Cara Merawat Kulit Agar Putih Alami dan Sehat

cara merawat kulit agar putih

Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk merawat kulit putih seperti dengan beberapa cara merawat kulit agar putih berikut ini. Kulit putih sendiri merupakan salah satu jenis kulit yang diinginkan oleh setiap wanita meskipun terkadang kita tidak menyadari bahwa ternyata terdapat 6 jenis kulit yang berbeda di mana 4 jenis kulit di antaranya dapat dikelompokkan sebagai jenis kulit putih dan 2 sisanya adalah kulit cokelat dan juga hitam.

Jika memang pigmen kulit kita adalah cokelat atau hitam, maka akan sulit untuk mengubahnya karena pigmen asli kulit tidak dapat diubah begitu saja dengan menggunakan produk-produk oles atau bahkan obat-obatan. Hal ini justru bisa membahayakan tubuh kita jika kita memaksakan untuk memutihkan kulit kita meskipun pigmen kulit kita cokelat atau hitam.

6 Cara Merawat dan Memutihkan Kulit Secara Alami

Ada banyak cara yang dilakukan oleh setiap orang untuk bisa mendapatkan kulit putih yang cerah. Padahal faktanya tidak semua tipe kulit putih cerah. Kita mungkin saja memiliki kulit cokelat atau hitam yang tidak bisa diubah begitu saja dengan produk-produk kecantikan untuk terlihat lebih cerah.

Jika kita sudah tahu benar apa warna pigmen kulit kita dan ingin mendapatkan kulit yang cerah, kita bisa mulai menggunakan beberapa cara untuk membantu kita merawat kulit agar lebih cerah putih alami. Berikut ini cara-cara untuk merawat kulit agar lebih putih dan sehat:

1. Menghindari Penggunaan Produk dengan Bahan yang Berbahaya

Penggunaan bahan kimia dalam produk kosmetik dan juga perawatan kulit memiliki risiko untuk membuat kulit menjadi lebih hitam karena adanya iritasi pada kulit. Meskipun dalam beberapa kasus tertentu, penggunaan bahan kimia memang diperbolehkan. Itupun penggunaanya dalam pengawasan dokter dan dengan dosis yang benar-benar diawasi oleh dokter.

Sudah cukup banyak kasus penggunaan bahan kimia tanpa pengawasan dan tanpa anjuran dokter yang mengakibatkan terjadinya iritasi dan kerusakan kulit karena bahan yang digunakan terlalu keras dan bahkan bisa mengakibatkan hyperpigmentasi.

Baca juga: Bagaimana Cara Mencerahkan Kulit Kusam?

2. Membersihkan Kulit Secara Teratur dengan Sabun Pelembab

Membersihkan kulit secara teratur juga menjadi kunci untuk membuat kulit wajah dan tubuh Anda menjadi lebih putih alami. Rahasianya adalah membersihkan kulit secara teratur dengan menggunakan sabun pembersih yang mengandung bahan-bahan alami untuk membantu mencerahkan dan menjaga kelembapan kulit Anda. Selain membersihkan kulit dari kotoran yang akan membuat kulit kusam, membersihkan kulit dengan sabun juga membantu kita untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat kulit menjadi kusam.

3. Istirahat yang Cukup

Bukan hanya perawatan secara langsung saja yang harus kita perhatikan, kita juga harus memperhatikan bagaimana tubuh kita beraktivitas setiap hari. Sebenarnya tubuh kita memiliki fungsi recovery atau pemulihan secara alami. Istirahat yang cukup juga akan membantu kulit kita untuk bisa melakukan regenerasi yang akan membuat kulit wajah kita terlihat lebih cerah dan segar. Cara inilah sebenarnya yang menjadi cara merawat kulit agar putih yang paling efektif yang bisa Anda lakukan.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Jeruk Nipis

4. Rajin Berolahraga

Cara lain merawat kulit agar putih alami dan sehat adalah dengan rajin berolahraga. Ya, cara ini tergolong mudah dan murah bukan? Tapi kok olahraga bisa memutihkan kulit secara alami?

Ternyata dengan berolahraga maka kotoran yang mengendap dan tersumbat di pori-pori kulit akan dikeluarkan melalui keringat saat berolahraga. Olahraga juga akan membantu tubuh Anda agar terhindar dari stres. Faktor stres tersebut merupakan salah satu penyebab wajah seseorang jadi kusam. Ketika seseorang mengalami stres, aliran darah menuju wajah akan berkurang dan hal tersebut bisa memicu kulit wajah yang kusam.

Jadi, rajin berolahraga bisa menjadi salah satu cara merawat kulit agar tampak lebih putih ya!

5. Mengonsumsi Makanan Sehat

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk memutihkan kulit secara alami adalah dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi.

Anda dapat mengonsumsi buah dan sayur-sayuran yang kaya akan antioksidan, karena di dalam makanan tersebut biasanya mengandung vitamin C dan vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit. Vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit kencang dan bercahaya serta berfungsi melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari langsung sedangkan vitamin E merupakan sumber nutrisi yang dibutuhkan untuk regenerasi sel dan memperkuat imunitas tubuh.

Baca juga: Tips Kesehatan Kulit Wajah dengan Bahan Alami

6. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Terpenuhinya cairan di dalam tubuh wajib diperhatikan untuk menjaga kesehatan kulit agar putih alami dan sehat. Sebab air akan memelihara kelembapan kulit dan menjaga jaringan kolagen. Kedua hal ini berperan penting menjadikan kulit tampak lembut, padat, dan bercahaya.

Adapun sumber cairan yang baik untuk kulit adalah air, sayuran, dan buah-buahan. Anda perlu menghindari cairan dalam bentuk minuman beralkohol karena alkohol memiliki sifat menarik air. Perhatikan bahwa mengonsumsi alkohol dapat membuat kulit menjadi kering, kasar, dan kusam.

7. Mandi dengan Air Cucian Beras

Mandi dengan air cucian beras sekilas terdengar aneh, tetapi ini merupakan salah satu cara memutihkan kulit secara alami yang paling ampuh. Air cucian beras mengandung banyak nutrisi yang mampu mencerahkan kulit tubuh, seperti asam ferullic, asam amino, vitamin B dan E, mineral, dan bahkan anti oksidan untuk menangkal radikal bebas.

Cara mandi dengan air cucian beras tidaklah sulit. Mandilah seperti biasa dan bilas sisa sabun mandi dengan air hangat. Lalu, campurkanlah air cucian beras dengan air hangat dan basuhkan kepada kulit. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan tips ini setidaknya tiga kali seminggu untuk mencerahkan kulit.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membuat kulit tampak lebih cerah. Beberapa hal yang disebutkan di atas hanyalah sebagian dari banyak lagi hal yang bisa kita lakukan untuk membuat kulit kita menjadi lebih putih secara alami. Asupan nutrisi yang tepat dan perawatan secara rutin yang dilakukan pada tubuh Anda menjadi cara merawat kulit agar putih yang paling baik.

Sumber:

https://www.orami.co.id/magazine/cara-merawat-wajah-agar-putih/

https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/cara-mencerahkan-kulit/

dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

Mei 31, 2022
Macam-Macam Bentuk Hidung di Dunia, termasuk Bentuk Hidung Orang Indonesia

Macam-Macam Bentuk Hidung di Dunia, termasuk Bentuk Hidung Orang Indonesia

Mei 31, 2022
Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

Mei 30, 2022

Comments are closed.