cara menghilangkan tahi lalat di wajah

Tahi lalat sebenarnya akan sangat umum dijumpai di tubuh kita. Sebagian besar tahi lalat awalnya muncul sebagai sebuah iritasi kulit. Karena paparan sinar matahari dan melanin di kulit, mereka berubah menjadi coklat seiring berjalannya waktu. Beberapa tahi lalat dianggap sebagai sebuah beauty spot, beberapa lagi tidak begitu bagus ketika tumbuh di tempat yang tidak diinginkan, seperti di wajah. Beberapa orang ada yang memilih untuk menghilangkannya karena alasan yang satu ini. Seperti apakah cara menghilangkan tahi lalat di wajah?

Cara Menghilangkan Tahi Lalat di Wajah

Kebanyakan tahi lalat tidak akan membawa efek berbahaya dan tidak perlu dikhawatirkan. Sehingga, pada dasarnya menghilangkan tahi lalat bukan sesuatu yang harus dilakukan. Kecuali jika kehadiran tahi lalat ini bisa mengganggu Anda. Bisa karena pengaruhnya terhadap penampilan Anda, atau merasa gatal karena bersentuhan dengan pakaian. Maka menghilangkan tahi lalat bisa menjadi pilihan.

Untuk prosedur menghilangkan tahi lalat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Paling mudah adalah dengan menutupinya menggunakan makeup jika dirasa bisa mengganggu penampilan. Ini bisa dilakukan jika tahi lalat yang dimiliki tidak menonjol.

Baca juga: Rahasia Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah dengan Putih Telur

Ada juga beberapa bahan rumahan yang bisa membantu dalam kegiatan menghilangkan tahi lalat ini, seperti yang ada di bawah ini.

1. Bawang Putih

Banyak orang percaya bahwa mengoleskan bawang putih ke tahi lalat dalam jangka waktu tertentu akan membuatnya berkurang atau hilang. Hal ini bisa terjadi karena bawang putih mengandung enzim yang dapat melarutkan sekelompok sel yang menyebabkan tahi lalat. Namun, Anda harus berhati-hati karena bawang putih dapat menyebabkan kulit terbakar.

2. Minyak Pohon Teh

Minyak esensial dari pohon teh adalah sudah diteliti dengan baik serta terkenal karena sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang dimilikinya. Beberapa orang memberikan klaim bahwa mengoleskan minyak pohon teh beberapa kali akan bisa menyebabkan tahi lalat menghilang. Hati-hati saat menggunakan minyak esensial ini karena akan beracun jika tertelan.

3. Kulit pisang

Kulit pisang mengandung enzim dan asam tertentu yang dipercaya sebagian orang dapat membantu menghilangkan tahi lalat. Manfaat baik lainnya dari penggunaan kulit pisang pada kulit adalah karena benda yang satu ini akan bertindak sebagai pelembap kulit.

4. Cuka Sari Apel

Bahan yang satu ini sudah cukup umum digunakan untuk menghilangkan tahi lalat. Asam yang ditemukan dalam cuka sebenarnya dapat melarutkan tahi lalat dan akhirnya menghilangkan tahi lalat dari kulit. Ambil kapas dan berikan beberapa cuka sari apel di atasnya. Sekarang, bersihkan tahi lalat dengan kapas dan biarkan selama satu jam. Ulangi ini selama dua minggu untuk menghilangkan tahi lalat.

5. Madu

Penelitian menunjukkan bahwa madu memiliki kandungan antioksidan dan sifat anti-inflamasi. Ada yang percaya bahwa mengoleskan madu ke tahi lalat akan membuatnya memudar dalam beberapa hari.

Baca juga: Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat di Punggung

6. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung banyak sifat yang baik untuk kulit, bahkan hal ini sudah diakui oleh orang banyak. Banyak yang percaya bahwa bila digunakan dari waktu ke waktu, lidah buaya akan bisa menghilangkan tahi lalat. Oleskan tanaman atau produk berbahan dasar lidah buaya pada tahi lalat. Namun pastikan jika Anda tidak mempunyai alergi terhadap tanaman yang satu ini.

7. Kentang

Kentang dianggap memiliki efek pemutihan yang alami. Walaupun tidak sepenuhnya bisa menghilangkan tahi lalat, namun bahan yang satu ini dipercaya dapat membantu memudarkannya warna tahi lalat secara perlahan. Membuatnya tidak terlalu menonjol.

Selain dengan bahan di atas, akan sangat bagus jika Anda mengunjungi ahli dermatologi untuk menghilangkan tahi lalat. Dokter dapat melakukan biopsi untuk mengujinya di bawah mikroskop dan melihat apakah itu kanker. Karena tahi lalat bisa saja adalah melanoma, menjadi tanda adanya kanker pada tubuh Anda.

Dokter akan menghilangkan tahi lalat Anda dengan dua metode. Pertama adalah dengan prosedur bedah, setelah mendapatkan bius dokter akan memotong seluruh tahi lalat. Kemudian menjahitnya. Cara kedua dengan pencukuran bedah, dokter membuat area di sekitar tahi lalat mati rasa dan menggunakan pisau untuk mencukur tahi lalat. Metode ini tanpa perlu melakukan jahitan.

Pada akhirnya, jika Anda memiliki tahi lalat yang tidak mengganggu, hal terbaik adalah membiarkannya atau menutupinya dengan riasan. Tetapi jika Anda tidak menyukai nya karena mempengaruhi penampilan Anda, maka temui dokter kulit untuk menghilangkannya dengan aman.Seperti Itulah cara menghilangkan tahi lalat pada wajah. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda. Jakarta Aesthetic Clinic selalu memberikan solusi perawatan kulit wajah terbaik untuk Anda salah satunya adalah Skin Tightening Program. Hubungi kami segera untuk merasakan perawatan wajah dari dokter estetika dan para ahli di Jakarta Aesthetic Clinic.

Sumber:

https://www.healthline.com/health/how-to-remove-moles#what-to-do

https://www.india.com/lifestyle/how-to-get-rid-of-moles-9-natural-home-remedies-to-remove-moles-from-your-body-1765305/

https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/beauty/5-ways-to-get-rid-of-moles-at-home/photostory/65385408.cms?picid=65385432

https://www.medicalnewstoday.com/articles/321216#remedies-to-avoid

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Agustus 28, 2021
5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

Agustus 28, 2021
10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

Agustus 28, 2021

Comments are closed.