Jangan Khawatir! Ini Cara Terbaik Menghilangkan Lemak di Leher

cara terbaik menghilangkan lemak di leher

 

Saat berat badan bertambah, mungkin perut menjadi bagian tubuh yang paling terlihat perubahannya. Namun, sebetulnya beberapa bagian tubuh lain juga ikut terdampak. Salah satunya adalah area leher yang jadi memiliki lipatan. Beberapa orang menyebutnya dengan double chin atau lemak submentalTidak hanya mengganggu penampilan, tentunya hal ini juga bisa membuat Anda tidak percaya diri. Bagi Anda yang ingin menghilangkan lemak di leher, berikut beberapa cara menghilangkan lemak di leher yang bisa Anda terapkan:

 

8 Cara Menghilangkan Lemak di Leher

1. Gerak leher anti double chin

Melakukan gerakan-gerakan tertentu yang fokus pada leher akan membantu Anda mengencangkan area tersebut. Dengan begitu, lemak di area leher, dagu, dan rahang pun bisa perlahan berkurang. Caranya sangat mudah, Anda bisa menggerakkan leher dari sisi kanan ke kiri selama beberapa kali, lalu lanjutkan dengan menggerakkannya dari bawah ke atas.

Selain menggerakkan leher, melakukan peregangan leher juga dipercaya bisa menjadi cara menghilangkan lemak di leher. Biasanya cara ini dilakukan untuk merilekskan otot leher setelah Anda melakukan aktivitas tertentu dalam waktu lama. Misalnya, Anda bisa meregangkan leher setelah menghadap laptop selama beberapa jam. Anda juga bisa merentangkan leher setiap kali bangun tidur (mengulet).

 

2. Olahraga kardio

Double chin atau lapisan lemak terbentuk karena adanya penumpukan lemak berlebih di bawah kulit. Oleh sebab itu, untuk mengurangi lemak di leher, Anda pun harus berolahraga. Nah, olahraga yang cukup efektif untuk mendorong proses pembakaran lemak adalah kardio, termasuk lemak pada leher. Beberapa contoh olahraga kardio yang bisa Anda lakukan dengan mudah adalah jogging atau aerobik.

Lakukan latihan kardio secara rutin sebanyak 2-3 kali dalam seminggu, masing-masing selama 30-60 menit. Apabila ingin melakukan olahraga kardio yang lebih profesional, Anda bisa mendatangi tempat fitness agar bisa dibimbing oleh seorang instruktur. Selain membantu menghilangkan lemak di leher, olahraga kardio juga bisa menurunkan berat badan serta membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat, bugar, dan tentunya langsing.

Baca Juga: Cara Merawat Wajah Secara Alami Yang Wajib Diketahui Oleh Seluruh Wanita

3. Mengurangi asupan kalori harian

Double chin disebabkan oleh kelebihan lemak leher dan wajah. Penurunan berat badan secara keseluruhan bisa membantu Anda menghilangkan lemak leher. Salah satu cara paling efektif untuk mengurangi lemak adalah dengan mengurangi asupan kalori harian.

Untuk menurunkan berat badan berlebih dan menghilangkan double chin, cobalah mengurangi asupan kalori harian Anda sebanyak 500 kalori. Dengan begitu, berat badan Anda akan berkurang sekitar 0.5kg per minggu. Tentu saja, Anda tetap perlu makan untuk memberikan Anda energi untuk menjalani hari. Jadi, jangan berdiet secara drastis, cukup jaga saja pola makan Anda agar tidak berlebihan.

 

4. Jaga pola makan sehat

Selain memerhatikan asupan kalori, kualitas makanan yang Anda konsumsi juga sangat berpengaruh. Menjaga pola makan sehat dapat membantu mengurangi lemak berlebih di leher. Ada banyak cara untuk membuat pola makan Anda menjadi lebih sehat dan bernutrisi.

Pertama, Anda bisa meningkatkan konsumsi buah dan sayur, misalnya dalam bentuk salad sayur. Selain kaya akan vitamin dan mineral, buah dan sayur juga dapat membuat tubuh kenyang lebih lama meskipun kandungan kalorinya tidak tinggi. Selanjutnya, kurangi juga konsumsi gorengan dan makanan manis karena dapat menyebabkan lemak semakin menumpuk. Terakhir, hindari makan sebelum tidur apalagi mengonsumsi snack di tengah malam.

