Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata dengan Es Batu

Seiring bertambahnya usia, kesehatan kulit mulai berkurang hal ini ditandai dengan adanya kerutan pada area di bawah mata. Meskipun kerutan dan garis halus wajar muncul sebagai bagian dari proses penuaan dan berkurangnya produksi kolagen sel kulit, hal ini sering membuat orang menjadi kurang percaya diri. Unungnya, Anda bisa menyamarkan dan bahkan menghilangkan tanda penuaan satu ini.

Ada beberapa macam cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan kerutan di bawah mata seperti dengan menggunakan masker, minyak zaitun, dan tentunya es batu. Ingin tahu cara menghilangkan kerutan dibawah mata dengan es batu? Mengapa es batu dapat digunakan untuk hal tersebut? Mari kita simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Apa Saja Manfaat Es Batu untuk Kulit Wajah?

Mengoleskan es batu merupakan salah satu cara menghilangkan kerutan di bawah mata. Aplikasi es batu ini sering digunakan dalam treatment untuk kulit wajah dan dikenal sebagai cold therapy atau cryotherapy. Adapun manfaat yang dapat Anda temukan dari mengaplikasikan es batu pada kulit wajah adalah sebagai berikut:

1. Meredakan Jerawat

Kulit wajah yang berjerawat dapat ditangani dengan mengaplikasikan es batu yang telah dibungkus kain atau kapas ke area atau titik wajah yang berjerawat. Es batu dapat membantu meredakan peradangan pada kulit wajah yang menyebabkan wajah Anda berjerawat.

2. Mengatasi Kulit Berminyak

Selain meredakan jerawat pada kulit, es batu juga dapat membantu mengecilkan pori-pori. Pori-pori yang lebar merupakan penyebab kulit wajah menjadi berminyak. Tidak hanya itu, bakteri dapat menempel pada pori-pori wajah yang terbuka dan mengendap di sana.

Baca juga: 9 Cara Menghilangkan Keriput di Bawah Mata Dengan Bahan Alami

3. Membuat Wajah Terlihat Lebih Cerah

Manfaat es batu selanjutnya yang dapat membuat Anda terkejut adalah mencerahkan kulit wajah. Hal ini dapat terjadi karena es batu membantu dapat memperlancar sirkulasi darah pada wajah sehingga kulit akan ternutrisi sesuai kebutuhannya.

4. Menghilangkan Garis Halus dan Kerutan Di Bawah Mata

Sebagai bahan alami, manfaat terakhir yang Anda dapatkan dari es batu adalah untuk menghilangkan munculnya kerutan di bawah mata. Es batu dapat melancarkan sirkulasi darah pada area mata bagianbawah sehingga kerutan-kerutan tersebut dapat pudar atau bahkan hilang.

Baca juga: Cara Mengencangkan Kulit Agar Tidak Keriput

Bagaimana Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata dengan Es Batu?

Ada beberapa langkah yang perlu Anda ikuti untuk melakukan cold treatment atau cara menghilangkan kerutan dibawah mata dengan es batu.

Langkah ini perlu Anda ikuti agar kerutan dibawah mata dapat diatasi dengan semaksimal mungkin. Berikut ini langkah-langkah untuk menghilangkan kerutan dibawah mata dengan es batu, yaitu:

  • Ambil sebuah es batu lalu tempelkan dan tekan secara perlahan sambil diputar untuk memberikan efek pijat
  • Lakukan hal ini hingga Anda mulai merasakan kebal pada area bawah mata
  • Jangan langsung mengelap lelehan air es batu dan biarkan beberapa saat hingga air meresap ke dalam jaringan kulit
  • Setelah air meresap ke dalam kulit, gunakan krim pelembap untuk area bawah mata untuk hasil yang maksimal
  • Lakukan langkah-langkah ini secara rutin setidaknya 2 – 3x seminggu agar kerutan di bawah mata dapat pudar atau bahkan hilang

Anda bisa melakukan langkah-langkah di atas untuk area wajah lainnya seperti dahi, hidung, dan juga pipi untuk mengecilkan pori-pori agar muka tidak terlihat kusam akibat minyak yang berlebih.

