Cara Menghilangkan Noda Hitam di Wajah dengan Bahan Alami

10 Cara Menghilangkan Noda Hitam di Wajah

Bintik hitam atau flek pada wajah bisa dikurangi atau bahkan dihilangkan dengan mudah. Ada berbagai macam cara menghilangkan noda hitam di wajah secara alami yang dapat dilakukan. Hal ini tentu saja agar membuat wajah Anda kembali bersih dan juga bercahaya.

Munculnya noda hitam pada wajah ini disebabkan oleh banyak hal, salah satunya ialah karena kelebihan melanin pada kulit yang dikeluarkan. Faktor lain yang menyebabkan munculnya noda hitam pada wajah ini ialah paparan dari sinar matahari, kehamilan, tidak stabilnya hormon, kurang vitamin, pengaruh penggunaan obat tertentu, terlalu stres, dan bahkan kurang tidur.

10 Cara Menghilangkan Noda Hitam di Wajah Secara Alami

Timbulnya flek hitam pada wajah ini seringkali membuat seseorang tidak percaya diri dan merasa malu. Namun sekarang ini juga sudah banyak cara menghilangkan noda hitam di wajah yang bisa dilakukan. Yang paling sering dilakukan ialah dengan menggunakan bahan alami yang lebih mudah dan murah.

Berikut ini cara menghilangkan noda hitam di wajah secara alami:

1. Lemon

Cara menghilangkan noda hitam di wajah yang pertama bisa Anda lakukan dengan menggunakan lemon.

Air lemon mengandung banyak vitamin C yang bisa membantu Anda menghilangkan flek atau noda hitam pada wajah.

Anda bisa menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan air perasan lemon dan mengoleskannya pada area yang ada flek hitam di wajah. Diamkan hingga kering dan bilas dengan air hangat. Anda bisa rutin melakukannya selama 2 minggu.

Baca juga: Waspada Ciri Wajah Kekurangan Kolagen

2. Cuka Apel

Menggunakan cuka apel merupakan cara menghilangkan flek hitam di wajah selanjutnya. Bahan yang dikenal dari zaman Yunani kuno ini, tidak hanya digunakan sebagai bahan makanan, tapi juga sebagai obat tradisional.

Cuka apel mengandung asam asetat, yang berdasarkan penelitian dapat meringankan pigmentasi.

Cara memanfaatkan cuka apel adalah dengan mencampurkan cuka apel dengan air bersih (1 banding 1) ke dalam wadah. Oleskan ke wajah Anda dan biarkan selama 2 hingga 3 menit. Selanjutnya, bilas dengan air hangat. Ulangi 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

3. Teh Hijau

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau memiliki efek depigmentasi ketika dioleskan ke kulit.

Anda dapat membeli ekstrak teh hijau dan memakainya sesuai petunjuk. Jika Anda ingin mencobanya, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu merendam kantong teh hijau dalam air panas selama 3 sampai 5 menit. Kemudian keluarkan kantong teh dari air dan biarkan hingga dingin. Gosokkan kantong teh di atas wajah Anda dan ulangi 2 kali sehari sampai Anda mendapatkan hasil.

Baca juga: Cara Mengencangkan Kulit Agar Tidak Keriput

4. Lidah Buaya

Lidah buaya memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya bisa Anda gunakan untuk memberikan rangsangan untuk memproduksi sel kulit baru. Selain itu juga bisa digunakan untuk menghilangkan flek hitam di wajah.

Lidah buaya mengandung 90% asam amino yang ditemukan dalam tubuh dan juga memiliki vitamin A, B, C, dan E di dalamnya.

Tanaman lidah buaya memiliki sifat anti-penuaan dan nutrisi kulit. Sehingga membantu dalam menghilangkan bintik-bintik gelap dan juga mengurangi perubahan warna pada kulit.

Gel lidah buaya bahkan bekerja sebagai pelembab yang sangat baik dan karena itu dapat  membuat kulit Anda halus dan lembut. Cara memanfaatkan bahan alami ini sangat mudah, yaitu menjadikannya sebagai masker dan gunakan secara rutin.

5. Tomat

Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan oleh The British Journal of Dermatology pada tahun 2011 mengungkapkan bahwa kombinasi pasta tomat dan minyak zaitun dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Bahkan, kombinasi tersebut juga mendorong produksi pro-kolagen.

