Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Memiliki bekas luka di wajah? Ada cara menghilangkan scar di wajah yang bisa dicoba. Beberapa orang yang memiliki scar pada wajah memang menganggap hal tersebut sebagai tanda menerima diri. Namun, sebagian besar lainnya berharap bisa menghilangkan scar tersebut karena cukup mengganggu penampilan dan membuat tidak percaya diri. 

Bagi Anda yang sudah berjuang menutupi scar di wajah dengan make up, sekarang saatnya untuk mencoba dan mengetahui cara menghilangkan scar di wajah dalam artikel ini. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai akhir agar mendapat seluruh informasinya.

Apakah Scar Bisa Hilang?

Apakah Scar Bisa Hilang

Sebelum mempelajari cara menghilangkan scar di wajah, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana sebuah scar bisa muncul. Pada dasarnya, scar hadir sebagai langkah penyembuhan alami dari sebuah cedera atau luka yang ada di wajah.

Saat lapisan kulit mengalami kerusakan, maka tubuh akan bereaksi dengan membentuk serat kolagen yang bekerja untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi. Pada akhirnya, serat tersebut menjadi scar yang muncul pada wajah Anda. Timbul atau tidaknya bekas luka pada wajah didasarkan pada keparahan dan kerusakan kulit.

Saat hal ini terjadi, mungkin ada banyak orang yang berpikir bahwa scar atau bekas luka tidak bisa dihilangkan. Padahal, terdapat beberapa prosedur yang bisa dilakukan untuk menghilangkan scar di wajah baik secara mandiri maupun dengan penanganan dokter.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dalam Waktu Singkat

Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah

Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah

Tidak seluruh prosedur mampu menghilangkan scar di wajah secara keseluruhan. Beberapa diantaranya hanya mampu membantu menyamarkan bekas luka. Hal ini tergantung pada seberapa parah luka dan bekas yang ditinggalkan. Namun, bukan berarti tidak ada prosedur untuk menghilangkannya secara total. Berikut ini merupakan beberapa cara menghilangkan scar di wajah yang bisa dicoba:

1. Produk Gel

Menggunakan Produk Gel untuk Menghilangkan Scar

Saat ini, beberapa produk gel yang dijual umum masih menjadi cara rumahan yang cukup ampuh untuk menyembuhkan kulit dengan bekas luka. Produk dengan tekstur gel memang dirancang khusus untuk membantu mengembalikan tekstur kulit dan meratakan scar

Cara penggunaannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu mengaplikasikan gel ke area bekas luka setiap hari secara rutin. Biasanya, hasilnya akan muncul setelah pemakaian 3 bulan. Namun tentu saja hal ini bergantung pada bekas luka, beberapa orang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Chemical Peeling

Chemical Peeling

Pada jenis bekas luka atau scar yang ringan seperti bekas luka akibat jerawat, menggunakan produk skincare berupa chemical peels dapat menjadi solusinya. Chemical peel dipercaya mampu meningkatkan proses pergantian sel dan membuat kulit menjadi tampak lebih halus. Hal ini akan membantu meratakan tekstur wajah yang bermasalah. 

Efek samping dari prosedur chemical peeling adalah kulit menjadi lebih sensitif, apalagi saat terkena sinar matahari. Sebab itu, pastikan untuk selalu menggunakan sunscreen di pagi, siang, dan sore hari agar melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV. Sebenarnya, penggunaan sunscreen penting untuk dilakukan setiap hari sekali pun Anda tidak melakukan metode peeling.

Baca juga: 5 Pantangan Setelah Chemical Peeling yang Wajib Diketahui

3. Produk Minyak 

Produk Minyak

Pada penelitian yang dilakukan pada tahun 2018 silam, hasil menunjukkan bahwa minyak kelapa cukup efektif untuk menyembuhkan luka dan menyamarkan bekas luka. Hal ini dikarenakan minyak kelapa dipercaya mampu mendorong sintesis kolagen, mengurangi peradangan, memperbaiki sel-sel yang rusak di dalam kulit, dan terdapat anti bakteri serta antioksidan di dalamnya.

