7 Cara Menghilangkan Lemak di Pipi dan Bawah Dagu demi Wajah Tirus

cara menghilangkan lemak di pipi dan bawah dagu

Cara menghilangkan lemak di pipi dan bawah dagu berbeda dengan tips menghilangkan lemak di anggota tubuh lainnya. Prinsip menghilangkan lemaknya sama, yaitu pola makan yang teratur dan melakukan berbagai gerakan. Hanya saja, menghilangkan lemak di wajah sedikit lebih tricky dibandingkan dengan tips lainnya.

Kehadiran lemak berlebih di beberapa anggota tubuh sering meresahkan kita. Wajah juga tidak luput dari lemak, terutama di bagian pipi dan bawah dagu. Bagi beberapa orang, wajah tembam atau chubby memang imut. Lain cerita kalau lemak di pipi dan bawah dagu sudah berlebihan sehingga mengganggu penampilan.

Ada juga orang yang tidak ingin terlihat chubby karena tidak sesuai dengan usianya yang sudah dewasa. Mereka berusaha menghilangkan lemak di wajah demi mendapatkan wajah tirus. Namun, langkah apa yang bisa diambil untuk membuang lemak berlebih agar wajah terlihat ramping? Baca penjelasannya di artikel ini.

Cara Menghilangkan Lemak di Pipi dan Bawah Dagu

Wanita bisa mendapatkan wajah yang lebih tirus dengan mudah, yakni melakukan contouring saat mengaplikasikan blush-on. Garis di area tulang pipi dan tulang dagu menjadi poin utama agar wajah terlihat tirus. Sayangnya, cara ini tidak mungkin dilakukan setiap hari, bukan?

Lemak di bawah dagu membuat pemilik wajah terlihat mempunyai dua buah dagu (double chin). Kondisi ini selalu menjadi kekhawatiran karena membuat wajah terlihat lebih bulat. Penyebabnya tidak melulu karena berat badan yang bertambah, bisa juga karena faktor genetik atau kulit yang mulai kendur.

Wajah bebas lemak di area pipi dan dagu bisa mengubah penampilan Anda menjadi lebih ramping. Untuk mencapai tujuan tersebut, Anda harus mengubah gaya hidup, termasuk pola makan dan olahraga. Waktunya memang tidak singkat, tapi kekonsistenan bisa membuahkan hasil yang diinginkan.

Berbagai metode penurunan berat badan ternyata memiliki dampak yang efektif pula pada perubahan bentuk wajah. Jika dilakukan dengan konsisten, wajah akan terlihat lebih ramping dan bisa menghindari munculnya lemak di waktu mendatang. 

JAC akan membahas tujuh cara untuk menghilangkan lemak di area wajah. Apa saja?

1. Lakukan Senam Wajah

Senam wajah berguna untuk melatih wajah agar terlihat lebih ramping. Otot wajah pun semakin kuat dan tanda-tanda penuaan bisa dihilangkan dengan melakukan latihan ini. 

Anda bisa menemukan variasi gerakan untuk merampingkan wajah di internet. Untuk mendapatkan hasil yang ideal, lakukan senam wajah dua kali sehari selama delapan minggu. Hasilnya, otot wajah lebih tebal dan wajah terlihat awet muda.

Baca juga: 6 Gerakan Ini Efektif Menghilangkan Double Chin, Lho!

2. Konsumsi Makanan yang Bergizi

Menghilangkan lemak di wajah berarti ada pantangan makanan yang harus dipatuhi. Kurangi mengonsumsi karbohidrat dan gula, serta perbanyak serat dalam menu makanan Anda. Hindari makanan yang digoreng dan mulailah mengatur porsi makan Anda.

Makanan mengandung serat tidak akan diserap oleh tubuh, melainkan langsung menuju saluran pencernaan Anda. Zat ini akan membuat Anda merasa lebih kenyang sehingga nafsu makan pun bisa dikurangi.

