Begini Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Pipi yang Aman dan Nyaman

cara menghilangkan komedo hitam di pipi

Tidak boleh disepelekan! Cara menghilangkan komedo hitam di pipi yang salah justru akan memicu masalah kulit lainnya. Hal ini dikarenakan komedo hitam merupakan minyak yang menyumbat pori-pori kulit wajah. Semakin lama, jenis komedo hitam yang dibiarkan akan tampak menonjol. Tentu kondisi ini harus segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Tapi, penanganannya tidak boleh sembarangan. Penanganan yang buruk justru dapat memperparah kondisi dan membuat kulit iritasi. Jadi, apa yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan komedo yang membandel?

8 Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Pipi

Agar dapat mengatasi komedo, pertama-tama Anda harus tahu dulu apa penyebab komedo tersebut muncul. Penyebab komedo ada banyak, dimulai dari kotoran yang menyumbat pori-pori, sel kulit mati yang menumpuk, produksi minyak berlebih, dan lain-lain. Jadi, untuk membersihkan komedo dari kulit, Anda harus mengatasi semua masalah tadi terlebih dahulu.

Alih-alih memencet komedo hitam dengan tangan, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan komedo di pipi:

1. Gunakan Masker Pepaya

Cara menghilangkan komedo di pipi tanpa rasa sakit bisa Anda dapatkan dari masker pepaya. Mengandung vitamin C dan juga zat antioksidan yang cukup tinggi, buah dengan bau yang khas ini ampuh mengangkat sel-sel kulit mati pemicu munculnya komedo hitam di wajah.

Anda bisa mengolah buah pepaya menjadi masker alami yang membantu menghilangkan komedo hitam di area hidung dan pipi. Caranya pun tidak sulit. Kupas buah pepaya dan hancurkan dengan menggunakan garpu hingga terbentuk masker yang mirip pasta. Sementara itu, cucilah wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori.

Lalu, oleskan masker pepaya pada area yang terdapat komedo membandel, seperti di hidung dan pipi. Diamkan selama 15 menit, lalu cuci muka dengan air sejuk hingga bersih. Gunakan masker ini sebanyak 3 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

Baca juga: 7 Kebiasaan Buruk Penyebab Timbulnya Komedo

2. Kecilkan Ukuran Pori-Pori Wajah dengan Es Batu

Salah satu penyebab munculnya komedo hitam di pipi adalah ukuran pori-pori wajah yang cukup besar. Untuk itu, Anda perlu mengecilkan ukuran pori-pori di wajah dengan menggunakan es batu.

Caranya, bersihkan wajah terlebih dulu dengan facial wash sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika sudah, usapkan ice cube secara perlahan ke area wajah yang berkomedo selama kurang lebih 10 menit.

Bila mengoleskan es batu ke wajah terasa sakit atau terlalu dingin, kamu juga bisa menggunakan sendok. Ambil sendok teh yang terbuat dari logam dan masukkan ke dalam freezer selama minimal 20 menit. Kemudian ambil dan usapkan sendok dingin tersebut ke permukaan kulit yang berkomedo.

3. Angkat Sel Kulit Mati dengan Scrub Gula

Selanjutnya, penumpukan sel kulit mati merupakan salah satu penyebab kulit berkomedo. Jadi, sangat disarankan untuk melakukan eksfoliasi secara rutin untuk menghilangkan komedo. Eksfoliasi wajah tidak memerlukan produk mahal. Anda jugsa bisa membuat scrub wajah dengan bahan-bahan alami yang baik untuk kulit, contohnya gula dan minyak zaitun.

Cara membuat scrub ini cukup sederhana. Ambillah 1 sendok makan gula dan 2 sendok makan minyak zaitun. Campurkan dan aduk keduanya hingga merata. Aplikasikan scrub tersebut ke area wajah yang terdapat komedo membandel. Selama 5 menit, pijat dengan gerakan melingkar yang lembut agar kulit tidak iritasi. Kemudian, bilas hingga bersih, wajah akan menjadi lebih bersih dan halus. Agar komedo tidak kembali lagi, gunakan scrub ini dua kali seminggu.

Baca juga: Tak Perlu Kesal, Ini Cara Menghilangkan Komedo Hitam dan Putih di Hidung

4. Angkat komedo dengan Tea Tree Oil

Tea Tree Oil telah terbukti memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi, yang berarti minyak ini juga dapat bermanfaat bagi muka yang sedang berjerawat. Tea Tree Oil juga kenal sebagai minyak non-comedogenic yang dapat membantu mengangkat komedo hitam di pipi Anda tanpa menyumbat pori-pori Anda.