Tomat tidak hanya baik bila dioleskan langsung ke kulit, tetapi juga sangat baik bila dikonsumsi mentah. Oleskan pasta tomat pada wajah Anda seperti masker wajah dan biarkan selama sekitar 10 – 15 menit. Anda bisa membilasnya dengan air dingin. Hal ini membuat kulit Anda lembut, halus, dan bercahaya.

Baca juga: Mengenal Apa itu Skin Booster

6. Pepaya

Selain digunakan sebagai buah, pepaya juga sangat bermanfaat untuk kecantikan. Anda pasti banyak menemukan produk–produk yang terbuat dari bahan dasar pepaya. Selain bisa digunakan untuk mencerahkan kulit wajah. Pepaya juga bisa anda gunakan untuk cara menghilangkan noda hitam di wajah.

Enzim yang terdapat di dalam pepaya bisa membantu menghilangkan sel kulit mati sehingga warna kulit menjadi cerah. Sifat membersihkan ini juga membantu untuk membersihkan kulit dan melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan kerusakan kulit.

Anda bisa menggunakan dua cara untuk menggunakan pepaya ini, yang pertama Anda bisa membuat pasta pepaya yang sudah matang dan yang kedua Anda bisa menggunakan campuran perasan jeruk nipis dengan pasta pepaya yang hijau. Kedua cara tersebut bisa Anda lakukan setidaknya dua kali dalam satu minggu.

7. Banyak Minum Air Putih

Minum banyak air dapat memberikan keajaiban bagi kulit Anda. Air putih yang cukup membantu membersihkan racun di tubuh. Minum 8 sampai 10 gelas air per hari akan menjadi cara terbaik dan paling alami untuk memperoleh kulit yang halus, bersih dan bercahaya.

Air membantu membuang semua racun dan kotoran dari tubuh Anda. Namun, cobalah untuk menghindari mengonsumsi minuman beralkohol dan berkarbonasi. Sertakan buah-buahan dan sayuran yang tinggi kandungan air dalam diet Anda.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah dengan Mudah dan Murah

8. Madu

Mengoleskan madu murni pada kulit adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan bintik hitam dan juga meningkatkan kualitas kulit Anda dengan membuatnya halus dan lembut. Madu membantu menjaga kesehatan kulit dan juga memiliki sifat menghidrasi.

Caranya mengaplikasikan madu pun sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan madu secukupnya. Kemudian oleskan pada wajah terutama pada bagian yang memiliki flek hitam. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat.

9. Mentega susu

Buttermilk kaya akan asam laktat yang membantu menghilangkan kulit mati dari wajah Anda dan mencerahkan bintik hitam Anda. Oleskan buttermilk langsung pada flek hitam dengan bantuan kapas dan biarkan selama 20 menit. Cuci muka dengan air bersih dan lihat hasilnya.

Baca juga: Rekomendasi Terbaik untuk Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

10. Membersihkan Wajah

Cara terakhir yang tidak boleh diabaikan adalah membersihkan wajah. Cucilah wajah minimal 2 kali sehari untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel di wajah untuk memperbaiki penampilan kulit Anda.

Hal ini sangat penting dilakukan terlebih Anda yang memiliki mobilitas tinggi di luar ruangan.

Tentu saja masih banyak cara menghilangkan noda hitam di wajah yang bisa Anda lakukan. Jika Anda rutin melakukannya maka Anda bisa mendapatkan kulit wajah yang sehat dan bersih kembali.

Selain cara alami di atas, Anda bisa memanfaatkan berbagai treatment wajah profesional dari Jakarta Aesthetic Clinic. Terlebih jika masalah Anda terasa cukup serius, mungkin sudah saatnya Anda mendatangi klinik perawatan kulit untuk berkonsultasi langsung. Dapatkan wajah cerah, mulus, dan tanpa kerutan bersama kami.

Sumber:

  • https://www.manipalhospitals.com/blog/7-natural-remedies-to-get-rid-of-dark-spots
  • https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-pigmentation#homeremedies
  • https://www.healthline.com/nutrition/10-benefits-of-green-tea-extract
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Desember 5, 2022
Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Desember 5, 2022
Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Desember 5, 2022

Comments are closed.