9 Cara Menghilangkan Keriput di Tangan Secara Aman dan Alami

Cara menghilangkan keriput di tangan

Kerutan di tangan adalah tanda penuaan yang tidak bisa Anda pungkiri. Seiring dengan bertambahnya usia, kulit tangan akan kehilangan elastisitasnya sehingga memunculkan kerutan yang sering disebut keriput. Kerutan ini diperparah dengan seringnya tangan terpapar sinar matahari, cairan pembersih, kegiatan mencuci, dan debu serta polusi udara.

Akumulasi dari beberapa penyebab keriput ini bahkan bisa memunculkan penuaan dini bagi sebagian wanita sehingga Anda akan mencari tahu bagaimana cara menghilangkan keriput di tangan maupun pada kulit yang mengalami keriputan.

Bagaimana Cara Menghilangkan Keriput di Tangan?

Bagaimana Cara Hilangkan Keriput di Tangan

Anda tentu tidak ingin keriput membatasi ruang gerak sehari-hari. Begitu juga dengan penampilan yang tidak ingin terlihat cepat tua dengan munculnya keriput. Tak perlu khawatir, ada banyak cara menghilangkan keriput di tangan secara alami maupun dengan prosedur perawatan kecantikan kulit. Keduanya sama-sama aman dan terpercaya.

Berikut beberapa cara menghilangkan keriput di tangan:

1. Gunakan Sunscreen Secara Rutin

Paparan sinar matahari adalah faktor terbesar yang dapat mempercepat proses penuaan kulit. Bahkan dapat dikatakan, semua upaya perawatan kulit akan sia-sia jika Anda tidak melindungi kulit Anda dari sinar matahari.

Jadi, untuk mengatasi tangan keriput, salah satu hal yang harus Anda lakukan adalah menggunakan sunscreen secara rutin. Direkomendasikan untuk menggunakannya setiap pagi sebelum ke luar ruangan dan aplikasikan ulang setiap 2 hingga 4 jam sekali untuk hasil maksimal.

2. Eksfoliasi dengan Campuran Lemon, Gula, dan Susu

Eksfoliasi, scrub, dan pelembab adalah prosedur perawatan tangan untuk menunda timbulnya keriput. Anda hanya butuh bahan –bahan alami seperti campuran lemon, gula, dan susu untuk membuat scrub. Berikut cara eksfoliasi dengan campuran lemon, gula dan susu:

  • Pertama, Anda hanya perlu menyiapkan satu sendok makan baking soda yang dilarutkan dalam air secukupnya, dan merendam tangan di dalamnya selama sepuluh menit. Sel kulit mati pun akan terangkat dengan lembut.

  • Kedua, peras setengah lemon dan tambahkan air hasil perasan dengan sesendok gula penuh. Gosokkan scrub ini pada tangan dan jari dengan gerakan melingkar. Biarkan selama lima belas menit.

  • Ketiga, rendam tangan Anda pada larutan susu sekitar sepuluh menit. Setelah itu, bersihkan tangan dengan air biasa. Lemon akan membantu menghilangkan titik-titik di kulit, sedangkan gula untuk menghilangkan kotoran dan sel kulit mati. Yang terakhir, susu akan memberikan antioksidan alami pada kulit.

Baca juga: 4 Cara Memutihkan Kulit Tangan untuk Tangan yang Belang

3. Mengoles Minyak Zaitun di Tangan

Cara menghilangkan keriput di tangan dengan mudah bisa juga dengan rajin mengoleskan minyak zaitun. Minyak zaitun memberikan kelembapan alami yang dibutuhkan tangan untuk menjaganya dari kerutan.

Oleskan minyak zaitun pada tangan Anda sembari melakukan pemijatan selama lima sampai sepuluh menit, sebelum mandi dan sebelum tidur. Manfaat lain dari minyak zaitun yang akan Anda rasakan adalah kulit tangan yang tampak bersinar alami.

4. Krim Buah Pisang

Sudah sejak lama pisang dipercaya sebagai buah yang kaya akan vitamin dan manfaat. Vitamin A, B, E, zinc, potassium, dan magnesium dalam buah pisang akan memperbarui kondisi kulit dan mencegah keriput untuk timbul.

