Cara Menjaga Kesehatan Kulit Dengan Langkah-Langkah Yang Mudah

cara menjaga kesehatan kulit untuk anda
Jagalah kesehatan kulit Anda setiap hari

Cara menjaga kesehatan kulit sangat mudah untuk dilakukan jika Anda sadar akan betapa pentingnya hal tersebut. Menjaga kesehatan tidak hanya di bagian dalam saja. Anda juga harus memperhatikan kesehatan bagian luar tubuh Anda, yaitu kulit tubuh. Baik wanita maupun pria harus memiliki kesadaran dalam memperhatikan kesehatan kulit dan perawatan wajah.

Kulit yang tidak terawat dengan baik juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, seperti penyakit kulit berupa gatal-gatal, ruam merah, bahkan yang berbahaya bisa menimbulkan risiko kanker kulit. Jadi, jangan pernah anggap remeh mengenai kesehatan kulit Anda. Sebaliknya, kulit yang sehat tidak hanya baik untuk tubuh, tapi tentunya akan terlihat lebih indah sehingga bisa menambah rasa percaya diri.

Tips Cara Menjaga Kesehatan Kulit

Berbicara mengenai kesehatan kulit tidak hanya agar kulit Anda terlihat bersih, bercahaya, dan juga putih. Namun juga, agar Anda bisa selalu tampil sehat dan penuh percaya diri terhadap tubuh Anda sendiri. Cara-cara mudah bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan kulit bisa terpenuhi dengan baik. Jangan pernah lupa untuk selalu sadar melakukan cara menjaga kesehatan kulit serta tubuh Anda.

1. Perbanyak Mengonsumsi Air Putih

Air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga bisa merawat kulit Anda. Tubuh sangat membutuhkan air yang cukup untuk menjaga tubuh Anda agar tetap sehat dan segar. Jika tubuh Anda kekurangan cairan, maka akan menimbulkan berbagai macam permasalahan dan penyakit pada tubuh. Itu sebabnya, manusia diwajibkan untuk selalu meminum air putih kurang lebih 8 gelas dalam sehari.

Air putih ternyata tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan di dalam tubuh Anda saja. Namun juga memberikan kesehatan untuk membantu menjaga kulit luar tubuh Anda. Tubuh yang kekurangan cairan air putih dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering karena terjadi penurunan pada elastisitas kulit. Jadi, jangan heran jika orang yang jarang mengonsumsi air putih memiliki kulit yang kering dan juga terlihat keriput. Air putih sangat baik untuk Anda yang ingin memiliki kulit yang awet muda dan selalu segar.

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Wajah Belang yang Dijamin Efektif

2. Gunakan Sunblock Ketika Bepergian

Banyak orang yang tidak memperhatikan hal ini. Orang biasanya mengaplikasikan sunblock atau tabir surya ketika sedang berada di pantai untuk berjemur. Namun, tidak pernah menggunakannya ketika berada di luar untuk beraktifitas seperti biasanya. Padahal, sunblock ini bisa Anda gunakan untuk hari-hari biasa, tidak hanya ketika berada di pantai. Sunblock memiliki manfaat yang baik untuk melindungi kulit dan menjaga kulit tubuh Anda dari paparan sinar matahari yang bisa merusak kulit.

Sinar Ultraviolet yang Anda terima langsung dari matahari dapat menyebabkan kulit Anda terbakar dan juga membahayakan kesehatan kulit Anda. Terlalu sering mendapatkan paparan sinar matahari atau sinar UV tanpa perlindungan dapat menjadi penyebab timbulnya kanker kulit pada tubuh. Oleh karena itu, biasakan dari sekarang untuk menggunakan sunblock ketika Anda sedang bepergian. Oleskan pada bagian kulit Anda yang bisa secara langsung terkena sinar matahari untuk menjaga kesehatan kulit dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

3. Jaga Waktu Tidur Berkualitas

Tidurlah ketika Anda sudah merasa lelah. Hal tersebut ternyata dapat menjaga kesehatan tubuh dan juga kulit Anda. Mendapatkan waktu tidur yang berkualitas mampu membuat kulit dan tubuh Anda memiliki waktu istirahat yang cukup untuk beregenerasi dengan baik. Itu sebabnya, gunakan waktu malam Anda untuk mendapat tidur yang cukup dan bangun dalam keadaan yang sangat segar keesokan paginya.

Ketika tidur malam, usahakan untuk mematikan segala sesuatu yang dapat mengganggu waktu tidur Anda, seperti, gadget, televisi, radio, laptop, dan juga lampu kamar. Dengan keadaan yang sunyi dan tenang tersebut Anda bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Itulah tips beberapa cara menjaga kesehatan kulit dan melakukan perawatan kulit untuk sehari-hari.

Baca juga: Cara Alami Mengencangkan Kulit Wajah agar Awet Muda

4. Konsumsi Makanan yang Sehat

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Dengan memulai pola hidup sehat dengan tidak mengonsumsi alkohol, hindari kebiasaan merokok, dan dengan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan kulit.

Dengan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin A, nutrisi, dan protein dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Contohnya buah-buahan, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan. Mengonsumsi makanan-makanan yang sehat dan bergizi membuat kulit tubuh menjadi lebih sehat dan mencegah proses penuaan kulit yang membuat kulit tampak lebih muda.

5. Rajin Membersihkan Kulit Wajah

Mencuci muka bermanfaat untuk menghilangkan kotoran dan bakteri dari kulit wajah. Saat mencuci muka atau membersihkan wajah pastikan menggunakan produk perawatan kulit atau sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Biasakan mencuci muka malam hari sebelum tidur untuk menjaga kondisi kulit Anda.

6. Gunakan Pelembab

Pelembab merupakan salah satu produk perawatan kulit untuk kulit kering. Sama dengan sabun muka pilihlah pelembab sesuai dengan jenis kulit Anda. Kegunaan pelembab adalah untuk menjaga PH dan menjaga kulit tetap lembut dan lembab. Jangan lupa gunakan pelembab yang mengandung SPF dan PA agar kulit juga terlindungi dari paparan sinar matahari.

Baca juga: 3 Cara Efektif Menghilangkan Bruntusan di Dahi

Nah, dengan enam tips perawatan kulit ini, kulit Anda dijamin akan menjadi lebih sehat dan cantik. Jangan lupa untuk merawat kulit Anda secara rutin dan berkonsultasi dengan dokter kulit bila diperlukan.

dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Desember 5, 2022
Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Desember 5, 2022
Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Desember 5, 2022

Comments are closed.