7 Cara Mengobati Rambut Rontok Parah dengan Cepat

cara mengobati rambut rontok parah

Cara mengobati rambut rontok parah harus dilakukan bersamaan dengan perubahan gaya hidup. Rambut rontok tidak melulu disebabkan karena perawatan yang salah. Faktor genetik dan gaya hidup juga berkontribusi besar pada kerontokan rambut.

Rambut adalah mahkota manusia, jadi harus dirawat sebaik mungkin. Kerontokan rambut membuat pemiliknya khawatir dan merasa ada yang salah dengan dirinya. Semakin parah kerontokannya, kita langsung pesimis dan berpikir akan mengalami kebotakan dini. Lagipula, siapa yang ingin kepalanya botak padahal usia masih muda?

Perawatan rambut rontok juga harus diimbangi dengan gaya hidup yang sehat. Artinya, Anda tidak hanya sehat secara fisik, tapi juga mental. Jakarta Aesthetic Clinic akan mengupas tuntas tentang kerontokan rambut di artikel ini.

Penyebab Rambut Mengalami Kerontokan Parah

Banyak sekali faktor yang membuat rambut mengalami kerontokan. Faktor utama penyebab rambut rontok adalah genetik atau keturunan. Kendati rambut tidak terlalu berguguran di usia muda, penyebab ini terjadi saat orang sudah memasuki usia lanjut.

Kerontokan akibat genetik lazim terjadi dan disebut dengan Androgenic alopecia. Kerontokan ini terjadi secara perlahan dan berujung pada kebotakan di beberapa ujung kepala. Pada pria, gejala ini berupa hairline yang semakin menipis. Sedangkan wanita dengan masalah ini ditandai dengan rambut yang semakin menipis.

Perubahan hormon juga menjadi penyebab rambut mengalami kerontokan parah, biasanya bersifat sementara atau permanen. Hormon yang melonjak pada masa kehamilan, persalinan, dan menopause tidak jarang menjadi faktor kerontokan rambut. Kondisi kulit kepala yang mengalami infeksi adalah salah satu penyebabnya.

Obat yang dikonsumsi pasien selama masa pengobatan bisa membawa efek samping berupa kerontokan rambut. Tidak hanya pasien kanker, penderita arthritis, depresi, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi juga rentan terkena efek samping obatnya.

Beralih ke faktor mental, ternyata stres atau tekanan batin yang berlebihan bisa menyebabkan kerontokan rambut. Pekerjaan yang melelahkan atau tekanan hidup ternyata berdampak pada masalah fisik ini. Kerontokan rambut ini sifatnya temporer dan bisa berhenti saat penderita sudah tidak lagi mengalami stres.

Penyebab kerontokan rambut yang terakhir adalah sering melakukan hairstyling dan perawatan dengan bahan kimia. Tanpa disadari, dua aktivitas ini bisa menarik rambut kita. Akhirnya, rambut pun perlahan-lahan rontok dan kondisi ini disebut Traction alopecia.

Baca juga: Mengatasi Rambut Rontok Akibat Pewarnaan

Cara Mengobati Rambut Rontok Parah yang Efektif

Apapun penyebab kerontokan rambut yang Anda alami, cara pengobatannya tetap sama. Ada tujuh cara yang harus Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini. Apa saja?

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Kandungan gizi yang berguna untuk mengatasi kerontokan rambut adalah protein dan vitamin A. Folikel atau tempat tumbuhnya rambut terbuat dari protein, yang disebut juga dengan keratin. Masukkan makanan dengan protein yang tinggi, baik nabati maupun hewani agar folikel rambut tumbuh semakin kuat. 

Vitamin A mengandung retinoid yang berguna untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu, produksi minyak rambut juga didukung dengan adanya vitamin A sehingga kulit kepala tetap sehat. Makanan dengan dua kandungan tersebut sebaiknya harus ada di piring Anda.

2. Konsumsi Suplemen

Suplemen yang dibutuhkan untuk pertumbuhan adalah multivitamin yang mengandung vitamin A, B, C, D, zat besi, selenium dan seng. Multivitamin ini berguna untuk mendorong sel-sel yang bertugas untuk pertumbuhan rambut.