Tips Lainnya Untuk Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata

Selain menggunakan es batu, terdapat beberapa cara lain untuk menghilangkan kerutan di bawah mata. Dengan mengaplikasikan beberapa tips perawatan kulit ini, maka sel kulit pada area sekitar mata akan menjadi lebih sehat, kencang, dan tampak awet muda. Simaklah tips-tips berikut ini:

1. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang menerpa sel kulit dapat mengurangi produksi kolagen. akibatnya, kulit akan lebih cepat kehilangan elastisitas dan mengalami proses penuaan. Jadi, untuk menghilangkan kerutan di bawah mata, pastikan kulit Anda terlindungi dari paparan sinar matahari.

Cara untuk menlindungi kulit dari paparan sinar matahari adalah dengan menggunakan tabir surya. Selanjutnya, hindari juga keluar ruangan pada saat matahari sedang terik, yaitu di sekitar jam 11 siang hingga jam 3 sore.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Menghilangkan Garis Senyum dengan Cepat

2. Menggunakan Krim Mata

Kurangnya kelembaban dapat menyebabkan munculnya kerutan di bawah mata. Jadi salah satu cara terbaik untuk mengatasi kerutan di bawah mata adalah dengan menggunakan krim mata. Moisturizer biasa memang dapat membuat kulit menjadi lebih lembab, tetapi produk tersebut tidak cukup untuk menyamarkan kerutan.

Krim mata biasanya diformulasikan dengan zat-zat yang baik untuk mengatasi kerutan dan garis halus, seperti retinol, vitamin C, dan vitamin E. Dengan menggunakan krim khusus mata, sel kulit di bawah mata bisa menjalani proses peremajaan yang akhirnya pun akan mengurangi kerutan.

3. Atur Posisi Tidur

Tahukah Anda bahwa posisi tidur Anda berpengaruh kepada kesehatan dan penampilan kulit? Ternyata, posisi tidur miring dan tengkurap dapat menyebabkan munculnya kerutan. Sebisa mungkin, atur posisi tidur Anda agar wajah tidak menyentuh bantal. Dengan begitu, Anda pun dapat mencegah dan mengurangi kerutan di bawah mata.

4. Jalani Pola Hidup Sehat

Terakhir, jangan lupa untuk menjalani pola hidup sehat. Penampilan kulit Anda tidak bergantung pada perawatan kulit dari luar saja, tetapi juga dari dalam. Konsumsilah makanan-makanan yang kaya akan nutrisi dan perbanyak minum air putih agar kulit menjadi lebih sehat. Jangan lupa juga untuk berolahraga setidaknya tiga kali seminggu agar kulit dan tubuh menjadi lebih sehat.

Lakukan Rutinitas Skincare Malam Agar Wajah Tetap Sehat dan Awet Muda

Wajah merupakan aset diri yang harus kita jaga untuk mencegah penuaan dini, seperti munculnya garis halus dan kerutan. Salah satu cara yang Anda dapat lakukan adalah dengan melakukan set rutinitas skincare malam seperti mencuci muka, menggunakan micellar water, krim malam, pelembap, dan serum agar penampilan wajah Anda tetap terlihat sehat dan segar. Selain melakukan rutinitas skincare malam, Anda juga dapat mencari perawatan wajah yang tepat di Jakarta Aesthetic Clinic.

Baca juga: Urutan Pemakaian Skin Care yang Benar

Jakarta Aesthetic Clinic adalah klinik estetika untuk perawatan kulit wajah, badan, dan juga rambut yang ditangani langsung oleh para ahlinya. Kami juga menyediakan treatment untuk mengatasi kerutan dibawah mata yang sudah sulit dihilangkan agar penampilan wajah dapat kembali seperti sedia kala. Silakan kunjungi website kami untuk membuat perjanjian konsultasi Anti-Wrinkle Injection Treatment sekarang juga.

Sumber

https://www.healthline.com/health/ice-for-face#how-to-do-it

https://www.look-beautiful.de/en/beauty-news/anti-aging/anti-aging-thanks-to-ice-cube-therapy

dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

Mei 31, 2022
Macam-Macam Bentuk Hidung di Dunia, termasuk Bentuk Hidung Orang Indonesia

Macam-Macam Bentuk Hidung di Dunia, termasuk Bentuk Hidung Orang Indonesia

Mei 31, 2022
Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

Mei 30, 2022

Comments are closed.