Panduan Menghilangkan Komedo Hitam Membandel di Wajah

Siapa yang tidak kesal saat bercermin menemukan tumpukan komedo hitam di hidung dan area lain di wajah? Tentu hal ini akan membuat Anda gemas dan ingin memencet serta mencabutnya. Tapi, jangan coba-coba lakukan hal ini, ya! Pasalnya, cara menghilangkan komedo hitam membandel yang salah, hanya akan memperlebar pori-pori dan membuat komedo bertambah banyak. Begini cara yang tepat untuk menghilangkan komedo hitam membandel:

 

1. Cuci muka dua kali sehari

seorang wanita mencuci wajahnya

Cara menghilangkan komedo hitam membandel paling mudah adalah dengan rajin mencuci muka dua kali sehari. Mencuci muka akan membantu menghilangkan kotoran yang menempel pada kulit wajah, penyebab komedo. Lakukan kegiatan ini saat pagi hari dan malam sebelum tidur. Pastikan Anda menggunakan facial foam sesuai dengan jenis kulit wajah.

 

2. Rajin eksfoliasi

Seorang wanita mengoleskan krim ke wajahnya

Eksfoliasi akan membantu Anda terhindar dari bintik-bintik komedo yang membuat pori-pori terlihat lebih lebar. Mengelupas sel-sel kulit mati yang ada di bagian terluar kulit wajah akan membuat komedo ikut terangkat dan menghilang dari wajah Anda. Lakukan eksfoliasi setidaknya satu bulan sekali.

 

3. Memakai garam laut

garam laut untuk menghilangkan komedo hitam membandel

Garam laut sangat kaya akan kandungan anti bakteri yang bisa menghilangkan komedo hitam membandel. Bukan hanya komedo di wajah, komedo di hidung, dahi, dan dagu juga bisa ikut terangkat dengan mengusapkan garam laut di area tersebut. Campurkan garam laut dengan beberapa tetes air lemon dan air, lalu usapkan pada area yang muncul komedo hitam membandel. Setelah beberapa saat, bersihkan dan lihat hasilnya!

 

4. Tabir surya yang bebas minyak

tabir surya tanpa minyak untuk mencegah munculnya komedo hitam membandel

Untuk kulit wajah yang berminyak, jangan gunakan tabir surya dengan kandungan minyak di dalamnya karena hanya akan membuat debu dan kotoran makin menempel di kulit wajah dan menyebabkan komedo. Minyak dalam tabir surya, jika dioleskan pada kulit wajah yang secara alami memproduksi minyak dalam jumlah banyak, juga akan menyumbat pori-pori. Untuk itulah, kenali tipe kulit Anda dan pilih tabir surya yang sesuai.

 

5. Gel lidah buaya

Gel lidah buaya

Lidah buaya sudah sejak lama terkenal sebagai bahan yang ampuh untuk menjaga kecantikan kulit wajah. Bahkan, lidah buaya digunakan dalam salah satu produk Korea yang populer di masyarakat. Lidah buaya mampu mengatasi komedo pada wajah, terutama hidung, dagu, dan dahi. Oleskan gel lidah buaya ke daerah yang muncul komedo, diamkan sepuluh menit, dan bilas dengan air hangat. Lakukan prosedur ini sebagai cara menghilangkan komedo hitam membandel.

 

6. Konsumsi makanan kaya vitamin C

makanan dan minuman bervitamin c untuk menghilangkan komedo hitam membandel

Cara menghilangkan komedo hitam membandel juga bisa dilakukan dari dalam. Salah satunya adalah dengan konsumsi vitamin C. Vitamin C ini bisa Anda dapatkan dari jeruk dan sayuran hijau. Manfaat vitamin C ini sangat besar karena bisa melawan bahaya radikal bebas dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab komedo dan jerawat di wajah.

 

7. Peeling komedo di Jakarta Aesthetic Clinic

peeling komedi di jakarta aesthetic clinic

Bila cara alami tidak membantu, komedo membandel yang muncul di area wajah bisa dengan mudah Anda hilangkan dengan melakukan peeling di Jakarta Aesthetic Clinic. Dengan bahan alami yang dijamin aman untuk setiap kulit wajah, Anda akan merasakan perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah perawatan.

Cairan peeling natural racikan dokter ahli akan membantu mengeringkan jerawat, melunakkan, dan mengencerkan komedo sehingga bisa dengan mudah dibersihkan hanya dengan pemijatan lembut pada kulit wajah. Prosedur perawatan yang mirip dengan spa ini akan membuat Anda rileks dan terbangun dengan wajah yang bersih bercahaya bebas komedo.

Comments are closed.

WhatsApp Make Appointment Now