Tips Menghilangkan Komedo di Dagu yang Dijamin Aman dan Nyaman

Cara menghilangkan komedo di dagu

 

Apakah Anda sedang mencari cara menghilangkan komedo di dagu? Komedo di dagu merupakan salah satu permasalahan kulit wajah yang sering muncul. Banyak yang mengalami kesulitan untuk mengatasi masalah kulit tersebut, baik tua maupun muda, pria maupun wanita. Ingin tahu bagaimana caranya menghilangkan komedo di dagu dengan efektif? Simak penjelasannya berikut ini.

 

Mengetahui penyebab komedo

Komedo yang berada di dagu biasanya termasuk dalam golongan komedo putih atau whitehead. Komedo jenis ini muncul akibat minyak dan sel-sel kulit mati terperangkap dalam pori-pori yang terbuka. Minyak dan sel-sel mati ini terperangkap dalam pori-pori sehingga jika dilihat dari luar tampak seperti ada tonjolan-tonjolan kecil berwarna putih.

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan bahkan memperburuk kondisi kulit, yaitu:

  • Produksi minyak pada kulit yang tinggi
  • Penumpukan minyak berlebih dan kotoran pada wajah
  • Folikel rambut yang tersumbat kotoran dan sel kulit mati
  • Penggunaan kosmetik dengan bahan kimia tertentu
  • Perubahan hormon atau kondisi hormon yang tidak stabil
  • Gaya hidup yang kurang sehat (merokok atau terlalu banyak mengonsumsi dairy products)

Sekarang mari cari tahu bagaimana Anda bisa mengatasi komedo di area dagu.

Baca Juga: 10 Cara Mudah Menghilangkan Bruntusan di Wajah dengan Bahan Alami

 

4 Cara Menghilangkan Komedo di Dagu

1. Lakukan double cleansing

Seperti yang sudah disebutkan, komedo di dagu disebabkan oleh adanya penumpukan minyak dan sel-sel kulit mati pada wajah. Oleh karenanya, untuk menghilangkan komedo sebaiknya Anda mencegah terjadinya penumpukan minyak dan sel kulit mati. Cara perawatan yang paling mudah dan efektif adalah dengan melakukan double cleansing.

Double cleansing merupakan cara membersihkan kulit wajah yang dilakukan dalam 2 tahapan. Mengapa 2 tahapan? Dengan 2 tahapan, kotoran dan minyak yang masih menempel pun bisa terangkat dengan lebih baik.

Untuk langkah pertama Anda bisa menggunakan pembersih berbahan dasar minyak (oil based) seperti cleansing oil atau cleansing balm. Anda juga bisa menggunakan micellar water. Kemudian lanjutkan dengan mencuci muka menggunakan facial wash sesuai jenis kulit.

 

2. Menguapi wajah

Penyebab komedo di dagu susah hilang adalah karena posisinya yang berada di dalam pori-pori yang tersumbat. Berbeda dengan blackhead yang ada pada pori-pori terbuka, whitehead di dagu berada di dalam pori-pori kulit. Akibatnya komedo susah diekstraksi dan kotoran pun terperangkap dalam pori-pori kulit.

Untuk mengatasi hal tersebut dan membuka pori-pori yang tersumbat, Anda bisa menguapi wajah. Siapkan satu baskom air hangat. Posisikan wajah menghadap baskom hingga Anda merasakan uap air menerpa wajah. Tutupi kepala dengan handuk dan biarkan beberapa saat.

Panas dari uap air akan membuka pori-pori pada wajah, termasuk pori-pori di bagian dagu Anda. Pijat perlahan area dagu agar kotoran dan sel kulit mati terdorong keluar dari pori-pori. Anda bisa menambahkan tea tree oil untuk efek yang lebih terasa.

 

3. Mengangkat sel kulit mati secara teratur

Setelah menguapi wajah dengan air hangat, Anda bisa lakukan eksfoliasi secara teratur. Di sini Anda akan melakukan eksfoliasi dengan metode physical exfoliation. Bahan yang digunakan adalah garam laut. Ini karena garam laut memiliki kandungan anti bakteri yang baik untuk melawan penumpukan kotoran pada kulit.

Caranya mudah, Anda cukup mencampurkan garam laut dengan beberapa tetes jus lemon serta sedikit air. Campur hingga berbentuk pasta. Aplikasikan campuran garam dan lemon pada dagu Anda. Biarkan selama 5-10 menit. Setelah agak mengering, gosok perlahan. Anda akan merasakan kulit yang lebih halus dan bersih.

 

4. Gunakan masker natural

Masker wajah adalah salah satu cara paling efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit, salah satunya untuk menghilangkan komedo membandel dari dagu Anda. Anda pun tidak perlu merogo kocek yang besar untuk cara perawatan ini. Ada beberapa masker komedo ampuh yang bisa Anda buat dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di dapur. Contohnya:

 

Masker putih telur dan madu

Campuran putih telur dan madu adalah cara alami yang baik untuk menghilangkan komedo pada area dagu. Campurkan 1 buah putih telur dengan 1 sendok makan madu dan oleskan ke area wajah yang dipenuhi komedo. Biarkan masker selama 15 menit hingga mengering dan kulit terasa kencang. Lalu, bilas dengan air hangat. Gunakan masker putih telur dan madu seminggu sekali untuk hasil maksimal.

 

Masker lemon

Jus lemon adalah bahan alami yang sangat ampuh mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori. Peras sebuah lemon dan basahi kapas dengan jus lemon. Tempelkan kapas tadi pada semua area wajah yang berkomedo. Diamkan selama 5 menit dan bilas dengan air hangat. Gunakan masker ini 1-2 kali seminggu sebelum Anda pergi tidur.

 

Masker oatmeal

Tidak hanya lezat, oatmeal juga ampuh merawat kulit dan menghilangkan komedo. Masker oatmeal dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan membasmi bakteri penyebab komedo. Haluskan 1 sendok makan oatmeal hingga berbentuk bubuk kasar. Lalu, campurkan dengan madu dan air mawar secukupnya hingga membentuk pasta. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan masker ini di pagi hari seminggu sekali untuk hasil maksimal.

Baca Juga: 4 Jenis Perawatan Wajah Berjerawat

Selain dengan cara-cara tersebut, Anda juga bisa menghilangkan komedo membandel pada area dagu dengan metode chemical peeling. Jakarta Aesthetic Clinic (JAC) menawarkan treatment peeling komedo dengan cairan peeling natural yang diracik oleh para dokter ahli. Cairan yang lembut ini mampu melunakkan serta mengencerkan komedo hingga dapat dibersihkan hanya dengan memijat wajah. Treatment ala spa mewah ini akan membuat dagu Anda terbebas dari komedo.

 

Sumber:

https://www.fimela.com/beauty-health/read/3879835/tips-menghilangkan-komedo-membandel-pada-dagu-dan-hidung

https://nova.grid.id/read/05923550/5-perawatan-rumahan-yang-ampuh-hilangkan-komedo-di-dagu-coba-yuk?page=all

https://www.orami.co.id/magazine/amp/6-cara-alami-menghilangkan-komedo-putih/

https://www.thehealthy.com/skin-health/acne/home-remedies-blackheads/

https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-get-rid-of-blackheads

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Agustus 28, 2021
5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

Agustus 28, 2021
10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

Agustus 28, 2021

Comments are closed.