Caranya adalah Anda cukup mengoleskan Tea Tree Oil ke aplikator kapas secukupnya dan gosokkan ke pipi yang  berkomedo.

5. Hilangkan Komedo Hitam dengan Masker Green Tea

Green tea, bahan aktif satu ini dapat membantu Anda mencegah dan mengobati komedo hitam di pipi Anda.

Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2016, senyawa dalam Green tea yang dikenal sebagai polifenol dapat membantu kesehatan kulit Anda dengan membantu mencegah kelenjar sebaceous untuk memproduksi sebum atau minyak berlebih.

Terlalu banyak sebum dapat menyebabkan sel-sel kulit mati saling menumpuk dan menyumbat pori-pori yang dapat memicu jerawat. Mengurangi produksi sebum pada kulit dapat membantu mencegah timbulnya jerawat.

Cobalah mencampurkan daun Green tea kering dengan air, kemudian oleskan Green tea basah tersebut ke pipi Anda sambil di pijit dengan gerakan melingkar kecil hingga 30 detik. Bilas wajah Anda dengan air setelah selesai.

Anda juga dapat menambahkan madu ke dalam Green tea untuk membuat masker yang dapat berguna untuk menghilangkan komedo di pipi Anda. Salah satu alternatif yang mudah bukan?

6. Mengaplikasikan Obat Bebas

Jika cara alami belum mampu menghilangkan komedo hitam yang membandel, Anda bisa mempertimbangkan penggunaan obat bebas yang dijual bebas di apotek. Misalnya krim wajah yang mengandung asam salisilat, resorsinol, maupun benzoyl peroxide. Ketiga kandungan ini bisa membunuh bakteri serta mengurangi produksi sebum (minyak di wajah). Dengan begitu, secara otomatis akan memaksa komedo hitam yang ada di permukaan kulit wajah.

Sayangnya, obat-obatan maupun krim wajah yang bisa Anda temukan di apotek belum tentu cocok untuk kulit. Tidak jarang, kulit yang sensitif akan mengalami iritasi, muncul kemerahan, terasa gatal, hingga reaksi alergi lainnya. Jika sudah terjadi demikian, sebaiknya hentikan pemakaian dan lakukan konsultasi pada dokter spesialis kulit.

7. Lakukan Terapi Laser

Cara menghilangkan komedo hitam di pipi yang kurang tepat bisa berakibat pada semakin parahnya jumlah komedo yang nampak. Kondisi kulit wajah berkomedo sudah pasti akan mengurangi kepercayaan diri Anda. Untuk itu, pertimbangkan metode terapi laser yang juga efektif menghilangkan komedo hitam membandel di wajah. Dengan sinar yang kuat, produksi minyak berlebih bisa dikurangi secara maksimal. Sayangnya, biaya terapi laser relatif cukup mahal sehingga tidak semua orang bisa melakukannya.

Baca juga: Peeling Wajah Komedo Solusi Cantik Tanpa Rasa Sakit

8. Manfaatkan Treatment Peeling

Manfaatkan Treatment Peeling

Bagi Anda yang tidak memiliki budget lebih untuk terapi laser, masih bisa memanfaatkan treatment peeling di Jakarta Aesthetic Clinic. Peeling sendiri efektif digunakan untuk mengelupas sel kulit mati, sehingga komedo hitam dapat terangkat. Di Jakarta Aesthetic Clinic, treatment peeling komedo dilakukan dengan menggunakan cairan peeling natural yang dibuat oleh dokter ahli sehingga terjamin keamanannya. Prosedurnya pun tidak menimbulkan rasa sakit karena hanya dilakukan dengan memijat lembut kulit wajah Anda.

Untuk perawatan kulit wajah harian, Anda juga bisa menggunakan produk skincare dari Jakarta Aesthetic Clinic. Dengan pemakaian yang rutin, maka komedo hitam di pipi tidak lagi muncul mengganggu penampilan Anda.

Itulah beberapa cara menghilangkan komedo hitam di pipi yang aman dan nyaman untuk Anda lakukan. Selamat mencoba dan semoga berhasil mendapatkan kulit wajah yang terawat, bersih, dan mulus.

Sumber:

dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Desember 5, 2022
Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Desember 5, 2022
Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Desember 5, 2022

Comments are closed.