Hancurkan setengah buah pisang dengan garpu sampai halus. Oleskan pisang yang sudah lembut ke tangan dan tunggu hingga kering sepenuhnya. Kemudian, Anda bisa membersihkannya dengan air dingin. Lakukan cara ini dua kali seminggu untuk memiliki kulit tangan yang awet muda.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dengan Bahan Alami

5. Perawatan dengan Minyak Almond

Hampir mirip dengan minyak zaitun, minyak almond juga bisa membantu Anda mencegah datangnya keriput pada tangan dengan membangun jaringan kulit yang baru dan sehat. Minyak almond bisa Anda gunakan saat malam hari menjelang tidur.

Caranya mudah, oleskan minyak almond pada tangan dan lakukan pemijatan lembut selama sepuluh hingga lima belas menit. Dengan pemakaian yang teratur, Anda akan memiliki kulit tangan yang terasa lebih lembut dan bebas keriput.

6. Memijat Tangan dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu bahan alami terbaik untuk mengencangkan kulit. Selain mampu melembabkan kulit, minyak kelapa juga mampu meningkatkan produksi kolagen kulit dan mempercepat proses regenerasi sel kulit.

Oleh karena itu, minyak kelapa sangat cocok digunakan untuk mengatasi keriput pada tangan. Caranya mudah, cukup ambil dua sendok teh minyak kelapa dan pijatkan dengan gerakan memutar selama sepuluh menit. Lakukan setiap malam untuk memiliki tangan yang bebas keriput.

Baca juga: 12 Cara Menghilangkan Keriput di Bawah Mata Dengan Bahan Alami

7. Mengoles Gel Lidah Buaya di Tangan

Lidah buaya dikenal sebagai agen elastisitas, karena mengandung asam malat yang efektif untuk pengelupasan sel kulit mati. Selain itu, bahan alami ini juga dapat mengurangi tanda-tanda kerutan di kulit dan memiliki banyak manfaat penyembuhan.

Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya di tangan Anda dan diamkan selama ± 15 menit. Setelah itu cuci tangan Anda dan keringkan dengan lembut.

8. Konsumsi Makanan Bergizi

Cara menghilangkan keriput di tangan selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan kulit. Kulit cantik dimulai dari dalam tubuh, inilah sebabnya Anda perlu mengonsumsi makanan yang bergizi.

Lakukanlah diet seimbang yang penuh dengan makanan yang mengandung vitamin C dan kaya anti-oksidan, serta asam lemak omega-3 untuk menyehatkan tangan Anda dari dalam ke luar. Sebagai contoh, Anda dapat mengawali pagi hari dengan mengonsumsi jus jeruk karena mengandung vitamin C dan kaya akan anti-oksidan yang baik untuk menetralisir radikal bebas. Vitamin C juga dikenal sebagai salah satu nutrisi yang baik untuk melawan tanda-tanda penuaan.

9. Prosedur Memudarkan Keriput di Jakarta Aesthetic Clinic

Di samping cara menghilangkan keriput di tangan dengan bahan alami yang bisa Anda lakukan di rumah, ada juga prosedur perawatan kulit tangan di Jakarta Aesthetic Clinic. Melalui prosedur soft tissue filler keriput di tangan dan wajah bisa pudar.

Prosedur soft tissue filler ini tidak memakan waktu yang lama dan tidak menimbulkan rasa sakit pada tubuh. Dilakukan oleh dokter ahli berpengalaman dan tersertifikasi, Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal dan natural untuk kulit tangan yang tampak lebih awet muda.

Sumber:

  • https://skinkraft.com/blogs/articles/wrinkles-on-hands
  • https://www.siobeauty.com/blogs/news/hand-wrinkles
  • https://health.clevelandclinic.org/are-your-hands-aging-you/

dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Mitos Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih yang Perlu Dihindari

Mitos Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih yang Perlu Dihindari

September 14, 2022
Apakah Minyak Zaitun Bisa Menghilangkan Jerawat

Apakah Minyak Zaitun Bisa Menghilangkan Jerawat

September 14, 2022
Apakah Minyak Kayu Putih Bisa Menghilangkan Jerawat?

Apakah Minyak Kayu Putih Bisa Menghilangkan Jerawat?

September 14, 2022

Comments are closed.