Caranya, cukup panaskan beberapa sendok minyak kelapa dan oleskan pada scar sambil dipijat selama 10 menit. Diamkan minyak kelapa selama 1 jam dan biarkan untuk menyerap terlebih dahulu. Ulangi cara ini sebanyak 2 kali dan lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

4. Konsultasi dan Perawatan Dokter

Konsultasi dan Perawatan Dokter untuk Hilangkan Scar di Wajah

Cara menghilangkan scar di wajah yang paling tepat dan efektif adalah konsultasi dan perawatan langsung ke dokter ahli. Ada berbagai treatment yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas luka di wajah seperti injeksi steroid, prosedur laser, filler wajah, hingga operasi.

Baca juga: Perbedaan Filler dan Tanam Benang, Mana yang Lebih Aman?

Selain itu, beberapa krim khusus yang diracik dengan dosis yang tepat juga bisa didapatkan melalui konsultasi dengan dokter ahli. Karena kandungan seperti dosis retinoid yang tinggi harus digunakan di bawah pengawasan dokter.

Melalui perawatan langsung ke dokter ahli, tentu hasil yang didapatkan juga jauh lebih maksimal. Bahkan sangat mungkin untuk menghilangkan scar secara keseluruhan dan kulit menjadi halus tanpa bekas sedikit pun. Namun perlu diingat bahwa Anda perlu memastikan bahwa klinik kecantikan atau dokter yang dipilih benar-benar ahli dan tersertifikasi. 

Mencoba menghilangkan scar bukan berarti tidak mencintai diri sendiri. Setiap orang pastilah ingin tampil cantik dengan penampilan yang mendorong tingkat rasa percaya diri. Jadi, Anda memiliki keleluasaan untuk memilih mana hal yang membuat Anda nyaman dan percaya diri. Jika ingin menghilangkan scar di wajah secara lebih maksimal, JAC bisa menjadi solusinya. 

Melalui Baby Skin Treatment, Anda bisa mendapatkan kulit wajah yang sempurna. Tak hanya menghilangkan scar, treatment JAC yang satu ini mampu merawat kulit menjadi lebih sehat, memudarkan bekas jerawat dan flek hitam, serta mengecilkan pori-pori. 

Seiring bertambahnya usia, kulit wajah juga akan kehilangan kemampuan untuk menjaganya tetap sehat secara maksimal. Oleh karenanya, merawat kulit dengan arahan dokter ahli dan tersertifikasi dari JAC tentunya akan mengembalikan kesehatan kulit dan menyembuhkan berbagai permasalahan dengan cepat, tepat, dan aman. 

Berminat untuk mencoba cara menghilangkan scar di wajah dengan treatment dari JAC? Jangan ragu melakukan treatment wajah di JAC karena telah terbukti kualitasnya dengan memenangkan lima penghargaan Internasional sekaligus dari 7th Golden Record Award by Merz Aesthetics. 

Hubungi JAC sekarang juga dan konsultasikan kondisi kulit wajah Anda dengan tim profesional. Bersama JAC, mari ciptakan kulit cantik, sehat, dan sempurna sekarang juga.

Sumber:

  • https://www.webmd.com/beauty/cosmetic-procedures-scars
  • https://www.nhs.uk/conditions/scars/treatment/
  • https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-old-scars#natural-remedies
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5796020/
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Inilah Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Jangan Sampai Tertukar

Inilah Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Jangan Sampai Tertukar

Februari 2, 2023
Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen, Sudah Tahu Belum?

Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen, Sudah Tahu Belum?

Februari 2, 2023
Inilah Ciri Ciri Skin Barrier Rusak yang Harus Anda Ketahui

Inilah Ciri Ciri Skin Barrier Rusak yang Harus Anda Ketahui

Februari 2, 2023

Comments are closed.