6 Cara Menghilangkan Stretch Mark di Tubuh

Cara Menghilangkan Stretch Mark

 

Stretch mark merupakan garis-garis berwarna putih mirip retakan yang muncul di permukaan kulit. Stretch mark biasanya muncul ketika seseorang mengalami pertambahan berat badan atau pertumbuhan. Pada dasarnya, stretch mark merupakan kulit yang pecah atau robek, namun bukan merupakan indikasi adanya masalah kesehatan yang serius. Namun karena kerap mengganggu penampilan, banyak orang yang mencari cara menghilangkan stretch mark.

Secara umum, ada 6 cara menghilangkan stretch mark yang dapat Anda lakukan. Simak selengkapnya dalam ulasan berikut!

 

1. Eksfoliasi

Cara menghilangkan stretch mark paling mudah adalah dengan melakukan eksfoliasi secara rutin. Proses eksfoliasi akan menghilangkan lapisan kulit mati dari tubuh Anda dan lapisan baru akan muncul untuk meratakan stretch mark Anda. Menggabungkan eksfoliasi dengan metode perawatan lain akan membuat hasilnya terlihat lebih cepat.

 

2. Perawatan Topikal

Pemberian krim dan salep topikal adalah metode yang sangat terjangkau untuk mengurangi stretch mark di tubuh. Ada krim yang bisa Anda beli dengan bebas, namun ada juga yang harus didapatkan dengan resep dokter.

Penggunaan krim topikal secara teratur akan mencerahkan warna stretch mark meski tidak bisa menghilangkan sepenuhnya. Sebelum menggunakan perawatan topikal, pastikan Anda berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter. Pasalnya beberapa jenis krim mungkin tidak cocok untuk Anda dan bisa memicu alergi.

 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

 

3. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi merupakan cara menghilangkan stretch mark tanpa rasa sakit. Prosedur ini menargetkan lapisan epidermis kulit dan bekerja dengan cara merangsang kulit untuk mengencangkan serat kolagen dan elastin.

Mikrodermabrasi dilakukan dengan menyemprotkan kristal eksfoliasi dengan menggunakan alat khusus yang berbentuk seperti tongkat. Kristal yang menempel kemudian dihilangkan dengan hati-hati dari permukaan kulit bersama dengan sel-sel epidermis yang sudah mati. Agar hasilnya maksimal, mikrodermabrasi harus diulangi selama beberapa kali.

 

4. Microneedling

Proses ini menargetkan lapisan dermis yang merupakan lapisan tengah. Pada lapisan inilah stretch mark terbentuk. Dalam prosedur ini, kulit Anda akan ditusuk dengan jarum kecil untuk merangsang produksi kolagen. Kolagen dan elastin yang meningkat akan mendorong regenerasi kulit yang dapat memperbaiki penampilan Anda dengan mengurangi tampilan stretch mark.

 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Komedo Hitam

 

5. Terapi Laser

Terapi laser merupakan pilihan perawatan yang umum dilakukan untuk menghilangkan stretch mark. Dalam prosedurnya, laser akan menembus kulit untuk memicu regenerasi. Terapi ini merangsang jaringan di sekitar stretch mark Anda untuk sembuh lebih cepat.

Terapi laser juga menstimulasi produksi melanin pada area kulit yang terkena stretch mark, mengaktifkan sel pigmen di kulit Anda. Ini bisa membuat stretch mark berbaur dengan warna kulit normal Anda Anda. Meskipun cukup efektif, terapi laser harus dilakukan lebih dari satu sesi agar hasilnya maksimal.

 

6. Operasi Plastik

Operasi plastik merupakan cara menghilangkan stretch mark lainnya yang bisa Anda coba ketika lima langkah sebelumnya tidak berhasil. Operasi plastik biayanya cukup mahal namun bisa menghilangkan bekas apapun secara permanen. Meski begitu perlu diingat, proses operasinya sendiri juga bisa meninggalkan bekas luka.

 

Kesimpulan

Itulah beberapa cara menghilangkan stretch mark di tubuh yang bisa Anda coba. Cara di atas dapat dipilih dengan berbagai pertimbangan termasuk separah apa stretch mark yang ingin dihilangkan. Agar hasilnya semakin maksimal, hubungi tenaga dokter profesional hanya melalui Jakarta Aesthetic Clinic.

Dr. Olivia Ong

Dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Mengenal Filler Hidung untuk Kecantikan

Mengenal Filler Hidung untuk Kecantikan

Oktober 1, 2020
Mencari Dokter Kulit Jakarta Selatan Terbaik

Mencari Dokter Kulit Jakarta Selatan Terbaik

Oktober 1, 2020
5 Cara Memilih Skin Care Clinic Terbaik

5 Cara Memilih Skin Care Clinic Terbaik

Oktober 1, 2020

Comments are closed.