menghilangkan kerutan di bawah mata. Tunggu selama 20 menit dan bilas menggunakan air dingin yang mengalir.

11. Eksfoliasi dengan Lembut

Anda dapat dengan lembut melakukan eksfoliasi (mengelupas kulit kering) yang terbentuk di bawah mata Anda untuk mendorong pertumbuhan sel kulit baru. Hanya gunakan produk yang dibuat khusus untuk pengelupasan dan pemijatan pada area di bawah mata Anda dan berhati-hatilah dalam merawat kulit.

12. Hindari Menggosok Kulit di Area Mata

Jangan pernah menggosok di area mata Anda menggunakan tisu atau handuk. Menggosok mata Anda karena gejala alergi dapat menyebabkan sakit mata dan membuat kulit terasa kering. Cara terbaik yang dapat Anda lakukan adalah segera mengobati gejala alergi yang sedang Anda alami, agar wajah khususnya area bagian mata Anda tampak lebih rileks.

Itulah dia berbagai bahan dan cara alami sebagai opsi untuk menghilangkan keriput di bawah mata. Selain menggunakan cara-cara di atas, ada juga bentuk perawatan yang bisa membantu Anda menghilangkan kerutan dengan cepat. Anti-Wrinkle Injection adalah prosedur yang bisa membantu Anda untuk kembali mendapatkan kulit yang terlihat kencang dan muda bebas kerutan. Dapatkan perawatan terbaik hanya di Jakarta Aesthetic Clinic. Mari mulai konsultasi bersama kami.

Sumber:

  • https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-wrinkles
  • https://www.timesnownews.com/health/article/want-to-look-younger-here-are-7-effective-home-remedies-to-get-wrinkle-free-skin/504696
  • https://www.healthline.com/health/lines-under-eyes
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Mitos Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih yang Perlu Dihindari

Mitos Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih yang Perlu Dihindari

September 14, 2022
Apakah Minyak Zaitun Bisa Menghilangkan Jerawat

Apakah Minyak Zaitun Bisa Menghilangkan Jerawat

September 14, 2022
Apakah Minyak Kayu Putih Bisa Menghilangkan Jerawat?

Apakah Minyak Kayu Putih Bisa Menghilangkan Jerawat?

September 14, 2022

Comments are closed.