 

5. Konsumsi protein tanpa lemak

Lalu, apakah ini artinya Anda tidak boleh makan daging sama sekali? Tentu saja bukan begitu. Anda tetap bisa, kok, makan daging walaupun sedang menerapkan cara menghilangkan lemak di leher. Namun, konsumsilan daging yang rendah lemak atau bahkan tanpa lemak sama sekali. Saat mengonsumsi daging ayam, misalnya, jangan makan bagian kulitnya demi menghindari lemak dan kolesterol.

Daging ikan juga bisa menjadi pengganti yang tidak kalah sehat. Selain mengandung protein, daging ikan juga umumnya memiliki kandungan vitamin B6 untuk membantu metabolisme dalam tubuh. Tidak ketinggalan vitamin B12 yang bisa membantu melindungi jantung serta pembentukan sel darah merah. Terakhir, kacang-kacangan juga bisa menjadi sumber protein sehat yang baik untuk Anda yang ingin mengurangi konsumsi daging. 

 

6. Perbanyak minum air

Tahukah Anda bahwa meminum air dapat membantu membakar lemak tubuh, termasuk lemak di leher? Ya, rajin minum air putih adalah cara menghilangkan lemak di leher yang ampuh. Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan air untuk berjalannya proses metabolisme lemak berlebih. Tidak hanya demikian, meminum air di sela-sela waktu makan juga bisa mengurangi masuknya kalori hingga 13%. Terakhir, meminum air juga dapat mencegah double chin terlihat bengkak.

Jadi, jangan malas untuk minum air. Kurangi minum kopi, soda, dan minuman manis lainnya. Jika Anda kurang suka meminum air putih, cobalah meminum infused water alias air detoks. Cara membuatnya mudah, cukup rendam potongan buah atau rempah herbal dalam air selama minimal 8 jam. Contoh buah dan rempah yang sering digunakan untuk infused water adalah lemon, timun, dan mint.

 

7. Mengunyah permen karet

Siapa yang sangka, ternyata mengunyah permen karet juga merupakan cara menghilangkan lemak di leher yang ampuh! Mengunyah permen karet adalah sebuah bentuk olahraga otot dagu, leher, dan wajah yang ringan. Dengan melakukan ini secara rutin, Anda bisa mengurangi double chin dan membuat garis rahang Anda terlihat lebih ramping.

Tidak hanya demikian, penelitian juga membuktikan bahwa mengunyah permen karet bisa membantu menurunkan berat badan juga. Menurut studi, mengonsumsi permen karet di sela-sela jam makan bisa mengurangi rasa lapar dan keinginan memakan snack. Jadi, konsumsi kalori Anda pun akan berkurang. Tapi, jangan berlebihan juga ya, karena terlalu banyak mengunyah permen karet dapat membuat perut kembung. Direkomendasikan untuk melakukannya selama 20-30 menit saja setiap harinya.

Baca Juga: Ingin Wajah Terlihat Tirus? 7 Tips Mengecilkan Pipi Tembem Ini Bisa Dicoba!

8. Slimming program

Ketujuh cara menghilangkan lemak di leher tersebut tentunya membutuhkan waktu hingga Anda bisa menyaksikan hasilnya. Jika Anda ingin menghilangkan lemak di leher atau double chin dalam waktu lebih cepat, slimming program di Jakarta Aesthetic Clinic sangat layak Anda coba. Menerapkan prosedur Cryolipolysis, slimming program membekukan sel lemak di bawah kulit hingga mati dan luruh bersama sistem pembuangan tubuh. Jadi, prosedur satu ini tidak memiliki efek samping yang berbahaya.

 

Apabila Anda merasa terganggu dengan double chin, cara menghilangkan lemak di leher tersebut bisa coba diterapkan. Jakarta Aesthetic Clinic menawarkan prosedur slimming program yang tidak hanya praktis, tapi juga tepercaya dalam menghilangkan lemak di bagian-bagian tubuh tertentu, termasuk di bagian leher. Jika tertarik mencoba, langsung saja kunjungi jakartaaestheticclinic.co.id!

 

Sumber:

https://www.sehatq.com/artikel/7-cara-menghilangkan-lemak-di-leher-untuk-hindari-double-chin/amp

https://www.orami.co.id/magazine/amp/cara-menghilangkan-lemak-di-leher/

https://hellosehat.com/nutrisi/berat-badan-turun/cara-menghilangkan-lemak-di-leher/?amp=1

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Agustus 28, 2021
5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

Agustus 28, 2021
10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

Agustus 28, 2021

Comments are closed.