3. Lakukan Latihan Kardio

Jangan hanya melakukan senam wajah, lakukan juga latihan kardio untuk mengurangi lemaknya. Latihan kardio meningkatkan kinerja jantung dan paru-paru sehingga mampu membakar lemak lebih banyak dibandingkan jenis latihan lainnya.

Bagi pemula, mulailah melakukan latihan kardio seperti jalan, lari, senam zumba, bersepeda dan renang. Latihan kardio selama 20-40 menit sudah efektif untuk membakar lemak. Bukan hanya wajah yang terlihat lebih tirus, tubuh pun terlihat lebih ramping dengan melakukan kardio.

Baca juga: Ingin Wajah Terlihat Tirus? 9 Tips Mengecilkan Pipi Tembem Ini Bisa Dicoba!

4. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Konsumsi air putih sebanyak dua liter per hari juga membantu kita merasa lebih kenyang. Nafsu makan juga berkurang sehingga kita tidak perlu mengemil untuk di luar jam makan.

Konsumsi air putih sebelum makan bisa mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi. Selain itu, metabolisme tubuh pun meningkat sehingga proses pembakaran lemak menjadi lebih efektif.

5. Batasi Konsumsi Alkohol

Minuman beralkohol hanya berisi kalori, tapi tidak ada kandungan gizinya, seperti vitamin dan mineral. Alkohol juga berperan sebagai diuretic yang meningkatkan produksi urin sehingga membuat kita gampang dehidrasi. Alkohol juga bisa mengurangi hormon leptin, sehingga kita selalu merasa lapar setiap harinya.

Batasi konsumsi alkohol Anda hanya di momen-momen tertentu. Pria cukup mengonsumsi dua gelas alkohol per harinya, sedangkan wanita hanya boleh satu gelas. Minuman ini memang nikmat, tapi bisa membawa masalah kesehatan yang banyak apabila tidak dikontrol.

6. Tidur yang Cukup

Kurang tidur bisa menyebabkan hormon kortisol meningkat. Hormon pemicu stres ini bisa meningkatkan nafsu makan dan menghambat metabolisme sehingga lemak menumpuk di tubuh. Pasalnya, kurang tidur bisa membuat kita mudah lapar sehingga berat badan pun meningkat.

Selalu jaga pola tidur Anda selama delapan jam setiap malam. Selain menghilangkan lemak di wajah, pola tidur yang cukup juga membuat Anda tidak mudah lelah saat beraktivitas.

Baca juga: 4 Langkah Mengencangkan Kulit Mata di Bawah Mata

7. Gunakan Prosedur Coolsculpting

Anda juga bisa menghilangkan lemak di wajah secara cepat dengan menggunakan prosedur Coolsculpting. Layanan Coolsculpting Jakarta bisa ditemukan di Jakarta Aesthetic Clinic. Coolsculpting adalah metode pembekuan sel lemak di tubuh sehingga mati dan terbuang dari tubuh.

Prosedur ini ditangani oleh dokter kulit yang sudah ahli di bidangnya. Perawatannya juga aman dan tidak menimbulkan rasa sakit sehingga Anda merasa nyaman selama prosesnya. Bakar lemak membandel di wajah dengan metode Coolsculpting ini.

Semua cara menghilangkan lemak di pipi dan bawah dagu tersebut lebih efektif jika dilakukan bersamaan. Anda akan mendapatkan wajah yang lebih tirus dan indah jika konsisten melakukan tips ini.

Sumber:

https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-double-chinhttps://www.healthline.com/nutrition/lose-fat-in-face-cheeks

dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Mitos Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih yang Perlu Dihindari

Mitos Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih yang Perlu Dihindari

September 14, 2022
Apakah Minyak Zaitun Bisa Menghilangkan Jerawat

Apakah Minyak Zaitun Bisa Menghilangkan Jerawat

September 14, 2022
Apakah Minyak Kayu Putih Bisa Menghilangkan Jerawat?

Apakah Minyak Kayu Putih Bisa Menghilangkan Jerawat?

September 14, 2022

Comments are closed.