Biotin, alias vitamin H atau B7, mengandung asam lemak yang di dalamnya. Kandungan ini berguna untuk menjaga siklus pertumbuhan rambut. Kekurangan biotin bisa menjadi salah satu pemicu kerontokan rambut yang parah.

Baca juga: Cara Mengatasi Rambut Rontok Hampir Botak Dengan Cara Alami dan Cepat

3. Gunakan Minyak Rambut

Minyak rambut (hair oil) yang digunakan adalah minyak kelapa atau minyak zaitun. Khasiat minyak kelapa adalah mengatasi masalah rambut akibat paparan sinar matahari. Kandungan asam laurat di dalamnya juga melindungi akar dan batang rambut agar tidak patah.

Minyak zaitun berguna untuk menjaga rambut agar tidak kering sehingga tidak mudah patah. Aplikasikan beberapa sendok salah satu minyak rambut ini di kulit kepala, kemudian pijat sebelum dicuci.

4. Lakukan Hairstyling dengan Lembut

Anda juga bisa melakukan hairstyling jika diperlukan, hanya saja lakukan dengan hati-hati. Jika ingin mengikat atau mengepang rambut, jangan terlalu kencang. Ikatan yang kencang akan menarik rambut dari akarnya sehingga menyebabkan kerontokan parah.

Saat mengeringkan rambut, kurangi hair dryer dan biarkan rambut mengering dengan alami agar kulit kepala tidak iritasi. Catokan atau pengeriting rambut juga jangan terlalu panas karena berpotensi merusak batang rambut.

5. Lakukan Pijat Rambut

Pijatan dengan minyak rambut juga bisa meningkatkan sirkulasi darah. Alhasil, rambut pun tumbuh lebih cepat, di samping rasa rileks yang diterima.

Lakukan pijatan pada rambut selama empat menit secara rutin, yakni dua atau tiga kali seminggu. Hasil pijatan ini akan terlihat jika rajin dilakukan selama 24 minggu.

Baca JugaCara Agar Rambut Cepat Panjang dan Lebat

6. Lakukan Yoga atau Meditasi

Stres menjadi pemicu kerontokan rambut yang tidak disadari oleh manusia. Kurangi stres dengan melakukan yoga atau meditasi selama beberapa menit. Banyak sekali gerakan yoga yang bisa Anda temukan di internet.

Saat berhadapan dengan situasi yang menekan, usahakan untuk tidak menarik rambut Anda. Praktikkan meditasi dan berusahalah untuk bersikap tenang sehingga Anda tidak lagi merasa stres.

7. Konsultasi dengan Dokter Kulit JAC

Ya, dokter kulit di Jakarta Aesthetic Clinic bisa membantu mengatasi masalah kerontokan rambut. Kami menyediakan layanan hair loss treatment Jakarta lewat prosedur Hair Rejuvenation. Prosedur ini bisa mengembalikan rambut rontok sehingga Anda kembali terlihat awet muda dengan rambut yang lebat.

Dokter kulit JAC akan memberikan masukan agar rambut tidak lagi rontok nantinya. Kunjungi klinik kami dan kembalikan rambut Anda agar lebat seperti semula.

Jangan hanya bergantung pada perawatan rambut, karena cara mengobati rambut rontok dimulai dengan perubahan gaya hidup yang sehat secara fisik dan mental.

Sumber:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hair-loss/symptoms-causes/syc-20372926

https://www.healthline.com/health/hair-loss-prevention

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

5 Cara Mengatasi Rambut Kusut Menggumpal untuk Wanita Berhijab

5 Cara Mengatasi Rambut Kusut Menggumpal untuk Wanita Berhijab

Mei 7, 2022
Cara Alami Memperbaiki Wajah Tidak Simetris Tanpa Operasi

Cara Alami Memperbaiki Wajah Tidak Simetris Tanpa Operasi

Mei 7, 2022
2 Cara Mengecilkan Rahang Muka yang Lebar Secara Alami

2 Cara Mengecilkan Rahang Muka yang Lebar Secara Alami

Mei 7, 2022

Comments are closed.